Saturday, February 15, 2014

'Senyum Cemerlang' Di Balik Poster Crafty Days 8


Banyak yang bertanya, wajah siapakah dengan senyum cemerlang yang terpilih menjadi ikon acara Crafty Days 8  Tobucil & Klabs kali ini? Jawabnya adalah wajah mba-mba Pepsodent :D

Saat itu, dikejar deadline desain publikasi Crafty Days 8 dan belum ada ide sama sekali mau seperti apa tampilan visual Crafty Days 8. Dan di saat-saat deadline seperti itu, mengerjakan hal lain yang bukan prioritas malah jadi lebih menarik. Jadilah aku lebih memilih mendesain sebuah kalender untuk Tobucil. Kalender yang membutuhkan kolom khusus karena ada catatan-catatan yang mesti ditulis di kalender setiap harinya. Folder iklan lawas jadi pilihan. Kebetulan aku punya banyak sekali scan-an iklan lama dari majalah lama. Salah satunya adalah iklan Pepsodent di tahun 1955, pasta gigi ini sudah eksis loh lebih dari  setengah abad yang lalu. Ada dua ilustrasi iklan dengan wajah perempuan dengan senyum cemerlang. Satunya bergaya sangat Eropa dan satunya bergaya sangat lokal dengan kebaya dan sanggul namun senyumnya tetap cemerlang.


Tiba-tiba saja senyum mba-mba pepsodent ini memikat mataku. AHA! langsung dapat ide untuk tampilan visual Crafty Days 8.  Sekali-kali ga ada salahnya Crafty Days 8 bergaya vintage. Dengan menata ulang tampilan si mbak dan menambahkan typografi yang sesuai juga pemilihan warna telor asin dan 'soklat', jadilah visual Crafty Days 8 bergaya vintage. Warna telor asin selalu mengingatkanku pada rumah mbah Kakungku di Yogja, dan sampai saat ini warna itu masih banyak kutemui di Yogja dan daerah pecinan di Bandung. Warna ini selalu memberi kesan 'lawas' dan 'vintage' dan diperkuat dengan warna coklat lalu diberi kehangatan lewat warna oranye. Jika ditanya maksudnya, aku selalu bilang, "Dengan senyum cemerlang, Crafty Days 8 siap menyambut tamu-tamu yang datang."


Dan yang paling penting dalam mendesain materi publikasi seperti ini, aku selalu memikirkan bagaimana produksinya. Termasuk pertimbangan desain seperti apa yang cocok diproduksi dengan anggaran yang terbatas alias bisa dicetak sendiri dengan printer yang ada. Bagaimana desain itu tetap menarik meskipun dicetak hitam putih dengan printer laser yang ada. Pemilihan bahan pun menjadi penting untuk menambah daya tariknya. 

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...