Saturday, December 7, 2013

Pintu & Jendela, Oleh-oleh Dari Kaliurang Yogjakarta

Banyak hal yang terjadi beberapa bulan terakhir ini dan belum kubagi di sini. Salah satunya adalah Project Pintu & Jendela. Bermula dari undangan Mira untuk mengikuti program residensi di Kaliurang selama seminggu 4 s/d 11 Oktober 2013 bersama lima orang teman lainnya: Nita Darsono, Elia Nurvita, Acong, Ipung (Videorobber), Dito Yuwono. Kuterima undangan ini sebagai undangan piknik, karena yang kubayangkan dengan project ini adalah liburan seminggu di Kaliurang. Maklumlah, undangan ini datang di antara antrian pekerjaan yang benar-benar padat. Tidak ada salahya 'kabur seminggu' ke Kaliurang. Jeda. Piknik.Menikmati siesta dan hawa gunung Merapi. Dan memang begitulah yang terjadi. Project ini memang lebih terasa seperti sebuah project piknik daripada project seni dengan segala kerelatifan konsep dan jadwal.
 Yang menarik justru aku menemukan bawa Kaliurang, sebagai sebuah tempat peristirahatan yang tidak terlalu jauh dari Yogjakarta dan ngetop ditahun 70-an ini, menyimpan koleksi bangunan dan arsitektur 60-70an yang sangat-sangat menarik terutama detail pintu dan jendelanya. Bagiku setiap jendela dan pintu yang kutemui di rumah-rumah peristirahatan di Kaliurang seperti menyimpan banyak cerita dan rahasia. Apalagi pintu dan jendela pada bangunan-bangunan yang rusak akibat letusan Merapi dan dibiarkan begitu saja oleh pemiliknya.
Selama seminggu, aku keluar masuk halaman rumah-rumah peristirahatan yang sebagian besar tak berpenghuni itu. Permisi diam-diam pada penguhuni-penghuni yang tak terlihat, minta izin untuk memotret pintu dan jendelanya dan sesekali mengintip ruang-ruang di dalamnya yang kosong, lengang dan singup itu.
 


Jadilah selama seminggu aku berhasil memotret lebih dari seratus pintu dan jendela dengan keunikannya masing-masing. Ide-ide bermunculan, mau diapakan foto-foto itu (tunggu tanggal mainnya heheheheh). Sementara teman-teman bisa mengintip pintu dan jendela itu lebih lengkap di sini 


Pintu dan jendela membuatku memperhatikan kembali setiap ruang yang aku lewati. Memperhatikan pintu dan jendelanya sambil melihat kemungkinan bisakah kuintip sedikit kisah dan misteri di dalamnya lewat pintu dan jendela itu? 

The Kaliurang Project Photo Album

1 comment:

aphrodita wibowo said...

dijadiin project "berbagi kisah" dooong ;)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...