Monday, November 25, 2013

Notebook Letterpress Untuk Pernikahan Sahabat


Tak ada yang lebih membahagiakan selain membuat notebook untuk pernikahan sahabat baikku. Setiap notebook yang dibuat adalah kasih sayang yang memperkuat jalinan persahabatan itu. Ariani Darmawan sahabat baikku yang juga penggemar Bob Dylan dan Budi Warsito penggemar Blur, keduanya  memutuskan menikah di hari yang sama dengan hari toleransi Internasional pada tanggal 16 November 2013, lalu.

Dua buah kutipan dipilih, satu dari Bob Dylan dan satu lagi dari Blur yang menjadi kutipan spesial dan tercetak dengan mesin letterpress pada notebook berukuran A6 yang khusus kubuat untuk cendramata di hari pernikahan mereka. Desain notebooknya sendiri mengadaptasi 'composition book' dengan teknik jilid: simple binding. Sampulnya menggunakan karton 3mm dan kertas fancy linen merah, sebagai tepiannya. Ketebalan sampul membuat kutipan yang tercetak oleh mesin letterpress menjadi muncul dan terasa ketika diraba. Efek seperti inilah yang membuat cetakan hasil letterpress terasa istimewa.



Dan aku percaya bahwa berlatih akan membuat seseorang mencapai kemampuan yang mumpuni. Begitu pula dalam mengerjakan notebook ini, sampai akhirnya aku menemukan cara menarik kertas tepi jilidnya biar rapi ketika menempel pada sampul.

Sekali lagi selamat mencatat sejarah hidup baru bersama Budi ya cik rani.. terimalah hadiah kecil dariku :)

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...