Friday, August 24, 2012

Instagram @vitarlenology

Ternyata aku ga bisa menahan godaan instagram, sebuah jejaring sosial lain bagi siapapun yang senang bagi-bagi foto. Parahnya lagi, di apple store banyak banget aplikasi pendukung bagi yang seneng foto-foto dengan menggunakan iphone atau android ini, sampai-sampai bingung milihnya. Salah seorang teman dengan semangat menyarankan sebuah aplikasi wajib, namanya hipstamatic, sebuah aplikasi foto yang mengadaptasi sistem kamera analog alias ada film seluloid yang bisa diganti-ganti dan juga lensa yang bisa di ganti-ganti. Untuk mendonlot hipstamatic ini bayar $ 1.99.

Instagram ini sebenarnya mirip flickr tapi dalam format yang lebih sederhana seperti memotret analog dengan menggunakan kamera lomo, 'don't think, just shoot'. Tapi untuk menyimpan foto, aku tetap mengandalkan flickr (pro account), karena lebih mudah kalau mau di link ke blog atau website dan penyimpanannya tak terbatas, makanya foto-foto yang ada di instagramku aku simpen di flickr juga.  Sementara instagram hanya dibatasi oleh gadget yang digunakan karena kita hanya bisa log in ke instagram dari iphone atau android saja. Begitulah.. Kalau pengen menghasilkan foto digital dengan berbagai efek lomo, polaroid atau foto-foto jadul dari jaman kamera analog, instagram ini cukup menyenangkan dan mudah untuk foto-foto sepuasnya..

my instagram: @vitarlenology
Instagram album di flickr bisa dilihat di sini

Wednesday, August 22, 2012

Friendship Bracelets Yang Bikin Ketagihan

Sehari sebelum Hari Raya Idul Fitri, iseng browsing tentang friendship bracelets atau gelang persahabatan. Aku memang penasaran sama cara membuatnya. Ketika menemukan situs yang isinya pola semua, langsung girang gemirang dan sekali nyoba beneran ga bisa berhenti. 


Ternyata dalam kebudayaan Indian, ketika diberi gelang persahabat ini, harus dipakai sampai benangnya hancur secara alami (mungkin itu untuk menyimbolkan persahabatan abadi). Dan motif-motif gelang persahabatan ini banyak di adaptasi dari motif tradisional Indian (aku suka sekali motif-motif geometris Indian juga komposisi warnanya). Sementara dalam bahasa jepang, gelang persahabatan disebut juga Misanga dan secara teknik pembuatannya masuk dalam kategori makrame atau seni tali temali.

Percobaan pertama yang langsung ambisius: pengen bikin sabuk :D dan salah berkali-kali, bongkar berkali-kali..

Membuat friendship bracelets ini ga boleh salah. Berkali-kali aku harus membongkar kembali karena kacau antara ikat kiri dan kanannya. Posisi warna benang di kiri dan di kanan itu menjadi sangat menentukan, karena kalau sampai salah motifnya bisa berubah sama sekali. Itu sebabnya, pola akan sangat membantu dan memudahkan. Lebih mudah lagi, kalau udah paham logika polanya, kalau sudah bisa begini, pola hanya sebagai pengingat bukan panduan utama. Dari proses pembuatannya yang bener-bener butuh kesabaran, komitmen harus beres, ketekunan, pantang menyerah dan yang penting menikmati prosenya seperti sebuah persahabatan :D karena semua kerja keras itu akan berbuah hasil yang cantik.

Percobaan kedua, belajar baca pola dan mematuhinya, prosesnya jadi lebih mudah dan cepat


Sebagai tukang jualan benang :D, aku nyoba dengan macam-macam benang sisa-sisa yang ada di rumah. Percobaan pertama aku menggunakan benang rami yang ukuran plynya cukup besar, jadi hasilnya juga berkali-kali lipat lebih besar daripada menggunakan benang sulam (biasanya friendship bracelets dibuat dengan menggunakan benang sulam warna-warni). Benang rami yang kupakai ini, teksturnya kasar dan gatal kalau bersentuhan langsung dengan kulit, lebih cocok kalau dibuat karpet, tas atau sabuk karena hasilnya lebih kaku, selain ukurannya lebih besar. Sementara percobaan kedua aku pakai benang rajut sejenis bamboo yarn. Teksturnya seperti benang katun. Proses mengikat-ngikatnya juga mudah dan lembut. Hasilnya juga lebih lentur. Cocok buat aksen baju: pinggiran kerah, manset tangan. Percobaan ketiga aku pakai tali kulit sintetis yang ukurannya hampir mirip dengan benang sulam, cuma lebih kaku. Menurutku tali kulit sintetis ini yang paling cocok kalau mau bikin gelang.
Percobaan ketiga, udah mulai ngerti logika polanya ..

Menurutku aplikasi 'misanga' ini ga cuma buat gelang. Kalau cukup energi bikin karpet, alas gelas, sampul notebook (langsung pengen bikin!), aplikasi buat baju.. bisa banget! dan bisa nyoba macem-macem jenis benang juga. Membuat gelang persahabatan ini sangat cocok untuk mengisi waktu diperjalanan: di kereta api misalnya 8 jam Bandung - Yogja, termasuk di pesawat. Lumayan daripada mati gaya di perjalanan.

Bagi yang penasaran ingin mencobanya dan mempelajari berbagai macam polanya dan tutorialnya, silahkan buka situs yang luar biasa ini: http://friendship-bracelets.net/patterns2.php

Wednesday, August 15, 2012

Dukung PESTA BONEKA #3




FUNDRISING PESTA BONEKA #3 : 
Biennale Puppet Festival by Papermoon Puppet Theatre

Pentas Mohon Doa Restu,
Pertunjukan Teater Boneka untuk Remaja dan Dewasa : “MWATHIRIKA”

Kamis / 30 Agustus 2012
19.30 WIB
( tidak diperkenankan masuk jika terlambat)
@ Padepokan Bagong Kussudiardja, Ds. Kembaran, Bantul Yogyakarta (dekat PG. Madukismo)


Informasi mengenai PESTA BONEKA # 3 buka di sini


Sebuah Festival Teater Boneka dua tahunan akan digelar lagi oleh Papermoon di bulan Desember tahun ini. Seperti tahun –tahun sebelumnya, kami ingin kembali menggelar sebuah festival yang tidak perlu megah, tapi hangat di hati.


Tahun ini, kami ingin mengundang seniman teater boneka dalam negeri dan mancanegara, serta semua pecinta teater boneka, anak-anak dan dewasa... untuk merayakan keriuhan dan kehangatan itu bersama-sama lewat banyak pementasan, workshop teater boneka dan memasak bersama! Dan.. tepat sekali! Kami butuh dukungan teman-teman semua!!!

Maka kali ini, berbarengan dengan Pentas Mohon Doa Restu sebelum Papermoon tour ke Amerika, kami mengundang teman-teman untuk bisa mulai mendukung PESTA BONEKA #3. Pada PESTA BONEKA kali ini, kami memulai upaya penggalangan dukungan publikS untuk pengumpulan dana bagi penyelenggarakan acara ini.  Dukungan dan partisipasi publik secara aktif ini, menurut kami harus mulai dilakukan untuk membangun keterikatan serta jembatan yang kuat yang menghubungkan aktivitas seni dan publik penikmatnya. Untuk itu, dukungan teman-teman semua sangat kami harapkan.

Rp. 50.000,-         
kamu akan merasa bahagia karena sudah melakukan hal baik, mendapat kesempatan difoto di booth Papermoon, dan akan menerima ucapan terimakasih berikut kiriman foto kamu via email!

Rp. 100.000,-           
kamu akan mendapatkan semua hal di atas, plus dapet kiriman POSTCARD istimewa via pak pos!

Rp. 300.000,-            
kamu akan mendapatkan semua hal di atas, plus sebuah POCKETBOOK hasil kolaborasi Papermoon & Vitarlenology

Rp. 500.000,-           
kamu akan diliputi kebahagiaan karena sudah mendukung sebuah acara yang berarti buat banyak orang, mendapat kesempatan difoto di booth Papermoon, menerima fotomu via email, dikirimi POSTCARD dan sebuah TOTE BAG Istimewa dari Papermoon Puppet Theatre!

Rp. 1.000.000,-          
tiba-tiba kamu akan merasa bahwa hidupmu tidak sia-sia, karena setelah melakukan suatu kebaikan, kamu mendapat kesempatan difoto di booth Papermoon, mendapatkan fotomu via email, sekaligus banjir ucapan terimakasih, dan sebuah NOTEBOOK MAGIC QUOTES synthetic leather buatan Vitarlenology, dengan grafir NAMAMU di covernya!!!

Rp. 3.000.000,- ke atas           
setelah merasa hidupmu lebih berwarna, karena satu kebaikan dalam hidupmu sudah kamu lakukan, kamu akan difoto di booth Papermoon, mendapat kiriman fotomu via email, mendapatkan ucapan terimakasih bertubi-tubi, dan.... sebuah boneka kayu buatan tangan-tangan jagoan di Papermoon Puppet Theatre yang dikemas dengan sebuah kaleng, akan hadir ke hadapanmu!!! CUSTOMIZED, especially for YOU!

Rp. ..............................            
terimakasih berjuta-juta!!! Semoga selalu sehat dan BAHAGiaaaa!!!  ☺

Thursday, August 9, 2012

Binder Karet Buat @caturatna

Ceritanya ini adalah binder karet yang aku bikin untuk temanku Ratna. Dengan menggunakan bahan suede merah, lidahnya dari kulit imitasi dan dalemnya sejenis rayon sintetis motif garis, maka jadilah binder ini. Sebenarnya sistem binder ini mirip dengan moleskine sleeves yang pernah aku buat, magic quote passport wallet dan notebook isi ulang. Untuk isinya bisa menyelipkan buku tulis ukuran A5, atau kertas A4 dilipat dua dan di selipin di karetnya.. Praktis dan gampang..



Selamat menjalani hari-hari sebagai mahasiswa baru ya jeng... semoga bindernya bisa lebih menyemangati.. :)

#letterpress Undangan Tania

Ini adalah pengalaman pertama membuat undangan pernikahan dengan menggunakan kyai franco, my letterpress. Ternyata gampang-gampang susah. Terutama menyangkut soal presisi. Mesin letterpress seperti kyai franco tidak dilengkapi dengan dudukan kertas yang fix. Dudukan harus dibuat sendiri dan dudukan yang ga fix ini yang seringkali membuat kertas geser 1-2 mm. Untuk desain yang menuntuk kepresisian tinggi, geser ini menimbulkan masalah karena mengubah hasilnya. 


Belajar dari pengalaman ini, menurutku jika kita hendak mencetak dengan menggunakan mesin letterpress seperti kyai franco, buatlah desain yang memang kepresisian bukan hal yang jadi kejaran utamanya. Malah kalo geser dikit itu bisa menambah aksen. Keterbatasan alat, menurutku justru jadi tantangan untuk mengahasilkan desain yang maksimal dengan memanfaatkan keterbatasan tersebut.

Terima kasih buat Tania yang sudah mempercayakan dan memberikan kesempatan buatku untuk menjalani proses pembelajaran ini :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...