Wednesday, April 18, 2012

Bergembira Bersama di Crafty Days #6, @tobucil 5-6 Mei 2012




Sekilas Mengenai Crafty Days Tobucil & Klabs

Berawal dari keinginan untuk membangun sebuah ruang berkegiatan bersama yang bertujuan mendukung gerakan literasi di tingkat local, Tobucil & Klabs memulai kegiatannya di Bandung, sejak 2 Mei 2001. Mulanya, kegiatan-kegiatan Tobucil & Klabs berfokus pada literasi dalam arti membaca, menulis dan apresiasi. Kegiatan-kegiatan seperti klab baca, klab menulis, pemutaran film, bedah buku, menjadi kegiatan yang rutin di selenggarakan oleh Tobucil & Klabs.

Kepindahan Tobucil & Klabs ke Jalan Aceh No. 56 Bandung, menjadi momentum bagi Tobucil & Klabs, untuk mengevaluasi dan mereposisi dukungannya terhadap gerakan literasi di tingkat lokal. Untuk itu, sejak tahun 2007, Tobucil & Klabs merumuskan kembali tujuannya dengan menjadikan literasi sebagai bagian dari keseharian. Bagi Tobucil & Klabs, literasi tidak hanya menyangkut persoalan keberaksaraan saja, namun terkait pula dengan  persoalan bagaimana setiap individu dapat mengaktualisasikan diri dan berkontribusi pada perubahan. Untuk mencapai tujuan barunya ini, Tobucil & Klabs menerjemahkannya melalui kegiatan-kegiatan hobi yang dapat mengembangkan kapasitas individu dalam proses aktualisasi diri. Tobucil & Klabs percaya ketika individu memahami potensi-potensi dalam dirinya dan  memiliki keberanian untuk mengaktualisasikannya, individu dapat mengambil perannya dalam perubahan sosial di sekelilingnya.

Di samping kegiatan keberaksaraan yang masih berlangsung sebagai program reguler Tobucil & Klabs, seperti: Klab filsafat, klab baca, klab klassik, serta kelas-kelas seperti kelas filsafat, kelas menulis & sastra, kelas penulisan feature, kelas public speaking, kelas, foto cerita_ Tobucil & Klabs juga mengembangkan kegiatan hobi seperti klab merajut, kelas scrapbook, kelas cat air, kelas menjahit dan kelas-kelas hobi lainnya yang melibatkan para pelaku hobi untuk saling berbagi pengetahuan di Tobucil & Klabs.

Pengembangan kegiatan hobi, mendorong Tobucil & Klabs untuk menyelenggarakan sebuah acara tahunan sebagai wadah pertukaran dan pengembangan pengetahuan, potensi, solidaritas sosial dan semangat entrepreneurship dikalangan para penggiat hobi dan craft. Untuk itu, sejak tahun 2007, Tobucil & Klabs menyelenggarakan acara tahunan yang diberi nama Crafty Days. Pada acara tersebut, para crafter dapat memasarkan kreasinya lewat bazaar handmade, berbagi ilmu dan pengalaman lewat workshop dan  craftypreneur forum dan apresiasi melalui kegiatan pameran dan musik sore.

Crafty Days # 6, 2012
Tahun 2012 menjadi tahun ke 6 penyelenggaraan Crafty Days. Seperti tahun-tahun sebelumnya, pada tahun ini Tobucil menseleksi 15 peserta dari 35 peserta yang mendaftar, untuk mengikuti bazaar handmade di acara Crafty Days #6. Seleksi ini dilakukan untuk menampilkan karya-karya handmade dengan desain dan kreativitas yang baru setiap tahunnya. Harapannya melalui kegiatan bazaar handmade tahunan, para crafter termotivasi untuk terus melakukan eksplorasi dan inovasi dalam karya-karya handmadenya setiap tahun.

Bazaar Handmade Crafty Days # 6 2012 diikuti oleh:  

Workshop
Selain kegiatan bazaar handmade, Crafty Days setiap tahunnya di isi dengan kegiatan workshop untuk para pengunjung yang hadir. Untuk tahun ini workshop yang akan diselenggarakan adalah:

Sabtu, 5 Mei 2012
Pk. 10.00 - 12.00 modular origami . merajut bersama klab merajut
Pk. 13.00 - 15.00 WIB Scrapbooking bersama ria nirwana *)
Pk. 15.30 - 17.30 WIB Puppet lantern bersama papermoon puppet theatre *)

Minggu, 6 Mei 2012
Pk. 10.00 - 12.00 Puppet lantern bersama papermoon puppet theatre *)
merenda bersama klab merenda tobucil & Klabs

*) workshop dibatasi maksimal 20 orang peserta. setiap peserta harus mendaftar & membayar biaya pendaftaran (untuk bahan) Rp. 25.000/peserta  silahkan mendaftarkan diri ke: Tobucil & klabs jl. Aceh No. 56 Bandung teLP. 022 4261548

Craftypreneur Forum
Minggu, 6 Mei 2012, Pk. 13.00 – 15.00
Craftypreneur Forum merupakan forum berbagi pengetahuan dan pengalaman dari para crafter yang menjadi peserta bazaar, kepada para pengunjung yang mengikuti forum ini. Tema untuk tahun ini adalah “Kalau Bisa Bikin Yang Beda, Kenapa Harus Bikin Yang Sama?”
Tema ini akan mengangkat persoalan prose’s kreatif para crafter dalam menemukan karakter dan kekuatan desain dalam produk-produk handmade

Musik Sore Spesial
Minggu, 6 Mei 2012, Pk. 16.00 - 18.00
Kegiatan Crafty Days setiap tahunnya, selalu ditutup dengan pertunjukan musik dari musisi-musisi lokal, dimana pengunjung dapat  lebih mengenal bakat-bakat baru di komunitas musik Bandung dan sekaligus mengapresiasi karya-karya mereka.
Pada Musik Sore Spesial Crafty Days #6 akan menampilkan:
Seeblink, Mr. Bean and The Teddy Bear, Tesla Manaf & Rudy AruRiriungan Gitar Bandung

Seluruh rangkaian kegiatan Crafty Days diselenggarakan pada:
Sabtu & Minggu, 5 & 6 Mei 2012
Pk. 09.00 – 18.00
Bertempat di Tobucil & Klabs
Jl. Aceh No. 56 Bandung
Telp. 022 4261548

Informasi kegiatan:
twitter: @tobucil

Media Partner Crafty Days #6 : 


Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...