Monday, November 5, 2012

Magno, Radio Kayu Dari Temanggung

Radio kayu bermerek Magno di desain oleh desainer Indonesia bernama Singgih S. Kartono. Modelnya mengadaptasi model radio transistor lama, klasik, vintage tapi sekaligus terkesan moderen minimalis. Sepintas seperti mainan, tapi jangan dikira, radio ini bisa menangkap gelombang FM dengan baik dan bisa terhubung dengan ipod dan menjadi speaker mono stereo.  Radio ini bukan sembarang radio, karena kayunya ditanam dengan pengelolaan berkelanjutan oleh pak Singgih dan yang membanggakan, radio kayu ini begitu mendunia. Di jual di toko-toko museum kelas dunia, toko-toko yang menjual barang-barang desainer kelas dunia dan tidak di jual sembarangan di dalam negeri. Magno menjadi contoh bagaimana desainer Indonesia dengan produk yang dibuat di Indonesia, bisa bersaing di dunia internasional. Sungguh memberi inspirasi terutama bagaimana kekuatan produk justru lahir dari keserhanaan desain dan didukung oleh kontrol kualitas produk yang sangat baik.



Desain kemasan dan label yang menjadi identitas produk desain menjadi penting untuk menunjang kekuatan produk. Meski kemasannya terlihat sederhana, namun terasa di desain dengan sangat baik di sesuaikan dengan produknya (mengingatkanku pada kemasan produk-produk Apple). 

Karenanya, ketika tak sengaja membaca twitnya Ojan di minggu pagi. Ojan menyebut kalau dirinya sedang berada di Pasar Minggu Pagi di Temanggung dan ada lapak 'Magno' sebuah merek radio kayu buatan Temanggung yang mendunia. Ojan menawarkan lewat twitnya, barangkali ada yang mau titip. Tentu saja dengan suka cita tawaran itu aku sambut dengan baik. Kebetulan aku sedang berada di Yogjakarta pada saat itu. Aku titip yang paling kecil saja (karena mikir ga mampu beli yang ukuran besar :D). Akhirnya lewat Putri Santoso, radio kayu ini sampai juga ke tanganku dengan bonus sebuat catatan kecil dari desainernya: Pak Singgih S. Kartono, Wuuuaaa senang sekali..:) Terima kasih Ojan.

2 comments:

regina said...

bagus eh mbaaa! tadinya kupikir mainan... ahahaha.. tenyata beneran radio!!! keren!

mrpaijoe ijoe said...

Sangat menginspirasi

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...