Thursday, May 24, 2012

Kelas Book Binding

Rila, Claudine, Isur, Caroline, Tarlen, Lia, Dhea, Sarah
Sebenernya ini kegiatan bulan April lalu dan terlalu sayang kalau ga di terbitkan di sini. Kelas Book Binding untuk pemula. Kelas ini mengajarkan teknik simple binding dan beberapa variasinya. Peminatnya lumayan juga. Kertas yang dipakai juga bisa bermacam-macam bahkan memanfaatkan kertas bekas pakai yang masih kosong satu sisinya juga bisa. Kesulitan yang banyak dialami para peserta kelas ini adalah tahapan akhir ketika buku mesti di potong untuk dirapikan dengan menggunakan pisau cutter.


Bagi yang tidak terbiasa memotong dengan pisau cutter memang merepotkan, karena cara memegang pisau (kemiringan) dan juga jenis pisau cutternya bisa mempengaruhi hasilnya. Sayangnya aku belum punya mesin pisau potong kertas yang portable... (ini salah satu benda yang dicita-citakan untuk di beli).  Ada yang sempat mengira di kelas ini aku akan mengajarkan teknik coptic binding juga, heheheh coptic binding itu bisa di kategorikan teknik intermediate, jadi sebelum belajar coptic, sebaiknya menguasai dulu teknik yang dasar seperti simple binding ini.

Masalah terbesar dalam mendalami teknik book binding di Indonesia  adalah keterbatasan material. Terutama benang untuk binding dan ukuran jarumnya. Di sini ga ada standar dan ukuran lagi pula benang linen yang idealnya digunakan juga ga ada. Jadi semua serba menyesuaikan dengan pasokan yang ada. Penyesuaian ini membutuhkan waktu dan uji coba untuk ketemu standar baru yang sesuai dengan ketersediaan alat dan bahan di sini.

Foto lebih lengkap bisa di lihat di sini

3 comments:

Eugenia Gina said...

waaah, coba lagi di bandung! pengen euyy!

ikadamayanti said...

pengeeeen ikuut :

Citrarini Ceria Chandraningtyas said...

Mbak Tarleen... kapan ada lagi??aku mau ikutaann,,huhu,,aku ga tau ada kelas inii :'(

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...