Skip to main content

Bergembira Bersama di Crafty Days #6, @tobucil 5-6 Mei 2012




Sekilas Mengenai Crafty Days Tobucil & Klabs

Berawal dari keinginan untuk membangun sebuah ruang berkegiatan bersama yang bertujuan mendukung gerakan literasi di tingkat local, Tobucil & Klabs memulai kegiatannya di Bandung, sejak 2 Mei 2001. Mulanya, kegiatan-kegiatan Tobucil & Klabs berfokus pada literasi dalam arti membaca, menulis dan apresiasi. Kegiatan-kegiatan seperti klab baca, klab menulis, pemutaran film, bedah buku, menjadi kegiatan yang rutin di selenggarakan oleh Tobucil & Klabs.

Kepindahan Tobucil & Klabs ke Jalan Aceh No. 56 Bandung, menjadi momentum bagi Tobucil & Klabs, untuk mengevaluasi dan mereposisi dukungannya terhadap gerakan literasi di tingkat lokal. Untuk itu, sejak tahun 2007, Tobucil & Klabs merumuskan kembali tujuannya dengan menjadikan literasi sebagai bagian dari keseharian. Bagi Tobucil & Klabs, literasi tidak hanya menyangkut persoalan keberaksaraan saja, namun terkait pula dengan  persoalan bagaimana setiap individu dapat mengaktualisasikan diri dan berkontribusi pada perubahan. Untuk mencapai tujuan barunya ini, Tobucil & Klabs menerjemahkannya melalui kegiatan-kegiatan hobi yang dapat mengembangkan kapasitas individu dalam proses aktualisasi diri. Tobucil & Klabs percaya ketika individu memahami potensi-potensi dalam dirinya dan  memiliki keberanian untuk mengaktualisasikannya, individu dapat mengambil perannya dalam perubahan sosial di sekelilingnya.

Di samping kegiatan keberaksaraan yang masih berlangsung sebagai program reguler Tobucil & Klabs, seperti: Klab filsafat, klab baca, klab klassik, serta kelas-kelas seperti kelas filsafat, kelas menulis & sastra, kelas penulisan feature, kelas public speaking, kelas, foto cerita_ Tobucil & Klabs juga mengembangkan kegiatan hobi seperti klab merajut, kelas scrapbook, kelas cat air, kelas menjahit dan kelas-kelas hobi lainnya yang melibatkan para pelaku hobi untuk saling berbagi pengetahuan di Tobucil & Klabs.

Pengembangan kegiatan hobi, mendorong Tobucil & Klabs untuk menyelenggarakan sebuah acara tahunan sebagai wadah pertukaran dan pengembangan pengetahuan, potensi, solidaritas sosial dan semangat entrepreneurship dikalangan para penggiat hobi dan craft. Untuk itu, sejak tahun 2007, Tobucil & Klabs menyelenggarakan acara tahunan yang diberi nama Crafty Days. Pada acara tersebut, para crafter dapat memasarkan kreasinya lewat bazaar handmade, berbagi ilmu dan pengalaman lewat workshop dan  craftypreneur forum dan apresiasi melalui kegiatan pameran dan musik sore.

Crafty Days # 6, 2012
Tahun 2012 menjadi tahun ke 6 penyelenggaraan Crafty Days. Seperti tahun-tahun sebelumnya, pada tahun ini Tobucil menseleksi 15 peserta dari 35 peserta yang mendaftar, untuk mengikuti bazaar handmade di acara Crafty Days #6. Seleksi ini dilakukan untuk menampilkan karya-karya handmade dengan desain dan kreativitas yang baru setiap tahunnya. Harapannya melalui kegiatan bazaar handmade tahunan, para crafter termotivasi untuk terus melakukan eksplorasi dan inovasi dalam karya-karya handmadenya setiap tahun.

Bazaar Handmade Crafty Days # 6 2012 diikuti oleh:  

Workshop
Selain kegiatan bazaar handmade, Crafty Days setiap tahunnya di isi dengan kegiatan workshop untuk para pengunjung yang hadir. Untuk tahun ini workshop yang akan diselenggarakan adalah:

Sabtu, 5 Mei 2012
Pk. 10.00 - 12.00 modular origami . merajut bersama klab merajut
Pk. 13.00 - 15.00 WIB Scrapbooking bersama ria nirwana *)
Pk. 15.30 - 17.30 WIB Puppet lantern bersama papermoon puppet theatre *)

Minggu, 6 Mei 2012
Pk. 10.00 - 12.00 Puppet lantern bersama papermoon puppet theatre *)
merenda bersama klab merenda tobucil & Klabs

*) workshop dibatasi maksimal 20 orang peserta. setiap peserta harus mendaftar & membayar biaya pendaftaran (untuk bahan) Rp. 25.000/peserta  silahkan mendaftarkan diri ke: Tobucil & klabs jl. Aceh No. 56 Bandung teLP. 022 4261548

Craftypreneur Forum
Minggu, 6 Mei 2012, Pk. 13.00 – 15.00
Craftypreneur Forum merupakan forum berbagi pengetahuan dan pengalaman dari para crafter yang menjadi peserta bazaar, kepada para pengunjung yang mengikuti forum ini. Tema untuk tahun ini adalah “Kalau Bisa Bikin Yang Beda, Kenapa Harus Bikin Yang Sama?”
Tema ini akan mengangkat persoalan prose’s kreatif para crafter dalam menemukan karakter dan kekuatan desain dalam produk-produk handmade

Musik Sore Spesial
Minggu, 6 Mei 2012, Pk. 16.00 - 18.00
Kegiatan Crafty Days setiap tahunnya, selalu ditutup dengan pertunjukan musik dari musisi-musisi lokal, dimana pengunjung dapat  lebih mengenal bakat-bakat baru di komunitas musik Bandung dan sekaligus mengapresiasi karya-karya mereka.
Pada Musik Sore Spesial Crafty Days #6 akan menampilkan:
Seeblink, Mr. Bean and The Teddy Bear, Tesla Manaf & Rudy AruRiriungan Gitar Bandung

Seluruh rangkaian kegiatan Crafty Days diselenggarakan pada:
Sabtu & Minggu, 5 & 6 Mei 2012
Pk. 09.00 – 18.00
Bertempat di Tobucil & Klabs
Jl. Aceh No. 56 Bandung
Telp. 022 4261548

Informasi kegiatan:
twitter: @tobucil

Media Partner Crafty Days #6 : 


Comments

anggun said…
pengen ikut tapinya jaoh eui...
Batu Adventure said…
kunjungan gan.,.
bagi" motivasi.,.
fikiran yang positif bisa menghasilkan keuntungan yang positif pula.,..
di tunggu kunjungan balik.na gan.,.,
kunjungan gan.,.
bagi" motivasi.,.
Sukses besar esok hari dimulai dari tindakan-tindakan kecil hari ini .,..
di tunggu kunjungan balik.na gan.,.,
kunjungan gan.,.
bagi" motivasi.,.
kekurangan kita bukanlah sesuatu yang buruk .,..
jadikanlah kekurangan kita sebagai kelebihan kita.,.
di tunggu kunjungan balik.na gan.,.,
Anna Sonata said…
Makasih informasinya. Sangat berguna sekali.

Anna @ rental mobil

Popular posts from this blog

22 Hari Mendaur Ulang: Membuat Buku Catatan Dari Barang Bekas

Dalam rangka memperingati Hari Bumi, bulan April 2015 lalu, aku membuat hastag khusus di instagram #22recyclednotebooks #22harimendaurulang. Selama 22 hari, mulai 1 sampai 22 April 2015 aku mempublikasikan 1 notebook yang kubuat dengan memanfaatkan bahan-bahan bekas sebagai sampulnya maupun sebagai isinya. Sehingga di Hari Bumi ada 22 ide notebook dari barang bekas. 
1 April 2015,  Disket Bekas Hari pertama dibuka dengan mendaur ulang disket bekas jadi notebook. Lumayan, temen-temen tau kalo aku pengumpul 'sampah' kaya begini jadi mereka suka buang sampah disket dengan mengirimkannya padaku makanya stok disket lumayan banyak😊 hayooo siapa yang belum pernah ngalamin ngetik dan di save di disket?
2 April 2015, Kardus Bekas Bir Notebook ini buat dari kardus bekas tempat bir corona. Aku suka dengan perpaduan warna kuning biru. Di bagian tengah ada pegangan untuk menjinjing. Tanpa mengurangi banyak bagian, akhirnya kardus bekas ini berubah jadi notebook yang cukup kuat.
3 April 2015, …

Hari #16: Cara Membuat Kantong 'Gehu' Kertas Dari Kertas Bekas

Tadi itu temenku telpon, "len, request dong.. bikinin tutorial cara bikin kantong gehunya tobucil.. temen nih pengen bikin, tapi lupa lagi caranya.." sebenarnya aku udah pernah bikin tutorial ini dalam bentuk ilustrasi yang dibikin sahabatku tanto, tapi ga ada salahnya aku bikin lagi khusus buat ramadhan tutorial project kali ini. Kantong gehu, begitulah aku dan teman-teman di tobucil menyebutnya. Karena kantong kertas macam ini biasanya dipakai buat bungkus gorengan (gehu,cireng, bala-bala, pisang, combro.. :D), tapi sejak awal tobucil berdiri, 2001, kantong kertas dari kertas bekas ini sudah dipakai untuk pengganti kantong kresek. Jadi teman-teman yang udah pernah berkunjung dan berbelanja di tobucil, pasti pernah bertemu dengan si kantong gehu ini. Caranya gampang banget.. Oya tutorial kali ini aku dibantu oleh Ipey dan Agus Rakasiwi sebagai model tanpa wajah..

Bahan yang dibutuhkan: kertas bekas ukuran bebas, lem kayu (lem putih).

1. Lipat kertas 1/4 dari ukuran keseluruh…

"Petra d/h Hosana" Tempat Berburu Manik-manik Murah di Bandung

Buat kamu yang di Bandung, yang bingung mencari di mana tempat mencari manik-manik: Jepang, kayu, kristal, dan perlengkapan jahit menjahit, ada tempat bernama Petra dulu bernama Hosana di Jalan Asia Afrika, hanya beberapa toko saja dari perempatan Jalan Asia Afrika dan Otista. Di Bandingkan dengan "Dunia Baru" di Otista (tunggu pembahasan berikutnya), Hosana lebih murah. Selain itu, cukup enak milih manik-manik dari berbagai jenis, karena pengaturannya yang di bikin seperti swalayan.

Selain itu, perlengkapan untuk kerajinan asesoris juga lumayan lengkap dan murah. Termasuk juga aneka tali untuk bikin kalung. Untuk peralatan jahit seperti pita-pita, renda, kancing, aplikasi, ga terlalu lengkap sih, ga selengkap Dunia Baru.

Sangat direkomendasikan untuk mencari perlengkapan kerajinan asesoris.
Alamat Jalan Asia Afrika (Dekat perempatan Otista) Bandung.