Sunday, May 29, 2011

Free Podcast For Crafters From iTunes



Informasi bagi teman-teman pengguna Apple  dan selalu terhubung dengan internet. Di Apple itu ada program bernama iTunes yang juga bisa didapati di iPod dan iPad. Di iTunes ini, sebenernya ada feature untuk terhubung dengan podcast. Podcast sendiri adalah file digital media yang biasanya berupa file audio, video, e-book yang biasanya di unggah secara berkala oleh penyedia layanan podcast. iTunes sendiri menyediakan link ke podcast directory, dimana kita bisa mencari atau berlangganan podcast ini secara gratis atau juga bayar.

Nah layanan podcast gratisan di iTunes ini banyak banget loh dan menurutku sangat berguna untuk para crafter. Aku sendiri berlangganan podcast secara gratis dari Etsy, Martha Stewart, Craft Magazine. Secara berkala aku bisa mendapatkan video, e-book (pdf) yang isinya profil crafter dan tutorial. Seru banget. Karena aku menggunakan desktop (iMac) yang menyala sepanjang hari dan terhubung dengan internet, aku tinggal klik link podcast aja di ITunes buat ngecek barang kali ada video baru dari situs-situs dimana aku berlangganan. Dan podcast yang sudah terunduh di iTunes, bisa aku tonton berkali-kali karena filenya sudah tersimpan di komputerku. Di iTunes juga temen-temen bisa membuat podcast sendiri dan mengunggahnya lewat iTunes untuk dibagikan pada dunia.

Info soal podcast lewat iTunes bisa di lihat di sini.

Wednesday, May 25, 2011

Doodle Diary, Art Journaling for Girls


Bahagia banget menemukan buku ini. Berhasil membangkitkan kembali semangat untuk melakukan 'art journaling' seperti yang pernah aku lakukan di tahun-tahun awal masa kuliah dulu. Btw, aku dapet buku ini di Time Bookstore. Doodle Diary Art Journaling for Girls, penulisnya Dawn Devries Sokol. Serunya lagi, kita bisa langsung mempraktekan teknik-teknik Art Journaling, di buku ini langsung. Menurutku ini adalah buku tutorial paling keren yang pernah aku tau.






Vitarlenology's Notebook Buat Ultah Blog Innocentia

Eh.. eh, aku ikutan bagi-bagi notebook loh buat ulang tahun blognya mba Dewi Citra, kalau tertarik ikutan buka langsung di sini ya..

Fotoku Di The Wall Street Journal Dot Com Dan Creative Commons Lisence


Iseng browsing dan menemukan salah satu foto jepretanku yang ku unggah di flickrku, dipakai oleh The Wall Street Journal dot Com. Seneng aja, namaku ditulis sebagai fotografernya dan ada link ke flickrku juga. Beberapa fotoku yang dipakai oleh beberapa situs, beberapa penulisnya ada yang menghubungiku terlebih dahulu untuk meminta izin, tapi banyak yang memakainya langsung tanpa memberitahukan terlebih dulu. Dan dua-duanya ga masalah. Di Flickr aku memang sengaja memasang lisensi Creative Commons untuk hampir semua foto yang aku unggah di situ. Mengapa aku memilih memasang lisensi Creative Commons daripada Copyright untuk foto-fotoku? bahkan blog ini juga aku pasang lisensi Creative Commons.

Creative Commons adalah sebuah aturan main yang coba dikembangkan, untuk mengatur etika berbagi kekayaan intelektual. Sehingga memberi pilihan lain selain melabelinya dengan label copyright. Semagat Creative Commons adalah semangat berbagi dengan landasan setiap orang berhak memperoleh informasi. Misalnya seperti foto yang dipakai oleh Wall Street Journal.com itu, aku memberi label:

Attribution-NonCommercial-NoDerivs 2.0 Generic (CC BY-NC-ND 2.0

Artinya aku memperbolehkan orang lain menggunakan karyaku, menyebarluaskannya selama: Mencantumkan sumbernya, tidak digunakan untuk kepentingan komersial (non commercial) dan tidak mengubah atau memodifikasi karya tersebut (No Derivs).

Teman-teman juga bisa memberi lisensi Creative Commons ini untuk blog teman-teman. Dengan begitu, orang yang ingin menggunakan konten yang ada di blog teman-teman, tau bahwa blog teman-teman menggunakan aturan berbagi di bawah atribusi Creative Commons. Masih bingung dengan soal Creative Commons ini? penjelasan lebih lanjut ada di sini. Sementara kalau teman-teman ingin memberi lisensi Creative Commons untuk blog atau karya teman-teman bisa di buka di sini caranya. Masih penasaran dengan Creative Commons bisa baca laman ini.

 


Yang Tersisa Dari Crafty Days#5

Yang berhasil aku selesaikan adalah seri sketchbook A5 dan A6 dan kolaborasi bersama WAWBAW yang langsung ludes (foto by Ulu)

crafty days tobucil
Kembali ngeblog lagi.. masih punya utang laporan Crafty Days #5, semoga belum basi ya..:D Hujan adalah berkah, bukan hanya di Crafty Days#5 saja, tapi dari Crafty Days #1, hujan selalu memberkati. Tahun ini, khusus meminta bantuan tenaga ahli (dua kru pecinta alam Mahatala) untuk urusan teknis, selain tukang tenda yang memasang tenda utama. Karena halaman Tobucil itu banyak sekali pohon dan dahan-dahan memberi kesulitan yang cukup lumayan untuk membuat tenda di semua area aman dari hujan.

lapaknya tobucil handmade
Memang selalu aja ada kekurangan, tapi tahun ini setelah di evaluasi, persiapan jauh lebih baik dan kualitas penyelenggaraan juga lebih baik dari tahun lalu. Mungkin karena tahun ini, aku ga khusus buka lapak di Crafty Days, karena  sejak Wiku, mantan koordinator Klabs di Tobucil, mengundurkan diri, aku harus menggantikan tugas-tugasnya.. 'kembali ke barak' mengurusi semua program Tobucil, termasuk juga Crafty Days#5. Dari urusan teknis, publikasi sampai ke acara. Udah gitu, beberapa hari sebelum Crafty Days juga sempet tewas karena flu berat, jadi harus ada yang mengalah. Urusan membuat produk yang akhirnya mengalah. Sesampainya aja bikin notebooknya heheheh dan aku jual di lapaknya tobucil aja biar ga repot :D

Angel (Paperpleased), Mei (Oma Anna), Ojan (Nest of Ojanto), vitarlenology, Puri (Idekuhandmade), Tisa (Kandura), Putri (Nest of Ojanto) dan Ika Vantiani
Astari & Asri (k.e.d), Sieskarose (Anything Sunday), Audelia, Vitarlenology, Mei (Oma Anna)
Sam Sambas (The Man Who Knit) di ampit Dian Rinjani (Rinja-rinja) dan Mega

Tahun ini, aku senang karena ketemu banyak Crafter yang selama ini hanya bertemu lewat blog. Bukan hanya sebagai pengunjung, tapi juga buka lapak di Crafty Days.. senangnya...!!!. Ada juga beberapa yang sudah mendaftar, tapi terpaksa tidak lolos seleksi, karena mau ga mau harus dipilih. Tahun ini ada 50 yang mendaftar untuk buka lapak dan Aku mewakili Tobucil, hanya memilih 15 saja. Makanya dipilih yang beda. Harapanku, ke depan semakin banyak crafter yang membuat produk yang beda dan eksplorasi desain, bahan, teknik bisa lebih lagi. Kan seneng tuh, kalo tiap tahun, selalu ada produk yang berbeda, jadi banyak kejutan. Dan aku berharap Crafty Days jadi event tahunan yang ditunggu-tunggu, karena orang menunggu kejutan apa nih (dari segi produk) yang bakalan di gelar di Crafty Days. Aku ingin event ini jadi tantangan buat para crafter untuk semangat melahirkan karya-karya baru dengan karakternya masing-masing. Apalagi kalo punya kekhasan dan otentisitasnya sendiri.. wahh seneng banget.. biar ga kalah dengan Renegade Craft Fair di Amrik sana (Crafty Days sangat terinspirasi oleh Renegade Craft Fair).

Sheila D
Maelady (suka banget sama bantal kucingnya)
Nest of Ojanto
Papaya Mango
Derau
Dari sekarang udah mulai mikirin lagi buat tahun depan, Crafty Days#6. Tahun depan pengen mulai mengagendakan di kota lain juga. Seperti halnya Renegade, Crafty Days pengen punya agenda setahun beberapa kali di beberapa kota. Sedang memikirkan manajemen pengelolaannya. Mudah-mudahan tahun depan sudah bisa terlaksana, minimal satu kota dulu di luar Bandung. Sampai jumpa lagi tahun depan

Foto-foto Crafty Days #5 bisa dilihat di sini.

Tuesday, May 17, 2011

WAWBAW X Vitarlenology: Notebook 1.0

Ini adalah kolaborasi pertama dengan WAWBAW untuk membuat notebook 1.0 edisi super terbatas yang khusus di jual di Crafty Days #5 Tobucil. Hanya 6 notebook saja dan langsung sold out :D. Nantikan edisi WAWBAW X Vitarlenology berikutnya ya..:)





Biar ga ketinggalan info notebook duet maut WAWBAW X Vitarlenology, follow twitter kami di: @wawbaw dan @vitarlenology

Travelling Notebook Duotone: Kuning Hitam


Beberapa lalu, Ann dari Selangor, Malaysia, memesan travelling notebook ini. Kombinasi warna hitam dan kuning, ternyata keren juga .. :)




Jadi dapet ide buat bikin travelling notebook duotone nih..

Undangan Batik Buat Mba Anis



Masih ingat, sampul-sampul batik yang salah aku buat untuk pesanan notebook lebaran lalu? Setelah tersimpan berbulan-bulan di dalam kardus, akhirnya beberapa bulan lalu mba Anis mengontakku. Dia akan menikah tanggal 22 Mei ini dan ingin sekali undangan pernikahannya dibuat seperti kartu batik yang pernah aku buat.

Aku bilang sama mba Anis bahwa aku punya sampul batik nganggur, gimana kalau undangan kawinannya memanfaatkan sampul batik itu aja? Mba Anis, setuju. Untuk kertas dalamnya, aku pakai kertas BC warna yang warnanya senada dengan batik-batik itu.  Berhubung bikinnya sedikit, tulisannya aku print sendiri pakai printer laser color. Amplopnya aku bikin dari kertas kalkir.




Mba Anis dan Mas Afif, selamat menempuh hidup baru ya.. semoga perjalanan membangun hidup bersamanya, senantiasa diwarnai kebahagiaan :)

... Tambah Satu Award Lagi..


Satu lagi nih dari Tyka Ndutyke, terima kasih banyak ya..:) Inspirasi itu ga bakalan tumbuh subur tanpa apresiasi yang baik dan menurutku award-award seperti ini adalah cara untuk mengapresiasi sama lain, biar inspirasi itu bisa terus-menerus tunas-tunas yang tumbuh jadi rumpun, rumpun yang tumbuh jadi hutan dan hutan yang terus menjadi belantara.. Terima kasih ya..

Menerima ini aku berkewajiban meneruskannya pada 10 blogger lain.
1. http://childhood-obsessions.blogspot.com/
2. http://sewstories.blogspot.com/
3. http://www.liaspace.com/ 
4. http://ikavantiani.blogspot.com/ 
5. http://nestofojanto.blogspot.com 
6. http://themogus.blogspot.com 
7. http://rumah-yusing.blogspot.com/
8. http://zpiderdzigh.blogspot.com/ 
9. http://tablecalender.blogspot.com/ 
10. http://toscaberries.blogspot.com/

Sunday, May 8, 2011

Dua Award..

Tentu saja mempersiapkan Crafty Days, sebagai vitarlenology dan tobucil sekaligus sungguh membuat hari-hariku lumayan padet banget dari pagi sampai malem. Sampai-sampai blog ini jarang aku tengok.

Jeda sejenak, menengok blog ini dan ternyata Tamara dan Maya. Terima kasih untuk apresiasinya.. terharu loh aku >:D< .. seperti mendapat suntikan energi baru di tengah ke hectic-an minggu ini...

Award dari Tamara, makasih ya.. :)


Syaratnya aku mesti meneruskan award ini untuk 15 blogger lainnya:
Dan yang ini award yang dibuat Maya buatku.. wahhh terharu deh.. makasih banyak ya May..

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...