Tuesday, April 26, 2011

3 Alasan Mengapa Aku Belajar Menjahit


Pertanyaan menarik ini di ajukan oleh mba Dewi Citra untuk blognya, innocentia. Mba Dewi Citra bertanya pada banyak crafter pertanyaan yang sama: 3 Alasan mengapa perlu belajar menjahit? Jawabannya seru-seru loh.. intip aja di blognya ya.. 
Kamu sendiri, kira-kira apa alasan yang bikin kamu harus belajar menjahit?



Monday, April 25, 2011

Hadiah Di Minggu Lalu


Minggu lalu, ketika sedang hectic-hecticnya.. datanglah hadiah-hadiah tak terduga ini. Cici Rani membawakan aku kaleng bekas biskuit dan titipan benang-benang wool Ausi dari mba Sasa alias Alexandra Crosby. Pada hari yang berbeda, mba Adriana, penggemar notebook buswayku datang mengunjungiku di tobucil untuk pertama kali dan membawa hadiah benang bambu dari Portugal.. senangnya.. terima kasih ya cicik, mba Sasa dan mba Adriana..:)

'Color Tone' Kawah Papandayan


Apakabar semuannya? udah lama ga posting di blog ini. Menjelang Crafty Days #5 (CD #5) banyak sekali pekerjaan di Tobucil dari yang berhubungan dengan persiapan acara sampai ke produksi untuk jualan. Tahun ini, aku harus mengurusi langsung CD #5 karena posisi koordinator klabs dilebur menjadi satu dengan tugasku mengurusi program. Jadinya ya lumayan lah..



Di tengah-tengah semua kesibukkan ini, aku menghibur diri dengan mengikuti acara jalan-jalan Geotrek ke kawah gunung Papandayan, lewat jalur Garut. Berangkat Sabtu pagi dari Bandung, pulang Sabtu malam. Seru banget. Setelah meletus, tahun 2004 kawah Papandayan menjadi gersang dan berbatu-batu. Di balik kegersangan itu, aku menemukan 'color tone' natural yang luar biasa. Di antara gradasi coklat, tiba-tiba ada warna burgundy (ada batu-batu berwarna ini), hijau daun pakis, gradasi abu sampai ke hitam.. seru banget lah.. biar lebih jelas menikmatinya bisa buka album fotoku di flickr.



Sunday, April 24, 2011

Crafty Days #5, Sabtu- Minggu, 14-15 Mei 2011, @tobucil


SALE BENANG RAJUT TIPI UP TO 50%

BAZAAR HANDMADE 14-15 Mei 2011 Pk. 09.00 - 18.00 WIB
Bagus Bagus
tilunik!
Anything Sunday
OCAROL
ARC Pernik

WORKSHOP HANDMADE :
Sabtu, 14 Mei 2011
Pk. 10.00 -12.00 WIB Workshop Merajut/knitting bersama klab merajut (Gratis)
Pk. 13.00 - 14.00 WIB Workshop Yubiami bersama The Men Who Knit (Gratis)
Pk. 13.00 - 14.30 WIB Workshop Boneka Pom Pom bersama The Mogus (Gratis)                      

Minggu, 15 Mei 2011
Pk. 10.00 -12.00 WIB Membuat Boneka Bantal bersama Idekuhandmade (Tempat terbatas & GRATIS)
Pk. 10.00 -12.00 WIB Workshop Scrap Book. Biaya alat dan bahan Rp. 10.000/peserta bersama Klab Scrap Book
Pk. 13.00 -15.00 WIB Workshop Merenda/Crochet bersama klab merenda (GRATIS)

CRAFTYPRENEUR FORUM, Sabtu 14 Mei 2011, Pk. 15.00 -17.00 WIB
Obrolan santai Berbagi pengalaman memulai usaha handmade.
Bersama: Martha Puri (idekuhandmade, Jakarta), Ojan & Putri (Nest of Ojanto, Yogjakarta), Ika Vantiani (Vantiani, Jakarta) dan Tarlen Handayani (Vitarlenology & Pendiri Tobucil & Klabs, Bandung).

MUSIK SORE, Minggu 15 Mei 2011, Pk. 15.30 - 17.30 WIB
Menampilkan: 
Yustinus Ardhitya
Grace and Tesla
Ammy Alternative Strings

Informasi lebih lanjut:
Tobucil & Klabs Jl. Aceh 56  Bandung  Telp/Fax 022 4261548
www.tobucil.blogspot.com  www.tobucilhandmade.blogspot.com
twitter: tobucil   fb. www.facebook.com/tobucil
 
 

Sunday, April 10, 2011

Kartu Ucapan Dari Uty

Sabtu siang kemarin, aku mendapat kunjungan tak terduga. Uty, Abam dan suami datang berkunjung ke tobucil. Mereka sekeluarga lagi liburan di Bandung. Ternyata kejutannya bukan hanya mengunjungiku,  Uty juga mengantarkan kartu ucapan selamat ulang tahun buatku yang di gambarnya sendiri... WOWWWW, Aku seneng banget!!!!!!. Aku sukaaaaaaaaaaaa sama gambarnya..keren kan..

Makasih banyak ya Uty, ntar kalo ke Bandung, jangan lupa mampir lagi.. :)

uty dan aku

Friday, April 8, 2011

Sebulan Menjelang Crafty Days, 14-15 Mei 2011

Halaman luas rumah tua yang nyaman dan adem ini, siap menyambut tamu-tamu di crafty days #5 nanti. Daftar pekerjaan yang harus di kerjakan, semakin panjang. Dalam beberapa beberapa hari ke depan pekerjaan cukup berat adalah menseleksi peserta bazaar. Tahun ini peminatnya jauh lebih banyak. Persaingan memperebutkan meja, cukup ketat. Catet ya tanggalnya, jangan sampai lupa.. :)

Monday, April 4, 2011

Wawancara Vitarlenology Dengan Tobucil Handmade

Sedikit berbau KKN :D, reporternya tobucil handmade, Nunu, mewawancaraiku untuk rubrik kenal lebih dekat. Ini seperti ngobrol dengan 'anak' sendiri.

"Virus Bernama Handmade"

Haha hihi dari note book sampai dunia maya, dari Orba sampai gerakan politik membuat wawancara kali ini memecahkan rekor sebagai wawancara terlama dan terpanjang yang pernah dilakukan oleh Tobucilhandmade. Agak sulit memang mewawancarai sahabat dekat, ah, tapi berhubung saya memang keren, jadi yang sulit pun terasa mudah (narsis mode-on, hahaha). Sedikit serius, Vitarlenology adalah sebuah perbincangan mengenai handmade dan pergerakannya, virus paling tidak berbahaya yang wajib ditularkan. Mangga di baca kawan-kawan sekalian…

Nama Vitarlenology, tuh, kapan munculnya dan mengusung gagasan tentang apa, sih?
Vitarlenology tuh muncul skitar tahun 94-95 ketika album Pearl Jam Vitalogy muncul, hehehe. Karena seneng dengan album itu jadi saya masukin nama saya di tengah-tengahnya, kan Vitalogy artinya ilmu tentang kehidupan, nah, jadi Vitarlenology artinya ilmu tentang kehidupan tarlen, hahaha, udah kayak sekte aja. Nah, akhirnya nama itu saya pakai untuk nama buku harian saya. Ketika blog muncul, saya membuat blog dengan nama itu. Ketika saya membuat produk-produk handmade ya sudah saya gunakan juga nama itu.

Ilmu baru, tuh, Vitarlenology, hahaha. Nah, Vitarlenology, kan, banyak banget, tuh, produk buku-buku notesnya. Awalnya emang pengen fokus membuat note book atau “ngacaprak” weh, semua dibuat?
Awalnya sih, mmm.. saya, kan, meminati segala bentuk craft. Pokoknya yang berhubungan dengan jarum, kain, benang, saya tertarik. Pokoknya segala yang berhubungan dengan dunia needle. Nah, ketika 20042008 pulang dari Amrik, saya berpikir untuk fokus memilih apa yang paling saya suka dari sekian banyak yang saya pelajari. Ternyata saya paling suka dengan book binding, menjilid buku dan itu sejalan dengan hobiku nulis buku harian. Apalagi saya pernah ikut kelas book binding di sana, ya sudah, akhirnya itu yang menjadi pilihan. 


Memang serumit itu, ya, menjilid, sampai ada kelasnya?
Sebenarnya yang saya pelajari di tempat kursus itu masih sangat dasar. Jadi yang simple-simpel, tapi itu membuat saya mengerti tentang “logika” binding. Jadi binding itu, kan, menyatukan bagian-bagian. Seninya ada pada hasil ikatan-ikatan tersebut. Bagaimana menciptakan ikatan yang indah dengan membuat pola-pola tertentu. Dan itu menjadi satu bagian yang saling mendukung dengan desain buku notes tersebut. Nah, kalau untuk cover saya lebih senang menggunakan bahan-bahan non-kertas seperti kulit imitasi dan lain sebagainya. Balik lagi ke binding, sebenarnya teknik menjilid ini sudah ada dari dulu, kalau kita melihat manuskrip-manuskrip kuno, di sana sudah digunakan teknik untuk menjilid dan semua kebudayan yang menghasilkan manuskrip pasti memiliki teknik-teknik sendiri. Saya, sih, punya cita-cita membuat buku tentang pola-pola binding. Isinya tentang pola-pola buatan saya. Ya, perlu beberapa tahun lagilah.

Lebih lanjut wawancaranya bisa dibaca di sini.

#EarthDay Tutorial Challenge: Kantong Serba Guna Dari Majalah & Plastik Bekas


Hari Bumi diperingati setiap tanggal 22 April. Tahun ini untuk memperingatinya aku membuat tutorial dengan memanfaatkan barang-barang bekas di sekelilingku. Semoga berguna dan semoga bisa posting tiap hari :D

Amplop atau kantong, menurutku termasuk benda sekali pakai yang mudah sekali menjadi sampah. Padahal untuk membuat selembar amplop atau kantong kertas baru, ada hutan tropis Kalimantan dan Sumatera sana yang harus jadi korbannya. Cara untuk mengganti amplop atau kantong kertas baru adalah dengan memanfaatkan kertas bekas yang ada disekeliling kita. Kertas majalah adalah salah satu yang bisa dimanfaatkan. Biasanya kertas majalah menggunakan kertas dengan kualitas baik (biasanya menggunakan art paper atau mate paper). Untuk menambah kekuatan dari amplop atau kantong dari majalah bekas ini, biasanya aku menambahkan plastik bekas kemasan yang cukup bersih dan bisa digunakan kembali. Kertas bekas dan plastik bekas ini jika digabungkan, bisa jadi amplop atau kantong serbaguna yang cukup kuat.


Bahan yang dibutuhkan sederhana saja: kertas bekas majalah, plastik bekas kemasan (di sini aku pakai plastik bekas bungkus kertas) atau kantong kresek, gunting dan tape.


Siapakan selembar kertas bekas majalah. Ukuran menyesuaikan kebutuhan. Jika kertas majalah kurang besar, kamu bisa menyambung-nyambungkannya dengan menggunakan lem/double tape sesuai dengan ukuran  yang dibutuhkan.


Susun selembar kertas tadi dengan selembar plastik bekas, samakan ukurannya. Lalu lipat menjadi tiga bagian dengan tepi kertas sebelah kiri 1 cm di atas tepi kertas sebelah kanan.

 Rekatkan tepi kertas tadi dengan menggunakan tape.

Setelah direkatkan, lipat masing-masing tepi dengan lebar yang sama besarnya. Lebar lipatan disesuaikan dengan kebutuhan (di sini aku melipat dengan lebar sekitar 1.5 cm tepi kiri dan kanan).

Setelah itu, tepi kantong yang sudah dilipat tadi rapikan dengan bagian tepi kantong menjadi tengah lipatan, sehingga kita mendapatkan badan kantong yang memiliki volume. Lebih jelasnya, bisa lihat foto di atas.

Lipat bagian bawah kantong kira-kira 1-2 cm. Seperti gambar di atas.



Rekatkan lipatan tadi pada badan kantong dengan menggunakan tape. Maka selesailah kantong serba guna ini. Mudah sekali bukan.


Selamat mendaur ulang majalah dan kantong plastik bekas di rumahmu :)


Tikar Ayaman Hasil Buruan

Sebagai pecinta anyaman, melihat tikar-tikar anyaman ini di Pasar Beringharjo, Yogja, langsung membuat mata blingsatan dan kalap ingin membeli semua warna dan motif yang ada. Akibatnya, aku mesti merelakan duduk berdesak-desakan dengan tikar anyaman ini dalam perjalanan ke Magelang - Semarang trus pulang ke Bandung. Kalau kata temenku, tikar-tikar ini warnanya aries banget hahahahah.. Tak sabar ingin segera mengolah tikar-tikar ini menjadi sesuatu..


Sepuluh Yang Beruntung Mendapatkan Pocketbook Vitarlenology


Inilah sepuluh orang yang beruntung mendapatkan Pocketbook Vitarlenology. Bagi yang beruntung, tolong kirimkan alamat kirimnya ke emailku ya: vitarlenology@yahoo.com.

1. miss bibliophile (Fca)
2. Griya Hobi Fitria
3. Regina
4. Dwi
5. Gloria Putri
6. Aprodita Wibowo
7. Bellabello
8. Ekbess
9. caesari
10. Wanita dan Anak-anak

Bagi teman-teman yang sudah berpartisipasi dalam giveaway ini dan belum beruntung, jangan sedih ya.. nanti bakalan ada giveaway-giveaway lain yang ga kalah oke.. :D

Terima kasih semuanya..

Salam hangat,
tarlen

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...