Sunday, November 27, 2011

Belajar Tie Dye Bersama @ambrosiachan

Hari Sabtu lalu kelas scrapbook di tobucil, berbeda dari kelas-kelas sebelumnya. Claudine Patricia, sang pengajar, nampak sibuk dengan panci dan kompor untuk pelajaran tie dye. Jangan heran dulu, bulan ini, kelas scrapbook eksplorasi kain untuk membuat fabric journal. Makanya tie dye jadi salah satu teknik yang diajarkan di sini. 



Tie dye tuh, menyenangkan banget. Bebas bereksplorasi dan penuh kejutan. Tekniknya juga mudah. Kain yang akan di tie dye diikat-ikat dengan karet sesuka hati. Ga ada kata salah dalam istilah tie dye. Dalam hal pewarnaannya juga mudah (terutama untuk pewarnaan satu warna). Siapkan air kira-kira 2-3 lt air. Didihkan, setelah itu masukan satu sendok teh pewarna kain (bisa di beli di toko-toko alat jahit) campurkan 2 sdm garam. Garam ini berfungsi membuat warna menempel lebih kuat di kain. Setelah itu masukkan kain yang sudah di ikat-ikat tadi kedalam rebusan warna. Rebus sekitar 15-20 menit. Setelah itu angkat kain, tiriskan lalu buka ikatannya. Bilas dengan air bersih. Lalu jemur (diangin-angin saja) sampai kering. Gampang kan?



Kebetulan salah satu peserta di kelas scrapbook ada yang ulang tahun Sabtu lalu. Setelah beres kelas, kami semua nampang di depan jemuran hasil tie dye bersama yang berulang tahun..


Berminat gabung di kelas scrapbook tobucil? follow terus infonya di @tobucil atau follow @ambrosiachan 

3 comments:

Maya Floria Yasmin said...

pola yang dihasilkan tie dye ini sangat mirip dengan pola kain sasirangan (kain khas Banjarmasin) :)
bedanya, kalo sasirangan, kita gambar dulu polanya, terus dijelujur satu persatu (proses ini memerlukan waktu yang lama) baru dicelupkan kedalam pewarna. hehe

btw, aku suka warna nya mbak! merah menyala!
semangat!

Tarlen Handayani said...

iya, aku suka banget tuh sama sasirangan.. yang ini tekniknya lebih sederhana karna waktunya hanya 2 jam..

Bee Wee said...

pernah nyoba juga dulu di kaos *pas jamannya lg suka nge-wantek*

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...