Wednesday, September 7, 2011

Dari Kelas Foto Cerita Tobucil & Klabs Angkatan I

Slideshow 'My Little Corner of The World', foto cerita karya Tarlen
 soundtrack dinyanyikan oleh Yo La Tengo 
Ruang kerjaku, duniaku. Barang siapa ingin mengenalku, kenalilah ruang kerjaku. Sepertinya ungkapan itu cocok untuk menggambarkan betapa besar arti sebuah ruang kerja dalam hidupku. Berjuta ide dan gagasan bisa hidup di dalam ruang kerjaku, tanpa takut salah dan gagal, karena ruang kerjaku selalu memberiku kesempatan untuk coba dan terus mencoba. Tidak besar, kecil saja, tapi ketika menyelami kekecilannya, kau akan temukan keluasan serta kebesaran ide yang sederhana dan kebahagiaan yang bersahaja. Selamat datang di ruang kerjaku.
 Tarlen Handayani, Peserta Kelas Foto Cerita Tobucil Angkatan I
Cerita yang ingin kubagi pada teman-teman adalah pengalamanku mengikuti kelas foto cerita di Tobucil & Klabs angkatan I.  Kelas ini dipandu oleh Arum Tresnaningtyas Dayuputri, mantan fotografer KOMPAS yang sekarang sedang melanjutkan program master foto Jurnalistik  di Ateneo de Manila University, Filipina. Tujuan dari kelas ini setiap peserta membuat esai foto yang terdiri dari maksimal 20 frame. Tema bebas, lebih personal dan dekat dengan keseharian malah lebih baik. Disertai pula satu paragraf yang menjelaskan tema. Kedua puluh foto itu di akhir kelas, di print dan dipamerkan juga dibuat slideshownya untuk dipresentasikan pada khalayak.

Dari kiri: Danun, Jane, Tante Ina, Bu guru Arum, Tarlen, Vina dan Anin
Angkatan pertama latar belakang peserta cukup beragam. Ada ibu rumah tangga, mahasiswa, nenek yang masih aktif dan satu kelas maksimum 6 orang. Jane dan Vina misalnya, mereka membuat foto cerita tentang keseharian putra-putri mereka. Anin dan Danun, sebagai mahasiswa jurnalistik memilih tema dengan pendekatan 'human interst': bocah menjual cobek dan vokalis band underground sekaligus guru TK. Aku lebih mengeksplor sudut kerjaku yang penuh sesak itu. Sementara Tante Ina, nenek berusia 61th yang sangat energik itu, membuat foto cerita tentang kesehariannya sebagai reporter di surat kabar harian berbahasa mandarin, guru les bahasa mandarin, foto ceritanya menjadi favorit banyak orang. Foto-foto presentasi kelas foto cerita bisa di lihat di sini.

Maria el de Bario foto oleh vitarlenology. Lebih lengkap bisa di lihat album My Little Corner of The World
Oya, buat temen-temen yang berdomisili di Bandung yang tertarik untuk gabung di kelas foto cerita Angkatan II, pendaftarannya udah dibuka loh. Infonya bisa di lihat di sini.

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...