Wednesday, August 3, 2011

RTP#3 Cara Memindahkan Gambar Dengan Menggunakan Quick Film Atau Stiker Transparan

Pelajaran lain yang aku peroleh dari kelas scarpbook tobucil adalah cara memindahkan gambar ke atas quick film atau stiker transparan untuk laminasi. Caranya sangat mudah dan hampir mirip dengan Cara Memindahkan Gambar ke Atas Kain Dengan Menggunakan Gloss Gel Medium. 


Caranya mudah. Potong quick film atau stiker transparan sesuai dengan ukuran gambar yang akan di pindahkan. Print gambar dengan menggunakan printer laser atau dengan memfoto copy. Penting untuk diperhatikan bahwa gambar yang di print dengan menggunakan printer desk jet (tinta) tidak dapat diproses karena gambar akan luntur dalam proses pemindahannya nanti.  

Catatan: Jika gambar yang ada tulisannya, sebelum di print gambar dan tulisan di "mirror" dulu biar terbalik, sehingga ketika dipindahkan nanti tulisan akan ada dalam posisi normal. Gambar di sini lupa di "mirror" makanya kebalik :D




Tempelkan gambar pada quick film/stiker transparan, lalu ratakan dengan menekan-nekan dengan menggunakan bone folder atau sepotong kayu/pegangan gunting. Tujuannya biar tidak ada gelembung udara pada gambar.

 Setelah tertempel, rendamlah quick film atau stiker transparan tadi di dalam wadah berisi air. Biarkan sekitar 10 menit. Rujuannya biar kertas bisa lebih mudah dipisahkan dari gambar.

 Kelupas kertas dengan cara menggosok-gosok secara perlahan dengan menggunakan jari sampai kertas benar-benar terpisah dari gambarnya. Teman-teman akan mendapatkan hasil gambar transparan. Jika ingin menempelkannya seperti stiker, oleskan gloss gel medium pada sisi yang akan ditempel, lalu tempelkan dimanapun kamu suka.


Selamat mencoba..:)

3 comments:

Dewie.Rha said...

Bagus mba, sy pernah belajar juga tehnik ini..susahsuah gampang...pokonya BRAVO deh buat mba Tarlen

hugs,dewie

dekepiks said...

ini beda yah sama kertas decal gitu?

Lukman Hakim said...

saya cari yang jual di internet gak ada mba,di tempat saya juga gak ada yang jual udah muter2 cari nih ,gimana solusi nih,
lkmnhkm85@gmail.com

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...