Skip to main content

Rupa-rupa Alat Pembolong

holestools by vitarlenology
holestools, a photo by vitarlenology on Flickr.
Ini adalah rupa-rupa alat pembolong yang biasa aku pakai sehari-hari. Mari aku jelaskan satu persatu jenis dan kegunaannya.
1. Solder. Biasanya aku menggunakan solder untuk melubangi CD atau benda yang terbuat dari plastik. Cara kerja alat ini adalah dengan dipanaskan menggunakan listrik.

2. Traditional hole punch. Bentuknya seperti paku dengan rongga di tengahnya. Traditional hole punch ini lebih mirip pipa. Diameter lubang disuaikan dengan diameter rongga lubang di bagian bawahnya. Cara menggunakannya seperti memaku dengan menggunakan palu. Kelebihannya, kita bisa membuat lubang dimana saja karena alat ini cukup fleksibel. Biasanya tradisional hole punch digunakan untuk melubangi bahan yang cukup tebal seperti kulit (misalnya sabuk kulit).

3, 4, 5, 6, 7. Awl. Ini adalah jenis-jenis awl atau jarum panjang dan memiliki pegangan. Biasanya awl digunakan untuk melubangi benda-benda yang cukup tebal, sebelum dijahit atau disatukan. Aku biasa menggunakan awl ini untuk membuat lubang di setumpuk kertas sebelum aku menjilidnya biar lebih mudah dalam menjahitnya. Ukuran dan diameter sangat di pengaruhi oleh kebutuhan lubang dan ketebalan.

8. Double hole punch. Alat pembolong ini digunakan untuk membolongi kertas  supaya bisa dimasukkan ke dalam ring binder.

9, 10, 11. Single hole punch. Berbagai macam bentuk single hole punch yang disesuaikan dengan ukuran. Single hole punch no. 9 & 10 biasanya digunakan untuk membolongi kertas, sementara single hole punch no 11, bisa digunakan di bahan yang lebih tebal selain kertas: kulit misalnya.

12. Bor tangan. Ini adalah salah satu bentuk bor yang digunakan secara manual alias bor tangan. Punyaku ini adalah bor tangan ukuran kecil, biasanya aku gunakan untuk melubangi karton tebal dengan ukuran bolong tidak lebih dari 1mm. Memakasi bor listrik, biasanya malah merepotkan karena putarannya terlalu cepat, sementara memakai bor tangan bisa lebih terkendali karena lebih pelan.

Semoga informasi mengenai rupa-rupa alat pembolong ini berguna.. :)

Comments

informatif banget mba. thx for sharing mba tarlen
regina said…
mba tarlen kalo yang buat lubangin tali jam tangan kulit tuh yang mana? pakai nomer 11 ukuran lubang terkecilnya bisa yah?
sangat bermanfaat....mudah2an bisa nemuin di toko2 terdekat... :)
vitarlenology said…
terima kasih kembali.. semoga bisa mendapatkannya di toko terdekat, kalau kesulitan mencarinya silahkan hubungi aku, siapa tau aku bisa bantu dapetin di bandung..

regina: iya pake no. 11 juga bisa, tapi kalo ga salah untuk jam itu ada yang kecil banget cuma aku belum pernah dapetin yg lubangnya sekecil itu..
Okus said…
kereeen bangetttttttt, gokil nih ide2nya..., makasih sudah menginspirasi
Fadilah said…
wah berguna banget mbak info nya. sekalian harga ama tempat beli nya dong. hehehehe. kalo yang mau buat eyelet pake apa ya?
KangMaya IeuMah said…
informatip pisan (p=f) :)
{simple thing make usefull think}
ini pisan yang sayah cari teh....
Laura said…
mbak mau tanya cari awl yang macem2 itu di mana ya? Aku udah lama nyari buat stitching tapi gak tau beli di mana. :)
vitarlenology said…
Laura, awl untuk pembolong stitching aku dapet di daisho atau di toko perlengkapan jahit
Laura said…
duh maaf nih aku agak ndeso mbak, daisho nya di mana ya? kalo di jakarta tokonya di daerah mana? atau kalo di bandung biasanya bisa dicari di daerah mana? nuhun pisan sebelumnya ya mbak... hehehe
aduy said…
Mba, kl yg no.11 bisa dibeli dmn ya di bandungnya? Nhn
aduy said…
Kl yg no.11 dapetin di bandung dmn ya? Nhn
Unknown said…
Kalo traditional hole punch nyari nya dimana ya teh ?
Rie said…
salam kenal mba tarlen, mbak cari awl buat bikin blocknote belinya di toko alat jahit juga ya?
Unknown said…
Greetings Mba Tarlen.. Mba aku mo nanya, kapan alat2 bookbinding ada di tobucil?? I'm sure binders2 di bandung are in a desperate search for those awls and bone folders and stuffs :'(

Popular posts from this blog

Hari #16: Cara Membuat Kantong 'Gehu' Kertas Dari Kertas Bekas

Tadi itu temenku telpon, "len, request dong.. bikinin tutorial cara bikin kantong gehunya tobucil.. temen nih pengen bikin, tapi lupa lagi caranya.." sebenarnya aku udah pernah bikin tutorial ini dalam bentuk ilustrasi yang dibikin sahabatku tanto , tapi ga ada salahnya aku bikin lagi khusus buat ramadhan tutorial project kali ini. Kantong gehu, begitulah aku dan teman-teman di tobucil menyebutnya. Karena kantong kertas macam ini biasanya dipakai buat bungkus gorengan (gehu,cireng, bala-bala, pisang, combro.. :D), tapi sejak awal tobucil berdiri, 2001, kantong kertas dari kertas bekas ini sudah dipakai untuk pengganti kantong kresek. Jadi teman-teman yang udah pernah berkunjung dan berbelanja di tobucil, pasti pernah bertemu dengan si kantong gehu ini. Caranya gampang banget.. Oya tutorial kali ini aku dibantu oleh Ipey dan Agus Rakasiwi sebagai model tanpa wajah.. Bahan yang dibutuhkan: kertas bekas ukuran bebas, lem kayu (lem putih). 1. Lipat kertas 1/4 dari ukuran k

"Petra d/h Hosana" Tempat Berburu Manik-manik Murah di Bandung

Buat kamu yang di Bandung, yang bingung mencari di mana tempat mencari manik-manik: Jepang, kayu, kristal, dan perlengkapan jahit menjahit, ada tempat bernama Petra dulu bernama Hosana di Jalan Asia Afrika, hanya beberapa toko saja dari perempatan Jalan Asia Afrika dan Otista. Di Bandingkan dengan "Dunia Baru" di Otista (tunggu pembahasan berikutnya), Hosana lebih murah. Selain itu, cukup enak milih manik-manik dari berbagai jenis, karena pengaturannya yang di bikin seperti swalayan. Selain itu, perlengkapan untuk kerajinan asesoris juga lumayan lengkap dan murah. Termasuk juga aneka tali untuk bikin kalung. Untuk peralatan jahit seperti pita-pita, renda, kancing, aplikasi, ga terlalu lengkap sih, ga selengkap Dunia Baru. Sangat direkomendasikan untuk mencari perlengkapan kerajinan asesoris. Alamat Jalan Asia Afrika (Dekat perempatan Otista) Bandung.

Hari #6: Cara Membuat Kotak Serba Guna Dari Kardus Bekas

Hari #6, mari kita membuat kotak serba guna. Biasanya menjelang hari raya begini, udah pada mulai sibuk beres-beres rumah. Kotak serbaguna seperti ini biasanya diperlukan untuk menyimpan barang-barang yang terpakai maupun yang tidak. Caranya sangat mudah, karena tidak perlu membuat kotak  dari kardus baru, cukup dengan memanfaatkan kardus bekas dan sedikit sentuhan saja. Bahan yang diperlukan: Dus bekas kertas (yang ada tutupnya), plastik bercorak buat taplak meja (mengapa menggunakan plastik taplak, bukan kain atau kertas? tujuannya biar umur dus jadi lebih lama, karena tidak mudah rusak karena basah), tali tas, lem aibon, doule tape, kancing ukuran disesuaikan dengan lebar tali tas 4 buah), jarum dan benang, karton untuk lapisan dalam), jarum pentul.  1. Potong plastik taplak dengan ukuran setinggi dus (lebihi beberapa cm dibagian atas dan bawahnya) dengan panjang sesuai dengan ukuran keliling dus. 2. Lumuri sisi dus dengan lem aibon, kemudian tempelkan plastik taplak membun