Wednesday, May 25, 2011

Fotoku Di The Wall Street Journal Dot Com Dan Creative Commons Lisence


Iseng browsing dan menemukan salah satu foto jepretanku yang ku unggah di flickrku, dipakai oleh The Wall Street Journal dot Com. Seneng aja, namaku ditulis sebagai fotografernya dan ada link ke flickrku juga. Beberapa fotoku yang dipakai oleh beberapa situs, beberapa penulisnya ada yang menghubungiku terlebih dahulu untuk meminta izin, tapi banyak yang memakainya langsung tanpa memberitahukan terlebih dulu. Dan dua-duanya ga masalah. Di Flickr aku memang sengaja memasang lisensi Creative Commons untuk hampir semua foto yang aku unggah di situ. Mengapa aku memilih memasang lisensi Creative Commons daripada Copyright untuk foto-fotoku? bahkan blog ini juga aku pasang lisensi Creative Commons.

Creative Commons adalah sebuah aturan main yang coba dikembangkan, untuk mengatur etika berbagi kekayaan intelektual. Sehingga memberi pilihan lain selain melabelinya dengan label copyright. Semagat Creative Commons adalah semangat berbagi dengan landasan setiap orang berhak memperoleh informasi. Misalnya seperti foto yang dipakai oleh Wall Street Journal.com itu, aku memberi label:

Attribution-NonCommercial-NoDerivs 2.0 Generic (CC BY-NC-ND 2.0

Artinya aku memperbolehkan orang lain menggunakan karyaku, menyebarluaskannya selama: Mencantumkan sumbernya, tidak digunakan untuk kepentingan komersial (non commercial) dan tidak mengubah atau memodifikasi karya tersebut (No Derivs).

Teman-teman juga bisa memberi lisensi Creative Commons ini untuk blog teman-teman. Dengan begitu, orang yang ingin menggunakan konten yang ada di blog teman-teman, tau bahwa blog teman-teman menggunakan aturan berbagi di bawah atribusi Creative Commons. Masih bingung dengan soal Creative Commons ini? penjelasan lebih lanjut ada di sini. Sementara kalau teman-teman ingin memberi lisensi Creative Commons untuk blog atau karya teman-teman bisa di buka di sini caranya. Masih penasaran dengan Creative Commons bisa baca laman ini.

 


6 comments:

paperpleased said...

thanks buat tipnya soal creative license tarlen! lsg ku-update punyaku (ternyata selama ini click yes utk commercial use & modification) haha

maya said...

congrat mba.. foto jepretan mba tarlen emang keren!

Tarlen Handayani said...

hehehe.. ini yang keren objeknya, bukan fotonya :D

maya said...

yah, tapi klo si fotografer gk pinter milih objek dan ngambil angel kan sama aja mba, heheheee...

Excelcise said...

manteb nih info ttg creative commons nya :D

yanneey^duneeya said...

thx infonya...
salam kenal :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...