Skip to main content

Rounded Corner Punch Made In Bandung


Aku tuh pengen banget punya 'Rounded Corner Punch' (RCP) yang heavy duty alias bisa buat motong tumpukan kertas yang tebal sekaligus. Dan ternyata RCP heavy duty yang aku pengen hanya dijual di Amrika dan UK, dia tidak bisa melayani pengiriman ke Indonesia, padahal aslinya alat ini buatan Taiwan. Sebelll banget! Waktu aku curhat soal ini sama omku yang serba bisa itu, dengan santainya dia bilang, "kenapa ga bikin aja, aku bisa bikinin buatmu". Langsung langit berubah cerah ceria, aku percaya dengan kemampuan dia. Beberapa hari lalu, omku datang dan membawa hasil pertamnya, belum sempurna, tapi sudah sangat lumayan. Masih harus disempurnakan di bagian pegangan atasnya biar ga perlu di ketok pake palu itu tombolnya.. :D

 Aku coba memotong ujung buku setebal 0.5 cm kekaligus, hasilnya lumayan juga. Itu palu karet yang ada di sebelah alat ini aku pakai untuk memukul tombolnya biar pisau bisa menekan sekaligus memotong lebih kuat.

Alat ini terbuat dari almunium, teflon dan pemotongnya terbuat dari pipa baja, prinsip kerjanya sederhana sebenarnya, asal menggunakan bahan yang tepat, hasilnya ga kalah sama yang buatan pabrik.


Yang bikinan sendiri dan yang bikinan pabrik. Dua Rouded Corner Punch yang kecil-kecil itu, maksimum hanya bisa memotong 3 sampai 5 lembar kertas tipis, jadi kebayangkan kalau satu buku pinggir-pinggirnya mau dipotong, tentunya membutuhkan waktu lama kalau pakai RCP yang kecil.

Comments

I. Widiastuti said…
aku baru berkarib sama yang kecil-kecil hahaha. kalo punya yang besar pasti asik.
paperpleased said…
Wihh, asyik bgt py om serba bisa ;D This is fab tarlen! RPC ini favorit toolku jg hihi
wiiiiiiihhhhhh........pengen bikin juga......................
Citra said…
Enaknya punya Om serba bisa, Mbak
bisa minta tolong juga ga ya ? he 3x *peace*
amesh said…
Aku nyari RCP yang kecil aja susaaaaah.. Taukah beli dimana?
vitarlenology said…
mesh, yang kecil warna hijau itu aku titip sama sepupuku waktu ke eropa kalo yang biru aku dapet dari singapur, katanya pernah ada di kinokuniya jakarta tapi ga tau masih ada apa engga..
SAWARIS.Shop said…
humm ini bikin sendiri kah?
kl d jual harganyaberapa?
y0hana said…
boleh tau contact org yg bisa bikin corner punch nya? thx
vitarlenology said…
bisa di kontak lewat saya mba Yohana
I. Widiastuti said…
soal rounded corner punch, menurutku yang biru itu kurang bagus hasilnya. aku kecewa berat.
Unknown said…
COOL!!! KEREN BANGET ITU

Omnya kreatif banget, bikinnya pasti harus pake alat berat. seperti u/ memotong plat alumunium, dan mengasah pipa baja yang dipakai sebagai pisau pemotong siku.

Popular posts from this blog

Hari #16: Cara Membuat Kantong 'Gehu' Kertas Dari Kertas Bekas

Tadi itu temenku telpon, "len, request dong.. bikinin tutorial cara bikin kantong gehunya tobucil.. temen nih pengen bikin, tapi lupa lagi caranya.." sebenarnya aku udah pernah bikin tutorial ini dalam bentuk ilustrasi yang dibikin sahabatku tanto, tapi ga ada salahnya aku bikin lagi khusus buat ramadhan tutorial project kali ini. Kantong gehu, begitulah aku dan teman-teman di tobucil menyebutnya. Karena kantong kertas macam ini biasanya dipakai buat bungkus gorengan (gehu,cireng, bala-bala, pisang, combro.. :D), tapi sejak awal tobucil berdiri, 2001, kantong kertas dari kertas bekas ini sudah dipakai untuk pengganti kantong kresek. Jadi teman-teman yang udah pernah berkunjung dan berbelanja di tobucil, pasti pernah bertemu dengan si kantong gehu ini. Caranya gampang banget.. Oya tutorial kali ini aku dibantu oleh Ipey dan Agus Rakasiwi sebagai model tanpa wajah..

Bahan yang dibutuhkan: kertas bekas ukuran bebas, lem kayu (lem putih).

1. Lipat kertas 1/4 dari ukuran keseluruh…

"Petra d/h Hosana" Tempat Berburu Manik-manik Murah di Bandung

Buat kamu yang di Bandung, yang bingung mencari di mana tempat mencari manik-manik: Jepang, kayu, kristal, dan perlengkapan jahit menjahit, ada tempat bernama Petra dulu bernama Hosana di Jalan Asia Afrika, hanya beberapa toko saja dari perempatan Jalan Asia Afrika dan Otista. Di Bandingkan dengan "Dunia Baru" di Otista (tunggu pembahasan berikutnya), Hosana lebih murah. Selain itu, cukup enak milih manik-manik dari berbagai jenis, karena pengaturannya yang di bikin seperti swalayan.

Selain itu, perlengkapan untuk kerajinan asesoris juga lumayan lengkap dan murah. Termasuk juga aneka tali untuk bikin kalung. Untuk peralatan jahit seperti pita-pita, renda, kancing, aplikasi, ga terlalu lengkap sih, ga selengkap Dunia Baru.

Sangat direkomendasikan untuk mencari perlengkapan kerajinan asesoris.
Alamat Jalan Asia Afrika (Dekat perempatan Otista) Bandung.

Hari #6: Cara Membuat Kotak Serba Guna Dari Kardus Bekas

Hari #6, mari kita membuat kotak serba guna. Biasanya menjelang hari raya begini, udah pada mulai sibuk beres-beres rumah. Kotak serbaguna seperti ini biasanya diperlukan untuk menyimpan barang-barang yang terpakai maupun yang tidak. Caranya sangat mudah, karena tidak perlu membuat kotak  dari kardus baru, cukup dengan memanfaatkan kardus bekas dan sedikit sentuhan saja.


Bahan yang diperlukan: Dus bekas kertas (yang ada tutupnya), plastik bercorak buat taplak meja (mengapa menggunakan plastik taplak, bukan kain atau kertas? tujuannya biar umur dus jadi lebih lama, karena tidak mudah rusak karena basah), tali tas, lem aibon, doule tape, kancing ukuran disesuaikan dengan lebar tali tas 4 buah), jarum dan benang, karton untuk lapisan dalam), jarum pentul.

 1. Potong plastik taplak dengan ukuran setinggi dus (lebihi beberapa cm dibagian atas dan bawahnya) dengan panjang sesuai dengan ukuran keliling dus.


2. Lumuri sisi dus dengan lem aibon, kemudian tempelkan plastik taplak membungkus kelil…