Monday, September 27, 2010

Parade Coptic Binding Notebook

Masih dari A Design Weekend (ADW) Galeri Soemardja, 25-26 September kemarin. Selain Bingo Card notebook, aku coba bikin coptic binding notebook dengan cover yang berbeda. Aku coba pakai triplek balsa yang biasa dibikin maket. Harusnya triplek ini aku grafir dengan quote yang udah aku siapin.. tapi ga keburu ngerjainnya. Satu lagi aku coba bikin covernya pake disket untuk isi dalamnya aku pakai kertas BC yang biasa aku pakai. Tinggal nyari benang yang  pas dan beeswax buat memperkuat benangnya sebelum dipakai buat menjilid.

Coptic Binding Notebook Bersampul Bingo Card

 Masih inget Bingo Card kiriman Ika? Akhirnya aku jadiin juga itu sepasang bingo card jadi cover notebook. Kemarin itu, notebooknya aku pamerin di acara A Design Weekend (ADW) Gallery Soemardja, ITB. Notebook ini langsung menarik perhatian pengunjung karena unik. Banyak juga yang bertanya: "mba ini maeninnya gimana ya?" hihihihihi... tentu saja aku jawab: "Waduh saya ga tau maeninnya gimana.." Banyak juga yang bertanya, "mba, notebooknya di jual ga?", aku jawab "ngga, itu edisi koleksi". Sepertinya, aku perlu membuat notebook edisi koleksi, notebook-notebook eksperimental buat kepentingan pameran seperti ini. Untuk ADW aku juga ngeluarin notebook model baru yang kubuat dengan menggunakan visual diaryku dan juga printer baruku hehehhe.. senangnya ternyata model baru ini banyak yang suka.. penasaran seperti apa? tunggu ya postingan terbarunya dan akan segera ada di toko onlineku dalam beberapa hari ini..:)
 

Wednesday, September 22, 2010

Nampang di Martha Stewart Living Indonesia September 2010

hehehehe.. lumayan lah :D

Printer Impian


Akhirnya, setelah menimbang dan menabung, aku putuskan untuk membeli printer laser color Fuji Xerox C1110B. Harganya lumayan terjangkau dan hasilnya juga oke, udah aku coba waktu bikin postcard lebaran kemaren.  Yeah, senengnya.. karena sejak lama aku mengidam-idamkan printer ini sampai kemudian harganya cukup terjangkau dan aku sanggup membelinya. Ada beberapa produk yang mau aku bikin dengan menggunakan printer ini: aku pengen bikin notebook dari foto-foto jepretanku sendiri. Ukuran kertas maksimal yang bisa digunakan adalah F4 (folio) dan ketebalannya bisa sampai 230 gr. Masih sesuai dengan kebutuhanku.

Sunday, September 19, 2010

Vitarlenology Di Soemardja Adesign Weekend


Soemardja:ADW is an event where the young and ʻyoung at heartʼ designers and design enthusiasts
can showcase their designs in a relaxed, informal atmosphere,and can present and also sell their works directly.
This eventʼs main focus is about the designers, their works, and the ideas that surrounds them. Besides the interactive nature of this event ( the eventʼs format and layout is designed for direct interaction ) each participan...t will be provided with an equal opportunity to present their works to the audience.
This event will held at Galeri Soemardja, ITB campus, Bandung in September 2010. Each participant will be given the same space, with sign board and name tag included,

Participating Designer's :

1. Nuri Fatima
2. Sorcery /Zanun Nurangga & Cahaya Dwisangkana
3. Karisma Prawira Sudarma
4. Diaz Adisastomo
5. Tarlen Handayani
6. Byo / Tommy Ambiyo
7. Esti Siti Amanah Gandana
8. Zaldy Armansyah
9. FOLD Magazine
10. Ivan Christianto
11. Rinda Salmun
12. Mufti Priyanka
13. arisandesign / Diani Apsari, Fitri Tri Sumarni, Nesia Anindita, Putri Purnamasari
14. Saraswati Hamid
15. Panca Dwinandhika
16. Almond
17. Anisa Fardan Nabila & Aulia Amanda Santoso
18. Nook / Eugenio Oktapriyanto
19. Elfandiary


c u there!!!


http://www.adesignweekend.blogspot.com/

Friday, September 17, 2010

Pelajaran Dari Pesanan di Hari Lebaran


Menerima pesanan di hari-hari menjelang lebaran, butuh perencanaan dan persiapan yang matang. Beberapa hari menjelang hari lebaran aku dapat pesanan notebook lumayan banyak. Karena toko-toko penjual bahan baku libur cukup lama di hari lebaran, maka semua bahan baku harus dibeli sebelum toko-toko tutup. Jangan sampai ada daftar belanjaan yang terlewat untuk dibeli, bisa celaka. Untuk mengantisipasi keadaan darurat, bahan baku yang cukup penting, sebaiknya dibeli dalam jumlah lebih, jangan beli pas-pasan.

Nah, ceritanya proses pengerjaan pesanan ini berjalan lancar, meski sempat ambruk karena flu berat menjelang hari raya. Tiba-tiba, dua hari sebelum deadline pesanan tiba, kebodohanku terkuak :D. Semua cover notebook yang udah selesai aku kerjakan dan siap untuk di jilid bersama dengan isinya, ga bisa dipakai, karena salah ukur. Aku melakukan kebodohan fatal, karena salah mengukur. Jadi ukurannya kurang 0.5 cm dari seharusnya. Akibatnya covernya terlalu kecil dari isinya. Panik? sebentar aja. Ga ada waktu untuk berlama-lama panik.  Pilihan mengecilkan ukuran isi, bukan pilihan yang tepat dan sangat beresiko. Tukang potong ahli langgananku masih libur. Kalau di potong ditempat lain, resiko gagalnya jauh lebih besar, karena hanya tukang potongku yang tau cara memotong buku2 itu dengan rapi. Jalan satu-satunya untuk mengatasi masalah ini adalah membuat cover baru sebanyak 210 buah, sesuai jumlah pesanan. Nah disinilah ternyata membeli bahan dua kali lebih banyak, bener-bener pilihan tepat. Selain itu, aku juga mengganti teknik pengerjaannya dengan menggunakan teknik yang lebih sederhana dan lebih cepat. Akhirnya dengan dibantu oleh kakak dan adikku, pesanan ini bisa diselesaikan walaupun waktunya bener-bener mepet.

Sekarang aku punya 210 cover yang salah ukuran itu dan belum tau mau dibikin apa * mikir mode on..:))

Pelajaran yang bisa ditarik dari kebodohanku ini adalah:
  • Cobalah berkali-kali sampai yakin bahwa pola dan ukuran yang kita buat benar-benar sesuai dan tepat.
  • Belilah bahan baku ekstra atau punya bahan baku cadangan yang siap tersedia sangatlah penting, jaga-jaga kalau ada situasi darurat.
  • Pelajarilah teknik pengerjaan dari yang paling mudah sampai yang paling sulit, dari yang paling lambat sampai yang paling cepat untuk hasil yang sama. Sehingga kita  bisa memilih teknik mana yang bisa digunakan dalam keadaan darurat dan mana yang bisa kita gunakan dalam keadaan leluasa.
  • Hitunglah waktu pengerjaan lengkap dengan waktu cadangan. Biar ada waktu tersisa untuk situasi darurat dan tidak mengecewakan klien.
 Mba Myra, thanks ya buat pesanannya, maaf untuk segala kekurangannya..:) Terima kasih tak terhingga untuk kakak dan adikku yang telah membuat pesanan ini bisa diselesaikan dan situasi darurat bisa tertangani. I love you sisters >:D<

Thursday, September 9, 2010

Di Penghujung Ramadhan Tutorial Project


Tak terasa 30 hari hampir saja berakhir. Ramadhan tutorial project pun selesai sudah. Meski tidak full 30 hari membuat tutorial, karena beberapa tutorial aku reblog dari tobucil handmade. Senang rasanya bisa berbagi dengan teman-teman semua. Belum lagi dukungan dari teman-teman semua yang luar biasa, memberi komen yang sangat menyemangatiku, mentautkan ramadhan tutorial project di blog teman-teman, bagiku itu semua sangat berarti.Terima kasih teman-teman semua, tanpa dukungan teman-teman sulit bagiku untuk menuntaskannya sampai 30 hari.

Dukungan teman-teman semua, tidak akan membuatku berhenti sampai di sini. Nantikan projectku selanjutnya ya (sedang aku persiapkan nih..). Sekali lagi aku mengucapkan terima kasih yang tak terhingga  atas dukungan teman-teman semua. 

Selamat Menyongsong Hari Raya Idul Fitri, Maafkan aku Lahir dan Batin ya ..:)

p.s. Mei, thanks buat kiriman pudding strawberrynya..

Hari #30: Membuat Cookies Coklat Untuk Hari Raya


Tutorial terakhir di ramadhan tutorial project ini sengaja aku reblog dari  tobucil handmade. Atas kebaikan kakakku yang jagoan bikin kue-kue, dia membagi resep ini untuk pembaca tobucil handmade dan sekarang aku ingin membaginya juga buat teman-teman semua. Aku sangat mengagumi passion kakakku dalam membuat kue-kue yang enak-enak (dimana aku sangat tidak sabar dalam hal masak memasak terutama kue-kue) dan selalu membuat kami sekeluarga ketagihan. Caranya mudah dan membuatnya tidak membutuhkan waktu lama. Selamat mencoba dan selamat menghidangkannya di hari raya besok..

Waktu yang dibutuhkan untuk membuatnya 30 menit. 1 resep adonan bisa menjadi 50 cookies ukuran sedang.


Bahan yang di butuhkan:
 250 gr tepung terigu
1 sendok teh backing powder
1 sendok teh garam
225 gr butter (di sini menggunakan Orchid Butter)
50  gr gula putih
100 gr gula palem (brown sugar)
2 butir telur
125 gr coklat chip
125 gr kacang yang sudah di goreng lalu di cincang (bisa kacang mede. kacang tanah, almond)

Cara Membuatnya: 

1. Masukan orchid butter, backing powder, garan, gula putih dan gula palem jadi satu, lalu aduk dengan menggunakan mixer sampai merata.

2. Setelah itu, masukan telur satu persatu. Aduk dengan menggunakan mixer.

3. Setelah itu tambahkan kacang ke dalam adonan dan aduk sampai rata.

4. Tambahkan coklat chips dan aduk sampai rata. Bisa juga tambahkan kismis untuk menambah rasa segar buah di dalamnya.
5. Masukan terigu sedikit demi sedikit, aduk sampai rata dengan menggunakan spatula atau sendok pengaduk. Setelah adonan jadi, masukkan ke dalam lemari es sekitar 10 menit sebelum adonan siap untuk di cetak.
6. Cetak adonan berbentuk bulat pipih.














7. tambahkan coklat chips di atasnya lalu panggang sekitar 10 menit. Sampai adonan kecoklatan dan matang

Wednesday, September 8, 2010

Hari #29: Membuat Balon Origami

Tutorial hari ini aku reblog dari tobucil handmade. Bandung yang hujan terus menerus dan dingin banget membuat alergiku bertambah parah dan aku harus banyak istirahat biar membaik. Aku reblog tutorial ini, siapa tau bisa jadi ide ketika ponakan-ponakan datang dan berkumpul di hari raya. Balon origami ini biasanya dibuat dalam rangka menyambut tamu-tamu kecil yang datang ke tobucil. Mereka semua biasanya di sambut hangat oleh Moelyana koordinator Klab Origami Tobucil. Teman-teman kecil tobucil itu, begitu bersemangat membuat Balon Origami yang di ajarkan Moel. Nah,  sekarang Moelyana membagikan cara membuatnya untuk kita semua. 

Bahan yang dibutuhkan:

Kertas warna-warni bujur sangkar (bisa kertas lipat atau kertas fancy lainnya).

Cara Membuatnya:
Ikuti langkah-langkah berikut ini:
 
 Balonnya siap di tiup...



Instruksi oleh Moelyana. Foto-foto oleh: vitarlenology. Model tiup balon: Diva.

Tuesday, September 7, 2010

Hari #28: Membuat Keranjang Serba Guna Dari CD dan Kabel Bekas

Hampir-hampir mati gaya nih menjelang detik-detik terakhir ramadhan tutorial project :D Bikin apa lagi ya? sampai akhirnya mata tertuju pada cd dan kabel-kabel bekas. Mmm.. mungkin menarik juga kalau coba-coba menggabungkan keduanya yang terpikir olehku adalah bikin keranjang. Dengan teknik ikat yang sederhana aja, lumayan juga nih hasilnya gampang pula bikinnya.

Bahan yang dibutuhkan: Kain perca, CD bekas, kabel bekas, solder dan gunting.

1. Tandai CD untuk membuat lubang.

2. Kemudian lubangi dengan menggunakan Solder panas. Hati-hati megangnya.

3. Masukan kain perca yang sudah digunting membentuk pita sama panjang. Ambil seutas tali perca, lipat dua, masukan kedalam lubang, tarik sedikit sehingga membentuk cincin lalu masukan bagian tali yang lebih panjang ke dalam cincin tali tadi. Kemudian tarik untuk mengencangkan ikatannya.

4. Lakukan tahapan 3 pada semua lubang yang ada di CD.

5. Pasang kabel, ikat dengan tali-tali perca tersebut.

6. Begitu seterusnya, sampai lingkaran kabel menjadi tinggi dan membentuk ruang di tengahnya CD sebagai alasnya. Akhiri lingkaran kabel di bagian yang sejajar dengan dimana lingkaran kabel tadi dimulai. Setelah selesai, ikat mati semua ikatan tali perca tadi.

7. Untuk merapikannya, gunting sisa tali perca yang menjuntai, jangan terlalu mepet dengan ikatannya, beri jarak kira-kira 0.5 cm dari ikatan mati tadi.

Kamu bisa mengkombinasikan kabel yang ada dan membuatnya lebih tinggi dan menjadikannya vas bunga.


Tips: Sebelum di lingkarkan dan diikat, kabel sebaiknya di bersihkan dulu dengan cara menjepitnya dengan lap basah atau menggunakan larutan pembersih, lalu tarik kabel perlahan-lahan dari jepitan lap basah tadi. Atau Kamu juga bisa mewarnai kabel sebelum di bentuk dengan menyemprotkan cat semprot dengan warna sesuai keinginanmu.

Monday, September 6, 2010

Hari #27: Membuat Amplop Serba Guna

Ga kerasa nih, ramadhan sudah hampir sampai di penghujung. Kesibukkan pasti makin bertambah untuk menghadapi lebaran . Tutorial hari ini sederhana aja dan sepertinya akan berguna untuk angpau lebaran. Yuk, kita bikin amplop sendiri buat angpau lebaran :D

Bahan  yang dibutuhkan: Kertas bisa juga menggunakan majalah bekas (ukuran sesuai dengan kubutuhan), gunting dan double tape.

Lipat ujung kertas kira-kira 1cm.

 Lipat ujung kertas sampai bertemu dengan ujung yang lain.

Lipat bagian bawah kira-kira 1cm.

 Lipat bagian atas kira-kira 2 cm.

Buka kertas yang sudah dilipat-lipat tadi seperti pada foto.

Gunting beberapa bagian (lihat foto).

Tempelkan double tape membentuk huruf L (lihat foto)

Tempelkan sisi yang satu ke sisi yang sudah ditempeli double tape, maka jadilah amplop serba guna.


Sunday, September 5, 2010

Hari #26: Cara Mencetak Poster Ukuran Besar dengan Printer A4




Reblog lagi dari tobucil handmade nih :D  Dengan memanfaatkan kertas bekas pakai ukuran A4 dan fasilitas printer warna Epson R 250 yang sudah 'di infus' tintanya,  publikasi ukuran A2 bahkan A0 sekalipun bisa di print dengan printer ukuran A4. Memang harus kerja ekstra, poster akan secara otomatis dibagi perbagian seperti kepingan-kepingan puzzle yang perlu di sambungkan untuk mendapat ukuran yang diinginkan.

Tips: Untuk mempermudah proses printingnya, buka file dengan menggunakan program Corel Draw, lalu di menu print, klik fitur layout, trus klik kolom repotition image to dan kolom print tiled pages. Setelah itu baru klik print preview. Secara otomatis, bidang yang akan di print yang berukuran besar (lebih besar dari A4) akan terbagi dalam kotak-kotak berukuran A4. Jika gambar yang akan dicetak berukuran A2, maka di print preview, gambar akan terbagi menjadi 4 bagian A4. Setelah itu baru 4 bagian gambar itu disambung satu sama lain sehingga menjadi gambar utuh. Selamat mencoba .
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...