Friday, July 30, 2010

Menuju 'Bukan Bazaar'


Seminggu ini, cukup padat mempersiapkan bazaar pertama vitarlenology di Jakarta. Dua hari ini aku bakalan bolak balik Bandung - Jkt. Tadinya mau nginep aja, tapi sobatku yang tadinya aku mau nebeng nginep di tempatnya, eh malah ke Bandung. Ya sudah, toh sama aja kalo dihitung waktu. Besok itu, aku bakalan kasih workshop Yubiami juga loh..dateng ya.. Info acara 'Bukan Bazaar' bisa diintip di sini.

c u there ya..:)

Saturday, July 24, 2010

Baju Baru di Akhir Pekan


Akhirnya baju ini selesai juga. Kakakku membantu memotong kain sesuai polanya pada bulan Februari lalu :P. Aku diamkan lama sekali karena waktu itu banyak masalah dengan mesin jahitku dan juga moodnya lagi ga menjahit. Akhirnya setelah mesin jahitku berpindah tempat dan diservis ke tukang servis langgananku, semangat menjahitku muncul tak terbendung. Semua jahitan-jahitan yang belum selesai, aku selesaikan. Bahkan kain yang belum terpotongpun, aku potong-potong dan dijahit jadi tas atau apapun demi semangat menjahit. Kain batik kupu-kupu ini adalah pemberian omku yang di Semarang untuk ibuku. Berhubung aku suka dengan warna dan coraknya, langsunglah aku merayu ibuku dan meminta kain itu untuk kujadikan baju. Sisa kainnya sebenernya cukup banyak, tapi dengan semena-mena aku jadikan notebook, sampai aku lupa menyisakannya untuk pinggiran baju ini. Setelah bongkar-bongkar rak kain dan menemukan kain merah polka dot ini, akhirnya kuputuskan untuk memakainya sebagai mengisi kekurangan sekaligus aksen, meski jadinya baju ini jadi sangat meriah :D


Polanya sebenarnya pengembangan dari pola dasar. hanya dengan di potong bagian atasnya aja, biar ga bosen.

Bagian sambungan badan depan, aku selipkan kain polka dot merah ini sebagai aksen biar ada variasi di bagian sambungan. Kancingnya juga aku bikin dari kain polka dot merah dengan menggunakan alat pembuat kancing. Bagian kerahnya juga aku kasih 'ban' dari kain polka dot merah. Meriah banget deh pokoknya heheheheh..


Bagian ujung lengan aku kecilin diameternya, ujungnya aku kasih aksen kain polka dot merah juga. Menjahit baju ini sangat cepat dan ga sulit. 30 menit juga udah selesai. Apalagi kalo punya mesin obras dan lubang kancing sendiri, karena biasanya yang bikin lama adalah pergi ke tukang obras. Apalagi kalo ngobras dan ngelubang kancingnya di King's Otista Bandung, hahahaha bisa lama banget karena belok dulu ke toko kain.

Ga sabar pengen jahit baju lagi dan nyobain model lain..

Thursday, July 22, 2010

Cara Menjahit 'Hobo Totebag Bolak Balik'


Masih ingat Charlie tottebag atau Hobo totebag yang pernah aku buat? Dan masih inget juga kan kain handmade karya  Polaku yang aku dapat beberapa bulan lalu. Karena lagi semangat membuat tutorial, kain dari Polaku itu aku bikin hobo totebag bolak balik. Caranya begini:

Pertama-tama, potong kain dengan bentuk seperti ini. Sebenernya ga harus seperti ini juga, bentuk bawah bisa sesuai selera, mau kotak aja juga bisa, yang penting bagian pegangannya ga terlalu sempit ketika tangan dimasukkan ke lubang tengahnya itu. Ada guntingan bagian bawah membentuk sudut, tujuannya untuk memberi volume pada totebagnya nanti, biar ga terlalu flat bawahnya. Jadi potonglah, dua macam kain dengan ukuran dan pola yang sama, masing- jenis dan corak dua lembar jadi total semuanya ada 4  lembar kain (untuk bagian luar dan dalam).


Lipat setiap lembar kain yang sudah di potong sesuai pola (seperti pada foto), kemudian bagian atasnya di jahit biar tersambung. Ulangi untuk setiap kain yang sudah dipotong sesuai dengan pola.

Setiap lembar kain yang bagian atasnya sudah di jahit dan tersambung, akan menjadi seperti pada foto.



Nah sekarang jahit sambungkan, potongan sudut yang akan membentuk volume tas. Lakukan pada semua sudut yang ada di setiap lembar kain tas.

Maka nanti hasilnya untuk setiap lembar kain akan terlihat seperti pada foto.


Kemudian pertemukan lembaran kain tas dari corak yang berbeda. Di tutorial ini adalah kain dari polaku dan kain batik. Pertemukan dengan posisi jahitan sambungan bagian pegangan tas ada di luar. Jadi posisinya saling tolak menolak antara kain polaku dengan batik merah.


Satukan dengan menjahitnya.


Setelah selesai di jahit, potong bagian lengkungnya seperti pada foto, tapi hati-hati ya, jangan sampai jahitannya tergunting. Tujuannya, biar kalau dibalik, bagian lengkungnya akan terlihat rapi seperti pada foto. Ulangi pada tahapan ini untuk kain sisanya.

Tahapan selanjutnya adalah menyambungkan kedua bagian totebag yang masih terpisah. Kain tas yang berwarna putih dipertemukan dan dijahit dengan yang putih lagi.

Nanti hasilnya akan terlihat seperti ini, kain putih tersambung dengan kain putih  dan bagian kain  batik juga di jahit dengan bagian batik lagi.


Setelah kedua bagian selesai dijahit, hasilnya akan seperti pada foto. Bagian jahitan akan bertemu dengan bagian jahitan. Jadi kain polaku dengan batik ini, posisinya akan tolak menolak.

Perhatian: Tahapan menjahit setiap bagian ini jangan sampai tertukar. Jika tertukar, tas akan susah dibalik.

Tahapan terakhir adalah menjahit pinggiran terluarnya, dengan cara melipat bagian luar ke dalam, seperti pada foto. Jahitan lipatan ini akan menyambungkan bagian luar dan dalam sekaligus seperti tampak pada foto. Selesai sudah Hobo totebag bolak balik ini.


Karena aku memakai dua macam corak kain yang berbeda, maka aku punya dua variasi untuk bagian luar. Bosan dengan gambar rusa, tinggal ganti sisi lainnya yang bergambar bunga. Bosan dua-duanya, aku tinggal membalikkan tas dan mendapatkan motif batik dan warna yang berbeda. Seru kan.


Nah bisa juga menambahkan dompet resleting bolak balik sebagai pasangannya. Jadi hobo totebag ini bisa jadi tas cadangan kalau pergi-pergi ke luar kota atau jadi tas belanja yang bisa dibawa-bawa ke mana-mana.

Selamat mencoba :) Jika tutorialnya kurang jelas, kasih tau aku ya..

My First Blog Award: Thanks to Mba Dewi


Kejutan di hari ini adalah blogku dihadiahi award dari mba Dewi @ Inocentia. Ini adalah award pertama buat blogku dan aku harus menuliskan 7 hal tentang diriku hehehhe..(mikir sambil cengar-cengir sendiri..)

1. Aku tidak suka sambel. Terutama sambel yang diulek dan biji cabenya masih terlihat berserakan, secara visual aku bener-bener ga suka ngeliatnya. Daripada pedas sambel/cabe, aku lebih suka pedas merica.

2. Aku suka sekali menghabiskan waktu sarapan  di Warung Kopi Purnama atau menghabiskan sore di minum coklat atau teh bersama orang yang spesial  juga sahabat-sahabatku. Itu adalah waktu terbaik yang sering membuatku kangen Bandung. Dan bagelen keju toko kue Bawean adalah bagelen keju paling enak untuk menemani secangkir kopi aroma

3. Bapakku adalah apresiator terbaik atas karya-karyaku. Dia juga yang mendorong aku untuk berani bermimpi, mencoba banyak hal dan tidak takut salah atau gagal, karena dia akan menyemangatiku untuk mencoba lagi jika salah dan gagal. Dia orang yang mengajari aku hidup dengan passion dan menjalani banyak hal dengan hati. Butuh 15 tahun untuk berjuang mengatasi rasa kehilangan yang dalam, ketika dia di panggil Tuhan saat aku berumur 18 tahun. I love you so much, Pa!

4. Pelajaran pertama menjahit aku dapatkan dari ibuku waktu SD dengan cara, belajar menggenjot mesin jahit (sebelum dipasang dinamo) biar ga maju mundur. Ibu selalu menjahit sendiri baju untukku dan adikku dari kain yang sama dan model yang sama, sampai-sampai aku dan adikku disangka anak kembar (padahal beda satu tahun). Ibu yang mengajarkan prinsip: 'kalau bisa bikin kenapa harus beli?' Itu juga yang membuatku lebih senang bikin sendiri barang-barang yang aku pakai.

5.  Dari sekian banyak  mobil, aku paling seneng land rover, terutama seri II, III dan defender. Aku suka bentuknya dan menurutku ini mobil punya karakter all condition gear meski tetap terlihat humble dan elegan. Ga ada mobil lain yang paling kuinginkan, selain land rover atau defender.

6. Dari sekian banyak pantai yang penah kudatangi, pantai favoritku adalah pantai Sundak, di Wonosari Gunung Kidul, Yogja. Aku ga pernah bosen pergi kesana.

7. Nama Vitarlenology itu berasal dari Vitalogy (dari judul album ketiga Pearl Jam yang artinya ilmu kehidupan) dan Tarlen. Jadi Vitarlenology itu maksudnya adalah ilmu kehidupannya tarlen hehehehhe..

Award ini aku teruskan kepada 5 blog lain (pilihan yang sulit karena banyak banget blog keren dan inspiratif)

1. Lia @  Liaspace
2. Puri @ idekuhandmade
3. Nella @ Sibebo
4. Kardina Annur @ helloilmare
5. Pimpi @ Sawo-Kecil

Vitarlenology di 'Bukan Bazaar' Kamar Karma

Ini Bukan Bazaar,
Ini... piknik di taman sambil bikin pritilan, borong belanjaan sambil denger musik-musikan. Ada juga es limun & cemilan...! :D

 
July 31 at 10:00am - August 1 at 6:00pm
@KAMAR workshop, Jl. Pulo Raya No. 136, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan
 
Tersedia:
handmade, crafted
...knick-knacks, toys, silly things, vintages, notes, bags, shoes, dress,tshirt, asesoris, pajangan, bantal, interior, decoration, buku bekas, komik,collectible items, rahasia, ada deh, mau tau aja, musik, film,...cemilan, limun, cemilan, masakan, FLEA MARKET, & many more!

Workshop & Demo:
- Yubiami (finger knitting) by Vitarlenology (from Tobucil)
- Recycle craft by Finger Power Friends!

Yes, you can join for FREE!!!
Huraaay!!! :D>
 

Participant
in alphabetical order:
Ahmettsalina (http://www.facebook.com/irwan.ahmett)
Arumina n Della (http://rumaharumina.multiply.com/)
Asbunawas dan terompah ajaib
Cookwell (http://cookwell.multiply.com/)
Culapo (http://www.youtube.com/user/culapculap)
Finger power friends (http://vanillavain.blogspot.com/ , http://thissundaychild3.blogspot.com/)
In the attic
KAMAR (www.kamarkarma.multiply.com , www.facebook.com/KAMARonlineshop)
Lapak Dipidi
Loic Loic (http://loicloic.com/)
Nuala (http://www.facebook.com/nualaland)
Oma Anna (http://www.omaanna.blogspot.com/)
Phantasma (http://www.ilovephantasma.com/,
http://www.phantasmaworld.blogspot.com/)
Retrogogo
(http://www.facebook.com/pages/ANE-BAG/83448901029)
Sheila D (www.sheilad.com)
Suddenly Sudden (http://suddenlysudden.blogspot.com/)
Toimoi (www.toimoi.co.id)
Tea for two (http://www.facebook.com/pages/Tea-for-Two/266408231404)
Ubek-Ubek
Vitarlenologi(from tobucil) (http://designbyvitarlenology.blogspot.com/)

Gratis
'Bukan Goodie Bag' buat yang yang ngetwit acara #Bukan Bazaar
@kamarkarma atau Check-in di Bukan Bazaar KAMAR di FourSquare untuk 100
pengunjung pertama!

So... Siyusun! :)

Tuesday, July 20, 2010

Menjahit 'Dompet Resleting Bolak Balik'


Kangen menjahit, hari minggu kemarin aku membuat 'Dompet Resleting Bolak Balik ini. Bedanya dengan Dompet Resleting biasa, kain lapisan dalamnya dipasang sekalian. Bolak-balik menggunakan bahan yang beda. Gimana caranya bikinnya? Aku coba bikin tutorialnya.

Pertama-tama, siapkan masing-masing sepasang kain bagian luar dan dalam (bisa beda warna dan corak) resleting dan juga kain untuk membuat tali pegangan yang sama dengan kain bagian dalam. Ukuran disesuaikan dengan panjang resleting.


Jahit kain untuk pegangannya, lalu balikkan seperti pada foto.


Susun kain untuk dompet bagian luar (di paling atas), resteling di tengah (muka resleting menghadap ke atas), dan paling bawah adalah kain bagian dalam dompet.

Jahit ketiganya. Ujung-ujung resleting, di tarik ke dalam. Jika dibalik nanti hasilnya jahitannya seperti pada foto.

Jahit bagian satunya lagi dengan mengulang tahapan sebelumnya. Setelah seluruh kain bagian dalam dan luar terjahit dengan resletingnya, hasilnya akan seperti pada foto.

Setelah itu, jahit bagian samping dompet untuk menyatukannya. Batas jahitan, sesuai dengan ujung-ujung resleting.

Jangan lupa untuk memasukan pegangan dompet, di salah satu bagian samping dompet dengan memasukan tali tersebut di salah satu bagian samping kain bagian luar dompet. Untuk lebih jelasnya lihat foto.


Setelah selesai menjahit bagian samping dompet, kemudian jahit bagian bawah dompet, dengan menutup bawah kain dompet bagian depan. Jahit dari ujung ke ujung.

Untuk memberi volume pada dompet, temukan antara jahitan samping dengan jahitan bawah, sehingga membentuk segitiga seperti pada foto, kemudian jahit ujungnya.

Setelah dijahit ujung-ujungnya, maka hasilnya akan terlihat seperti ini.


Terakhir, jahit bawah kain dompet bagian dalam. Sisakan lubang di bagian tengahnya untuk membalikkan dompet.


Setelah di balik maka dompet akan seperti ini. Tutup lubang bawah kain bagian dalam. Bisa menggunakan mesin jahit atau jahit tangan.

setelah itu, masukan kain bagian dalam dompet dan selesailah sudah dompet resleting bolak-balik ini.

Semoga deskripsi instruksinya dan foto-foto tahapannya cukup jelas ya..
Selamat membuat :)

Thursday, July 15, 2010

Pemenangnya adalah...


Terima kasih kepada Ietha, Shien Yoel, Dydy, Reri, Hani, Mba Dan, Uty, Amanda Putri, Cecilia Hidayat, Asty, Ardilla, Dheeny Thea, Bodek, Rhiene, Herlina, Zuperdzigh, Angki, Davina Hutasoid, Dil, All About Herself, Eve Mommyceza, Dewi, Festy, Ningtyas, Martha Puri, Dancing With Fingers, Afini, Aphroditha Wibowo, Sizuka, Lina Sitorus yang telah berpartisipasi dalam Giveaway keduaku. Mba Dewi Citra Sari, sayang banget terlambat ikutannya. nantikan giveaway selanjutnya ya mba..

Untuk memilih tiga orang yang beruntung mendapatkan paket berisi benang-benang cantik ini aku dibantu oleh tiga orang pria yang pada hari kemarin berkumpul di tobucil. Mereka adalah:

Nunu

Heru

Arul

Mereka begitu seriusnya memilih siapa yang akhirnya beruntung dan pemenangnya adalah...
Selamat ya buat yang beruntung kali ini. Bagi yang belum beruntung, nantikan giveaway berikutnya. Afini, Bodek dan Angki, kontak aku via email ya: vitarlenology@yahoo.com biar aku tau paketnya mau dikirim kemana.

salam hangat dari Bandung yang lagi dingin
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...