Thursday, May 27, 2010

Out From The Deep, Knitting & Crocheting Exhibition

Knitting and Crocheting Exhibition By Moelyana and Palupi Kinkin
29-30 Mei 2010 at Crafty Days
Tobucil & Klabs
Jl. Aceh No. 56 Bandung
Telp. 022 4261548

Tuesday, May 25, 2010

Etsy Craft Party

Foto diambil dari sini

Pagi tadi sebuah email dari temanku, Julie , penanggung jawab Etsy Lab, datang ke inboxku. Selain bertanya bagaimana kabarku, dia memberitahukan program baru dari Etsy untuk membangun global network untuk para crafters di seluruh dunia. WOW! tentu saja aku tertarik..

I wanted to let you know about Etsy Craft Party, an event that we just announced. I'm very excited about it! Etsy Craft Party is a global initiative to energize your local community, make art together, and throw a party to celebrate creativity in cities and towns across the whole world. I was thinking maybe Tobucil might like to participate?

All the info can be found here:


http://www.etsy.com/storque/events/throw-an-etsy-craft-party-in-your-town-8083

Nah, buat teman-teman yang juga tertarik berpartisipasi dalam project ini, buka aja linknya di sini:
http://www.meetup.com/Etsy-Craft-Party/  Silahkan menambahkan daftar kota tempat tinggalmu di sini. Buat yang berdomisili di Bandung, yuk, kita seneng-seneng bareng di Etsy Craft Party di tobucil. Partynya mau kaya gimana, bisa kita obrolin pas acara Crafty Days, 29-30 Mei ini. Datang ya.. aku tunggu loh :) Oya, yang belum tau tobucil itu dimana lokasinya, petanya bisa dilihat di sini.

Setumpuk Pekerjaan Menjelang Crafty Days


Setumpuk di sini bukan dalam arti kiasan, tapi dalam arti yang sesungguhnya, setumpuk kertas dan cover-cover yang baru selesai di jahit. Pekerjaan selanjutnya adalah menjilidnya.. YAYYY!!! ayo semangat.. Mari kita lihat apakah jumat target minmal dari notebook-notebook ini bisa tercapai?

Tuesday, May 18, 2010

Roses Bouquet Pin Kiriman Sibebo


Waaaa senangnya, siang menjelang sore kurir mengantarkan roses bouquet pin bikinan Sibebo. Aduhh manis banget..bisa aku tempel di clutch rajutan yang aku bikin buat kondangan atau di pasang di baju juga .. Bikin sore yang cerah di jalan aceh, bertambah cerah dan seger karena roses bouquet cantik ini. Thanks ya Nel.. :)


Rose bouquetnya pas banget nempel di tas rajutanku yang ini.. matching kan..

Crafty Days #4 "Play Your Magic Fingers" 29-30 Mei 2010


CRAFT FAIR:
felt toys, handmade notebook, aneka rajutan, plushie keychain, handmade stationaries, cussion, vintage stuff, selai buatan rumah dan barang-barang handmade lain  yang hanya dapat kamu temukan di sini.

SALE BENANG RAJUT UP TO 70%

dapatkan pula benang rajut koleksi terbaru  (katalog bulan juni 2010)
tak ketinggalan bonus benang gratisan  (siapa cepat dia dapat) 

pingkan anita
the rozali
naini design
breien & hakken
mikisi curiousities etc.
deviza handicraft
ndandut shop
pyur! handmadebyarum
papayamango
kinjeng things
amithevintagist
noname
Oma anna
dreamesh
Goodness
design by vitarlenology
tobucil's handmade corner
didukung pula oleh 
Rumah Makan Legoh


WORKSHOP & PERTUNJUKKAN GRATIS

Sabtu, 29 Mei 2010,
pk. 10.00-11.30 Membuat boneka jari
Pk.13.00-14.30 Merajut (knitting)
Pk.15.00 Atraksi permainan Yo-Yo
bersama Oke Rosgana, Yo-yo Man Indonesia


MINGGU, 30 Mei 2010

Pk. 10.00 -11.30 Membuat Panggung boneka
Pk. 13.00 - 14.30 Merenda (crochet) & yubiami (fingger Knitting)
Pk. 15.00 Musik Sore spesial
Penampil:
Ammy Alternative strings
Klab Klassik featuring theo
Silentium
In Accoustic

INFORMASI DAN KETERANGAN
LEBIH LANJUT:  TOBUCIL & KLABS

Jl. Aceh No. 56 Bandung  telp/fax. 022 4261548
e. tobucil@yahoo.com   blog. www.tobucil.blogspot.com
www.tobucilhandmade.blogspot.com  fb. tobucil n klabs

Monday, May 17, 2010

Yang Beruntung Mendapatkan Hobo Bag dan Sushi Wristlet Mini Bag ..


Maaf ya jika terlambat mengumumkan siapa yang beruntung mendapatkan 'giveaway' pertamaku. Moel membantu memililih pendapat siapa yang mendapatkan hadiahnya.

Maya Floria Yasmin dari blog: http://theluckynumber5.blogspot.com/ mendapatkan sushi wristlet minibag hijau bunga-bunga. Maya, kirimin alamatnya ya ke alamat emailku biar hadiahnya bisa segera di kirim.


Uty dari blog: http://akushabam.blogspot.com/ mendapatkan Shusi wristlet mini hijau bertotol biru dan garis ini. Aku tunggu alamatnya ya Uty..


Dan yang beruntung mendapatkan Hobo Bagnya adalah Dindie dari blog: http://slorasauna.blogspot.com/

Selamat kepada  Maya, Uty dan Dindie, Buat Satria Dewi Anjaswari, asty, mya, wanita dan anak-anak, angki,  Terima kasih ya sudah mengirimkan komentarnya. Tunggu giveaway berikutnya dariku.. :)

 Gaya si Moel memilih yang beruntung..

Tuesday, May 11, 2010

The Blue Stripes Box


Aku paling senang mengorganisir barang-barangku. Semua ada tempatnya biar gampang nyarinya. Nah, barang notebook-notebookku yang udah selesai dibikin ini kemaren-kemaren cuma ditumpuk aja di rak dan selalu acak-acakan setiap kali ada temen-temen datang pengen ngeliat. Maka terpikir untuk membuat kotak semacam keranjang ini dari dus bekas. Aku pake bahan garis-garis yang biasa digunakan untuk membuat kasur kapuk karena bahan ini murah banget permeternya dan memberi efek ke-IKEA-IKEA-an kalo dipakai membungkus dus bekas. Box ini juga sekalian bisa dipake buat display jualan di Crafty Days nanti. Biar gampang mindah-mindahinnya, aku pasangin tali webbing buat  tas yang ditempel pake kenop biar menambah aksen juga.


Siapa tau ada yang lagi perlu mengorganisir barang-barangnya atau merapikan rak di rumah, dus-dus bekas begini bisa berguna juga loh. Kalo ga ada bahan baru, bisa pake baju bekas tinggal di gunting-gunting buat nempelinnya. Oya aku pake lem fox kayu yang warna putih untuk nempelin kainnya di dus. bagian dalam aku lapisin pake bahan dus lagi biar lebih tebel dan kaku.


Mau bikin lagi buat merapikan rak, eh dusnya yang seukuran cuma ada satu.. harus nyari dulu biar ukurannya sama. Rak tempat bahan baku yang ada di pojok kerjaku, terlihat sedikit rapi setelah adanya The Blue Stripes ini..

Monday, May 10, 2010

Simple Binding Notebook di Bulan Mei


Akhirnya selesai juga target di minggu ini: menyelesaikan 42 pcs simple binding notebook ini. Buat Crafty Days juga buat beberapa outlet yang udah nanya-nanya terus. Edisi kali ini aku menambahkan kain-kain batik untuk covernya biar lebih bervariasi.  Jadi ini ceritanya curi-curi start promosi crafty days hehehehe.. tapi sebenernya juga ini jadi salah satu upayaku untuk lebih serius lagi mengeksplorasi handmade notebook.. mengkawinkan kain dan kertas menjadi buku. Juga menggabungkan material lain sebagai elemen tambahan.



Hal yang paling menyenangkan dari membuat handmade notebook seperti ini adalah menyemangati orang-orang untuk menulis catatan harian dengan 'membuatkan' mereka handmade notebook aneka warna ini.


foto lengkap simple binding notebook di bulan mei ini bisa dilihat di album flickrku

Sunday, May 9, 2010

Bandana Peta Jalur Trans Jakarta dan KRL Jabodetabek


Akhir pekan ini, sahabatku Melly, penggiat milis greenlifestyle, berkunjung ke Bandung membawa oleh-oleh menarik ini: Peta Jalur Trans Jakarta dan KRL Jabodetabek, merchandisenya acara KumKum. Peta ini disablon di atas kain 57 x 57 cm. Sebuah merchandise yang menarik yang bisa dibawa-bawa terutama oleh para pengguna Trans Jakarta dan KRL Jabodetabek. Buatku sendiri, peta ini menambah koleksi peta jalur transportasi publik dari berbagai negara. Aku jadi teringat merchandise-merchandise Metro Transit Authority NYC yang menggunakan peta subway dan ikon jalur-jalurnya sebagai  merchandise sekalian bisa mensosialisasikan jalurnya itu sendiri. Aku sempet bilang sama Melly, kayanya seru juga tuh kalo peta ini di bikin jadi totebag juga (secara pengumpul totebag :D). Tasnya bisa dipake pas naik busway atau KRL, sekalian kalo lupa jalurnya, tinggal liat gambarnya. Bandana ini bisa jadi langkah awal untuk menemukan bentuk-bentuk dan ide-ide baru mensosialisasikan peta-peta seperti ini kepada publik. Sayang di angkot jalur transportasi umumnya ga jelas jadinya susah deh kalo mau dibikin peta-petaan begini..

Saturday, May 8, 2010

Stempel Emboss Pertama


Akhirnya aku punya stampel emboss juga. Setelah sekian lama menginginkannya (tiap kali mau pesen selalu batal, karena duitnya kepake buat yang lain. Stempel ini lumayan mahal juga harganya). Aku bikin 'hanko' namaku dalam versi embossnya dan ditambahin tulisan 'vitarlenology' buat kasih 'tanda tangan' di setiap notebook yang aku bikin. Stempel emboss ini ukuran maksimum diameter 4cm. Jadi ga bisa terlalu besar juga. Trus pegangannya juga cukup 'handy' jadi bisa digenggam dengan baik.

Thursday, May 6, 2010

My First Giveaway: Hobo Bag Bolak Balik & Sushi Wrislet Mini Bag



Teman-teman, siapa mau Hobo Bag terbuat dari kain yang bisa di bolak-balik. Kalau bosan pakai bagian yang berwarna biru tua, bisa di balik jadi warna lain. Selain itu, tas ini juga bisa dimasukin dompetnya dan jadi tas ekstra untuk belanja atau bepergian. Aku mau kasih tas ini buat teman-teman yang beruntung. Bahan yang aku pakai untuk membuat tas ini aku dapat dari toko kain-kain sisa eksport di Gang Tamim, Bandung.


Dua lagi, aku mau kasih Sushi Wristlet mini bag ini. Orang-orang suka tanya, ini tas sebenernya buat apa? Mungkin karena modelnya ga biasa dan ukurannya kecil. Aku selalu bilang, bisa buat tempat handphone. Ada dua yang mau aku bagikan. Masing-masing nanti dapat satu.

Buat yang berminat, cara ngedapetin tas-tas ini gampang banget. Buat yang belum follow blog ini, silahkan follow buat yang sudah tentunya terima kasih sudah mem-follow. Nah aku mau minta pendapat temen-temen: "apa yang temen-temen rasakan ketika memakai barang-barang buatan sendiri", jawabannya silahkan di tulis di link  comment postingan ini ya.. aku tunggu komentarnya  sampai tanggal 13 Mei 2010 Pk. 24.00. Aku akan mengundi opini-opini yang masuk dan mengirimkan tas-tas ini pada para pemenangnya.

xoxo
tarlen

Crafty Days #4, 29-30 Mei 2010

Errie dari Kontemplacity membuat poster Crafty Days versi bermain yoyo. Kenapa main yoyo, karena recananya di acara Crafty Days nanti, Oke Rosgana, pemain yoyo yang sering ikut kompetisi yoyo internasional akan mempertunjukkan kebolehannya bermain yoyo di acara Crafty Days #4.

Di Crafty Days nanti selain bazaar barang-barang handmade karya para crafter dari Bandung, Jakarta; akan ada acara workshop gratis untuk keluarga: membuat boneka jari dan panggung bonekanya, workshop merajut, pertunjukkan yoyo, musik sore spesial dan sale benang rajut koleksi terbaru tobucil & klabs.

Jangan sampai ketinggalan ya..:)

Siapa aja yang crafter yang akan bergabung di Crafty Days?
tunggu postingan berikutnya..

Lemari-Lemari R.E. Hartanto


Tanto adalah sahabatku. Dua minggu lalu dia baru saja menjadi ayah bagi Cakrawala Hartanto. Keluarga kecilnya: Tanto, Fini dan Caka (panggilan Cakrawala), memulai kehidupan bersama mereka di rumah yang juga baru di tempati kurang lebih sebulan ini. Sebuah rumah tua yang sangat nyaman di jalan Panaitan Bandung. Kemarin saat aku mengunjunginya, funiture untuk mengisi rumah, baru saja sampai dari Semarang. Lemari-lemari model lamanya langsung saja memikat hatiku. Warna kayu membuat ruangan bercat abu-abu muda ini terasa hangat dan terisi.






Aku suka sekali dengan desain-desainnya. Ada yang keliatannya seperti dua lemari di tempel jadi satu, selain itu juga sudut-sudut tumpulnya membuat lemari-lemari ini terlihat lebih 'ramah'. Ada satu lemari yang masih tertera cap pabrik pembuatnya. Menurutku keren banget dia pake merek "Morpheus" buat funiture-funiturenya.



Kayanya seru juga ya ngumpulin foto-foto lemari art deco kaya begini. Mengingatkanku pada kesabaran para pembuatnya yang niat banget, bikin lemari ga sekedar pertimbangan fungsi semata, tapi pertimbangan estetisnya juga ada. Oya aku potret juga box bayi, tempat tidurnya Caka.


Thanks ya to, sudah memperbolehkan aku memotret lemari-lemarimu dan menerbitkannya di sini. Selamat menempati rumah baru.. :)

Father and son: R.E. Hartanto & Cakrawala Hartanto

Tuesday, May 4, 2010

Makan Siang Ala Oma Anna



'Len, mampir ntar siangan, gue mau bikin kwetiau kerang...' begitu isi sms yang menggembirakan hati dari Mei, sahabatku yang jagoan bikin selai rumahan berlabel Oma Anna. Tentu saja aku memenuhi undangan itu dengan sepenuh hati. Aku belum pernah nyobain kwetiau kerang. Bersama Theo temanku yang lain, kami berangkat ke tempat Mei untuk makan siang bersama. Mencicipi kwetiaunya. MMm.. enakkk!!!!


Ga hanya itu, Mei menyajikan Kwetiau kerangnya dengan minuman yang dia buat dari selai Jasmin tea  bikinannya yang diberi air dingin, jadi minuman dingin yang enak rasanya dan kaya es agar-agar. Kejutan sebagai hidangan penutup Mei membuat pancake dengan selai rasa baru yang juga dia buat sendiri: Earl Grey Lemon. Bener-bener makan siang yang menyenangkan, bersama sahabat dan masakan buatannya yang dibikin sepenuh hati. Thanks ya Mei buat makan siangnya yang istimewa.. :)

Kaleng Kartu Nama Batik


Secara ga sengaja aku nemu kaleng-kaleng lucu ini pas belanja di Cibadak. Waktu itu yang kepikiran beli aja dulu deh, nanti juga dapet ide mau diapain. Alhasil kaleng-kaleng itu tertumpuk di rak kerjaku berbulan-bulan. Sampai di akhir minggu ide cemerlang buat me'retouch' kaleng ini muncul.


Aku sempet berpikir untuk mengecat ulang kaleng ini, tapi kok nampak sangat ribet. Trus kepikiran untuk menempeli stiker yang udah di layout, tapi keliatannya pasti biasa-biasa aja. Akhirnya kepikir untuk menutup permukaan dan dalemnya dengan kain. Untuk bagian luar aku sengaja pakai kain batik, untuk bagian dalem aku manfaatin kain polka dot aneka warna dan di tambah karet untuk nahan kartu namanya.


Tempat kartu nama ini nanti bisa di dapatkan di acara Crafty Days buat yang berminat :)

Sunday, May 2, 2010

Pengumpul Anyam-anyaman


Seingatku, sejak SMA aku senang dengan benda-benda anyaman ini. Terutama tas dari anyaman rotan. Bapakku beberapa kali beliin aku 'kaneron' tas anyaman dari salah satu daerah di Jawa Barat. karena tau aku seneng pake tas anyaman, akhirnya saudara dan temen-temen juga suka bawain anyaman dari bebagai daerah: Kalimantan, Lombok. Beberapa juga ada yang aku beli sendiri waktu di pameran kerajinan atau pas jalan ke daerah-daerah lain di Indonesia.


Aku paling seneng sama besek-besek besar ini, Enak banget buat nyimpen bahan baku dan peralatan perlengkapan hobi. Terakhir aku dapet hadiah dari mei temenku, kerajang kotak tiga susun yang modelnya kaya rantang, aduhh lucu banget. Untuk anyam-anyaman ini aku lebih seneng yang bentuknya kotak daripada bulet karena yang kotak lebih enak nyimpennya ga ngabisin tempat. Hal yang paling membanggakan dan menyenangkan sebagai orang Indonesia adalah kita punya banyak banget kerajinan tangan yang ga ada ditempat lain. Sebenernya akan jadi menarik kalau teknik kerajinan tangan tradisional ini bisa di transformasikan ke bentuk-bentuk craft yang lebih 'sekarang'. Teknik anyaman-anyaman ini akan menarik juga kalau materialnya juga bisa menggunakan bahan-bahan yang mudah di dapat, jadi orang-orang kota yang sulit mendapatkan rotan atau bambu bisa menggantinya dengan bahan-bahan lain yang lebih mudah di dapet.

Ketemu Puri di Tobucil

Beberapa hari lalu, Puri_ crafter fellow dari blog idekuhandmade, tulis komen di postinganku:
"... btw bsk aku mau ke bandung..yp pastinya mau ke tobucil..yay!!can't wait for 2moro.. :)vheers,puri"

Sabtu sore kemarin, datanglah Puri ke tobucil. Waah seneng deh bisa ketemu fellow crafter yang selama ini ketemunya hanya lewat online aja. Langsung semangat memperlihatkan karya-karya yang selama ini ceritanya hanya bisa dibaca via blog aja. Pertemuan seperti ini buatku inspiratif banget. Bertukar cerita tentang proses berkarya masing-masing membawa semangat dan juga ide-ide baru.

Thanks ya Puri, buat pertemuannya.. :)
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...