Skip to main content

Bazaar Oh, Bazaar..

Seringkali aku ga bisa menduga, apa yang akan terjadi di sebuah acara bazaar. Bazaar yang aku kira bakalan meriah dan ramai, eh ternyata sepi dan ga seperti yang diharapkan. Sementara, ketika tidak berharap banyak, acara bazaarnya malah berlangsung meriah. Meski begitu, selalu ada hal positif dari sebuah bazaar. Apapun kondisi dan situasinya, bazaar selalu membuka peluang untuk kegiatan promosi dan bertemu teman-teman baru.

foto diambil dengan menggunakan kameranya puri dari idekuhandmade
Hari minggu, 5 Desember 2010 lalu, aku dan Mei, berangkat ke Jakarta untuk ikut bazaar dalam rangka ulang acara House and Living DAAI TV. Meski harus menembus pagi mendung, namun perjalanan terasa lancar. Kompilasi lagu untuk mengiringi perjalanan ini sengaja aku pilih untuk menambah keceriaan perjalanan. Tiba-tiba setelah mobil sewaan memasuki tol Cawang, terdengar suara aneh. Mei yang memegang kemudi, meminggirkan mobil. "Len, tolong di cek, kayanya bannya..". Begitu pintu dibuka, tercium ban terbakar. WOW, ban belakang sebelah kiri, sungguh hancur keadaannya. Dalam situasi seperti ini, pelayanan publik di jalan tol, bisa di uji, apakah benar-benar melayani, atau sekedar layanan basa-basi. Ternyata memang terbukti. Belum sampai lima menit setelah Mei menelepon info layanan jalan tol, dua orang petugas datang dan membantu mengganti ban pecah dengan ban cadangan. "Hati-hati di jalan neng, ini ban cadangannya sudah tipis, jangan sampai pecah lagi.."

Kami sempat mampir dulu ke tempat teman sebelum akhirnya sampai di tempat bazaar. Setelah selesai mendisplay dan hendak mengambil foto, ternyata si Joni K (kameraku), rusak. Masalah lama rupanya muncul lagi. Gear lensanya macet dan membuat lensa ga bisa bergerak. Ya sudah, apa boleh buat tidak ada foto-foto untuk bazaar kali ini. Sampai menjelang sore, ternyata tidak banyak pengunjung yang datang. Sesama pengisi stand jadinya malah punya banyak kesempatan untuk saling mengenal dan berbincang. Aku malah punya kesempatan untuk bikin pola binding baru dan malah kepikiran bikin buku tentang book binding heheheh.. (yang jelas baru bisa dikerjakan setelah buku tentang tobucil terbit).

foto diambil dengan menggunakan kameranya puri dari idekuhandmade

Sore, Puri dari Ideku Handmade muncul dengan tas besar berisi bahan-bahan workshop bikin boneka. Puri malah punya untukku. Sebuah kain bergambar perempuan Jepang, dia nemu kain itu di sebuah toko kain di Jakarta. Aneh juga karena biasanya aku dapat kain kaya gini biasanya oleh-oleh dari Jepang. Aku suka gambarnya, lagi mikir bagusnya dibikin apa ya..

Workshop membuat boneka yang dipandu oleh Puri, berlangsung meriah. Para peserta nampak khusyu mengikutinya. Selesai memberikan workshop, giliran Puri yang ikutan workshop singkat Yubiami. Lepas magrib, Aku dan Puri berpisah. Puri harus kembali pulang.

Bazaar ini sebenarnya bisa berlangsung sampai pk. 23.00. Namun, Aku, Mei, Naini dan Agni yang juga dari Bandung, memutuskan untuk selesai sampai pk. 20.00. Agni mengambil alih kemudi. Perlahan tapi pasti, kami bergerak kembali ke Bandung. Sempat berhenti sejenak di rest area di wilayah Purwakarta. Perlu nambah bensin dan juga minuman ringan. Tengah malam, kami sampai di Bandung. Alhamdulillah semua kami semua selamat sampai tujuan.

Beginilah dinamika 'ngamen' di bazaar. Ada kalanya bazaar berjalan seperti harapan, namun ada saatnya jauh dari harapan sama sekali. Satu hal pelajaran yang pasti dan akan selalu aku catat:
Jangan lupa periksa ban mobil sewaan, jangan mau terima mobil dengan kondisi ban yang sudah tipis karena itu sangat berbahaya dan simpan nomer info layanan jalan tol, karena kita ga pernah tau kapan akan membutuhkannya.

Hadiah dari Puri, thanks ya.. :)

Informasi Jalan Tol Cikampek Jakarta - Cikampek 021-8226666, 021-70247709
Informasi Jalan Tol Dalam Kota Cawang -Cengkareng 021-8011735, 021-8007738
Informasi Jalan Tol Dalam Kota Cawang-Tanjung Priok 021-6518350, 021-65306930
Informasi Jalan Tol JORR Serpong - Rorotan 021-9201111
Informasi Jalan Tol Jagorawi Jakarta - Bogor - Ciawi 021-9177777
Informasi Jalan Tol Medan Belmera (Medan) 061-6611701
Informasi Jalan Tol PT. Jasa Marga DKI Jakarta (021) 8413630, 8413526
Informasi Jalan Tol Palimanan Palimanan - Kanci 0231-484268
Informasi Jalan Tol Purwakarta Purwakarta - Bandung 022-2021666, 022-91196666
Informasi Jalan Tol Semarang Semarang 024-7607777
Informasi Jalan Tol Surabaya Surabaya - Gempol 031-5624444
Informasi Jalan Tol Tangerang Jakarta - Tangerang 021-9199999, 0812-8199991

Comments

martha puri said…
wah mbak tarlen, bener bgt, memang bazar susah diprediksi. aku pernah bazar yg sewanya mahal, tapi sepiii bgt pembelinya.
giliran kemarin aku diajak bazar gratisan (di dalam komplek perumahan pula), aku udah under estimated duluan. aku pikir yaahh nothing to loose lah, eh ternyata malah laku bgt jualanku. (ini mgkn yg namanya rejeki ya, kl bkn rejekinya, mgkn di bazar yg lain dptnya..hihi)
btw info2 tol itu penting bgt! thanks infonya. mau aku catet supaya perjalanan lbh nyaman. thanks mbak...
MEI SULING said…
ya amplop....makasih buat info jalan tol nya! yah mudah-mudahan rejeki di lain kesempatan yah len... :)
tapi kan kita jadi tau, gimana caranya ganti ban mobil...hihih, dasar wanita.
vitarlenology said…
hehehhehe itu gunanya bapak-bapak panggilan petugas jalan tol.. tapi kalau sehari dia ketemu 10 perempuan-perempuan yang ga bisa ganti ban.. lumayan gempor juga ya.. jadi petugas ganti ban keliling.. hihihihi..
amesh said…
hihihihihi aku sama lia space juga tadinya mau ikut tapi pas last minute batal.. ternyata ada kalian yaaa tau gitu kopdar :P
amesh said…
hihihihihi aku sama lia space juga tadinya mau ikut tapi pas last minute batal.. ternyata ada kalian yaaa tau gitu kopdar :P
vitarlenology said…
wahhh coba kamu jadi ikut mesh.. pasti lebih seru kopdarnya daripada bazaarnya.. hehehhehe..

Popular posts from this blog

Hari #16: Cara Membuat Kantong 'Gehu' Kertas Dari Kertas Bekas

Tadi itu temenku telpon, "len, request dong.. bikinin tutorial cara bikin kantong gehunya tobucil.. temen nih pengen bikin, tapi lupa lagi caranya.." sebenarnya aku udah pernah bikin tutorial ini dalam bentuk ilustrasi yang dibikin sahabatku tanto, tapi ga ada salahnya aku bikin lagi khusus buat ramadhan tutorial project kali ini. Kantong gehu, begitulah aku dan teman-teman di tobucil menyebutnya. Karena kantong kertas macam ini biasanya dipakai buat bungkus gorengan (gehu,cireng, bala-bala, pisang, combro.. :D), tapi sejak awal tobucil berdiri, 2001, kantong kertas dari kertas bekas ini sudah dipakai untuk pengganti kantong kresek. Jadi teman-teman yang udah pernah berkunjung dan berbelanja di tobucil, pasti pernah bertemu dengan si kantong gehu ini. Caranya gampang banget.. Oya tutorial kali ini aku dibantu oleh Ipey dan Agus Rakasiwi sebagai model tanpa wajah..

Bahan yang dibutuhkan: kertas bekas ukuran bebas, lem kayu (lem putih).

1. Lipat kertas 1/4 dari ukuran keseluruh…

22 Hari Mendaur Ulang: Membuat Buku Catatan Dari Barang Bekas

Dalam rangka memperingati Hari Bumi, bulan April 2015 lalu, aku membuat hastag khusus di instagram #22recyclednotebooks #22harimendaurulang. Selama 22 hari, mulai 1 sampai 22 April 2015 aku mempublikasikan 1 notebook yang kubuat dengan memanfaatkan bahan-bahan bekas sebagai sampulnya maupun sebagai isinya. Sehingga di Hari Bumi ada 22 ide notebook dari barang bekas. 
1 April 2015,  Disket Bekas Hari pertama dibuka dengan mendaur ulang disket bekas jadi notebook. Lumayan, temen-temen tau kalo aku pengumpul 'sampah' kaya begini jadi mereka suka buang sampah disket dengan mengirimkannya padaku makanya stok disket lumayan banyak😊 hayooo siapa yang belum pernah ngalamin ngetik dan di save di disket?
2 April 2015, Kardus Bekas Bir Notebook ini buat dari kardus bekas tempat bir corona. Aku suka dengan perpaduan warna kuning biru. Di bagian tengah ada pegangan untuk menjinjing. Tanpa mengurangi banyak bagian, akhirnya kardus bekas ini berubah jadi notebook yang cukup kuat.
3 April 2015, …

"Petra d/h Hosana" Tempat Berburu Manik-manik Murah di Bandung

Buat kamu yang di Bandung, yang bingung mencari di mana tempat mencari manik-manik: Jepang, kayu, kristal, dan perlengkapan jahit menjahit, ada tempat bernama Petra dulu bernama Hosana di Jalan Asia Afrika, hanya beberapa toko saja dari perempatan Jalan Asia Afrika dan Otista. Di Bandingkan dengan "Dunia Baru" di Otista (tunggu pembahasan berikutnya), Hosana lebih murah. Selain itu, cukup enak milih manik-manik dari berbagai jenis, karena pengaturannya yang di bikin seperti swalayan.

Selain itu, perlengkapan untuk kerajinan asesoris juga lumayan lengkap dan murah. Termasuk juga aneka tali untuk bikin kalung. Untuk peralatan jahit seperti pita-pita, renda, kancing, aplikasi, ga terlalu lengkap sih, ga selengkap Dunia Baru.

Sangat direkomendasikan untuk mencari perlengkapan kerajinan asesoris.
Alamat Jalan Asia Afrika (Dekat perempatan Otista) Bandung.