Skip to main content

Alat Pembuat Kancing Bungkus

Beberapa waktu lalu, mba Dina Santoso berkirim email padaku dan menanyakan soal alat pembuat kancing bungkus. Nah, postingan pertama di tahun ini akan menjelaskan tentang alat pembuat kancing bungkus yang aku punya dan cara kerjanya.

Alat pembuat kancing bungkus biasanya bentuknya seperti ini. Alat dengan model ini kelebihannya  bisa digunakan untuk membuat kancing dari berbagai macam ukuran sesuai dengan ukuran matras yang digunakan. Alat ini ukurannya tidak terlalu besar dan bisa di simpan di atas meja. Kira-kira tingginya sekitar 30 cm dan lebar 8 cm. Beratnya kira-kira 2kg.

Alat pembuat kancing dilengkapi dengan cetakan kancing yang disebut matras. Matras ini terdiri dari 3 bagian. Bagian bawah yang memiliki per, bagian atas dan alat untuk merapihkan kain yang akan dibuat kancing. Matras menjadi tempat untuk mencetak kancing yang terdiri dari dua bagian: mangkuk dan dtutupnya. Mangkuk kancing ini yang nanti akan dibungkus dengan menggunakan kain. Setiap bagian dijual secara terpisah. Biasanya jika kita membeli alat pembuat kancing, itu tidak termasuk matras dan mangkuk kancing.


 Mangkuk dan tutup kancing ini ukurannya berbeda beda. Jika kita ingin membuat ukuran yang bebeda, selain harus membeli mangkuk dan tutup yang berbeda ukuran, kita juga harus membeli matras yang berbeda sesuai dengan ukuran mangkuk. Bahan pembuat tutup kancing ini ada dua macam: yang terbuat dari plat alumunium dan juga plastik seperti pada gambar.


Cara membuat kancing bungkus dengan menggunakan alat ini adalah; pertama-tama kita siapkan kain bujur sangkar dengan sisi sepanjang diameter mangkuk di tambah 2cm. Simpan kain tersebut pada matras bagian atas, kemudian simpan mangkuk kancing di atasnya dan tekan sampai mangkuk kancing masuk ke dalam matras. Setelah itu rapihkan dengan menggunakan alatnya. Alat untuk merapihkan ini akan membantu mangkuk kancing terbungkus dengan sempurna oleh kain, terutama bagian tepinya.

 

Masukkan tutup kancing ke dalam matras bagian bawah. Lalu, Satukan matras bagian atas dan bawah dengan cara menutupkannya.




Putar tuas bagian atas sampai putaran maksimal, sampai matras bagian atas menekan matras bagian bawah, otomatis per pada matras bagian bawah akan ikut tertekan. Setelah itu, lepaskan putaran tuas. Buka matras bagian atas, maka jadilah kancing bukus dengan kain yang kita inginkan.

Oya, buat teman-teman yang berdomisili di Bandung, alat pembuat kancing bungkus ini di jual di toko-toko peralatan jahit di Cibadak dan jalan Otto Iskandar Dinata. Mangkuk dan tutupnya biasanya tidak bisa beli ecaran, minimal harus satu pak, isinya sekitar 144 buah. Alat ini akan bekerja dengan maksimal jika kita 'menempelkan' alat ini pada meja dengan menggunakan baut yang sudah disertakan dengan alat ini. Karena jika tidak di tempelkan akan merepotkan ketika alat ini bergerak-gerak saat digunakan, hasil yang didapat tidak akan maksimal.

Comments

happy said…
makasih.. kayaknya gampang ya.. kira-kira alat ini mahal gak?
vitarlenology said…
alatnya sekitar 150rb, matrasnya antara 50 sampai 75rb (semakin kecil ukurannya semakin mahal), trus mangkuk kancing dan tutupnya 1 pak sekitar 100rb
amesh said…
waaaaa semangat sekali di hari pertama januari! Salut!!
vitarlenology said…
resolusi 2011 mesh, lebih rajin ngeblog :)
neneng ceriwis said…
heuheuheu... jaman dulu gue suka main ma alat ini di rumah. Masih ada ga ya...
Joy said…
kalo di jakarta kancingnya bisa beli dimana? thx infonya :)
vitarlenology said…
joy, sepertinya kalau di jakarta di pasar pagi mangga dua
Nita indrayani said…
wah kebetulan lagi nyari mesin kancing ini dan di bdg blm tau tempatnya...makasih share infonya ya^^
Nita indrayani said…
Wah infonya pas banget...lg nyari mesin ini di bdg..thanks banget^^
KekeWang said…
Kira - kira kalo di jakarta beli dimana yaa alat begini???
Indah Utari said…
mba...
mau tanya, kalau yang jual beads, macam-macam kancing yang unik, murah, variatif, dimana yaa di daerah bandung? kalau boleh tau nama tokonya apa?
Aq mau belajar buat fabric accsessoris...

Mksiihhh banyakk :)
Indah Utari said…
mba ...
Mau tanya kalau yang jual beads dan kancing yang unik, murah, dan variatif di bandung di mana yaa? nama tokonya apa? (selain toko crayon, karena yang itu aq udah tau)
Aq mau belajar buat fabric aksesoris.

Mkasih :)
Titi Maryati said…
Kalau sy mau pesan alatnya bagaimana caranya ya? Ongkir ke kendari berapa?

Popular posts from this blog

22 Hari Mendaur Ulang: Membuat Buku Catatan Dari Barang Bekas

Dalam rangka memperingati Hari Bumi, bulan April 2015 lalu, aku membuat hastag khusus di instagram #22recyclednotebooks #22harimendaurulang. Selama 22 hari, mulai 1 sampai 22 April 2015 aku mempublikasikan 1 notebook yang kubuat dengan memanfaatkan bahan-bahan bekas sebagai sampulnya maupun sebagai isinya. Sehingga di Hari Bumi ada 22 ide notebook dari barang bekas. 
1 April 2015,  Disket Bekas Hari pertama dibuka dengan mendaur ulang disket bekas jadi notebook. Lumayan, temen-temen tau kalo aku pengumpul 'sampah' kaya begini jadi mereka suka buang sampah disket dengan mengirimkannya padaku makanya stok disket lumayan banyak😊 hayooo siapa yang belum pernah ngalamin ngetik dan di save di disket?
2 April 2015, Kardus Bekas Bir Notebook ini buat dari kardus bekas tempat bir corona. Aku suka dengan perpaduan warna kuning biru. Di bagian tengah ada pegangan untuk menjinjing. Tanpa mengurangi banyak bagian, akhirnya kardus bekas ini berubah jadi notebook yang cukup kuat.
3 April 2015, …

Hari #16: Cara Membuat Kantong 'Gehu' Kertas Dari Kertas Bekas

Tadi itu temenku telpon, "len, request dong.. bikinin tutorial cara bikin kantong gehunya tobucil.. temen nih pengen bikin, tapi lupa lagi caranya.." sebenarnya aku udah pernah bikin tutorial ini dalam bentuk ilustrasi yang dibikin sahabatku tanto, tapi ga ada salahnya aku bikin lagi khusus buat ramadhan tutorial project kali ini. Kantong gehu, begitulah aku dan teman-teman di tobucil menyebutnya. Karena kantong kertas macam ini biasanya dipakai buat bungkus gorengan (gehu,cireng, bala-bala, pisang, combro.. :D), tapi sejak awal tobucil berdiri, 2001, kantong kertas dari kertas bekas ini sudah dipakai untuk pengganti kantong kresek. Jadi teman-teman yang udah pernah berkunjung dan berbelanja di tobucil, pasti pernah bertemu dengan si kantong gehu ini. Caranya gampang banget.. Oya tutorial kali ini aku dibantu oleh Ipey dan Agus Rakasiwi sebagai model tanpa wajah..

Bahan yang dibutuhkan: kertas bekas ukuran bebas, lem kayu (lem putih).

1. Lipat kertas 1/4 dari ukuran keseluruh…

"Petra d/h Hosana" Tempat Berburu Manik-manik Murah di Bandung

Buat kamu yang di Bandung, yang bingung mencari di mana tempat mencari manik-manik: Jepang, kayu, kristal, dan perlengkapan jahit menjahit, ada tempat bernama Petra dulu bernama Hosana di Jalan Asia Afrika, hanya beberapa toko saja dari perempatan Jalan Asia Afrika dan Otista. Di Bandingkan dengan "Dunia Baru" di Otista (tunggu pembahasan berikutnya), Hosana lebih murah. Selain itu, cukup enak milih manik-manik dari berbagai jenis, karena pengaturannya yang di bikin seperti swalayan.

Selain itu, perlengkapan untuk kerajinan asesoris juga lumayan lengkap dan murah. Termasuk juga aneka tali untuk bikin kalung. Untuk peralatan jahit seperti pita-pita, renda, kancing, aplikasi, ga terlalu lengkap sih, ga selengkap Dunia Baru.

Sangat direkomendasikan untuk mencari perlengkapan kerajinan asesoris.
Alamat Jalan Asia Afrika (Dekat perempatan Otista) Bandung.