Skip to main content

5W + 1 H 'Craft for Humanity'

Teman-teman,
Untuk memperjelas gagasan tentang 'Craft for Humanity', aku coba bikin 5W + 1 H nya.

What: Apa itu Craft for Humanity?
Ajakan kepada para crafter untuk membuat karya-karya sederhana yang bisa menghibur saudara-saudara kita yang terkena musibah/bencana. Karya ini bisa berupa apa saja, sesuai dengan minat dan spesialisasi masing-masing.

When: Kapan kegiatan ini akan berlangsung?
Craft for Humanity ini akan menjadi ajakan permanen yang berlangsung terus menerus. Mengingat kita tinggal di daerah yang sangat rawan bencana.


Who: Siapa yang menjadi sasaran Craft for Humanity ini?
Saat ini karena saudara-saudara kita di Mentawai dan Merapi sedang terkena musibah, maka ajakan ini akan di fokuskan untuk membantu saudara-saudara di Mentawai dan Merapi. Craft for Humanity ini, terutama untuk membantu para manula, perempuan dan anak anak karena dalam setiap bencana ketika harus tinggal di barak penampungan mereka akan sangat kesulitan.

Where: Kemanakah bantuan dari Craft for Humanity bisa di salurkan?
Untuk bantuan Mentawai dan Merapi, teman-teman bisa mengirimkannya ke:
Tobucil & Klabs Jl. Aceh 56 Bandung 40113 T/F 022 4261548  
Karena kami membuka posko bantuan Mentawai dan Merapi. Untuk selanjutnya, teman-teman bisa mengorganisir kelompok masing-masing di setiap kota untuk memudahkan penyaluran bantuan atau melalui tobucil.

Why: Mengapa Craft for Humanity ini perlu dilakukan? 
Saatnya menggunakan bakat dan kemampuan yang dimiliki untuk membantu sesama dan menyebarkan kebahagiaan pada saudara-saudara kita yang sedang tertimpa musibah. Tidak ada benda yang bermakna, selain benda yang buat dengan cinta dan kasih sayang pada sesama manusia.


How: Bagaimana terlibat dalam Craft for Humanity?
  • Teman-teman bisa membuat benda-benda apa saja seperti yang biasa teman-teman buat. Misalnya: aku senang membuat notebook maka akan bisa membuat buku gambar, atau jurnal. Atau teman-teman The Men Who Knit untuk bencana Mentawai dan Merapi ini, mereka akan beryubiami untuk membuat syal rajutan. 
  • Selain membuatkan sesuatu, jika memungkinkan kita juga bisa menghibur anak-anak dan perempuan di tempat penampungan dengan memberi workshop mengajarkan mereka membuat benda-benda yang bisa menghibur mereka.
  • Teman-teman juga bisa menuliskan kata-kata penyemangat di karya itu untuk menyemangati saudara-saudara kita yang sedang tertimpa bencana, biar harapan mereka yakin mereka ga sendirian itu salah satu cara untuk menjaga harapan mereka tetap hidup.
  • Untuk teman-teman yang ingin membantu dalam bentu uang, silahkan langsung menyalurkan bantuannya melalui Palang Merah Indonesia Donasi Bencana Umum 1. Bank Mandiri KCP Jakarta Krakatau Steel, No.Rekening 070-00-0011601-7, atas nama Palang Merah Indonesia 2. Bank Rakyat Indonesia (BRI) KC Jakarta Pancoran, No.Rekening 0390-01-000030-3, atas nama Palang Merah Indonesia 3. Bank Central Asia (BCA) KCU Sudirman, No.Rekening 035.311223.3, atas nama Kantor Pusat PMI (Perhimpunan PMI)
    Donasi Menggunakan Mata Uang Dollar Amerika (USD)  Bank Mandiri KCP Jakarta Wisma Baja, No. Rekening: 070-00-0584905-9, Atas nama: Palang Merah Indonesia.
    Humas PMI +62.21.7992325
    E Mail : pmi@pmi.or.id


Jika ada saran dan masukan atau masih ada hal-hal yang kurang jelas, bisa hubungi aku via email.


xoxo
Tarlen vitarlenology@yahoo.com


Oya, hari minggu, 31 Oktober 2010, bagi teman-teman yang berdomisili di Bandung, Klab Merajut dan The Men Who Knit akan menyelenggarakan kegiatan merajut bersama untuk membantu korban bencana Mentawai dan Merapi, tempatnya di  Tobucil Jl. Aceh 56 Bandung, Pk. 12.00 - selesai. Ditunggu ya..:)

Comments

Amanda Putri said…
ikutan boleh ya mbaaa ^_^
vitarlenology said…
tentu, silahkan disebarluaskan pada teman-teman yang lain ya..
Amanda Putri said…
siipp. Nti aku posting di blog-ku.
Amanda Putri said…
Ups.. agar tak mengurangi maksud dan tujuannya, aku ijin copas ya mba Tarlen.
vitarlenology said…
silahkan loh.. ini bebas bisa di copas siapa aja..:)
mbak tarlen InsyaAllah nanti sore aku kirim :)
ReBorn said…
ini kunjungan perdana saya, terkesan dengan blog ini. ijin follow ya. :)
Andi Lia said…
Aku copas ke grup craft MPku ya mbak, makasii :)
siouxfairy said…
mbak kalo kaos desain sendiri bs ga?
kaosnya didesain sm aku dan temenku.

Popular posts from this blog

Hari #16: Cara Membuat Kantong 'Gehu' Kertas Dari Kertas Bekas

Tadi itu temenku telpon, "len, request dong.. bikinin tutorial cara bikin kantong gehunya tobucil.. temen nih pengen bikin, tapi lupa lagi caranya.." sebenarnya aku udah pernah bikin tutorial ini dalam bentuk ilustrasi yang dibikin sahabatku tanto, tapi ga ada salahnya aku bikin lagi khusus buat ramadhan tutorial project kali ini. Kantong gehu, begitulah aku dan teman-teman di tobucil menyebutnya. Karena kantong kertas macam ini biasanya dipakai buat bungkus gorengan (gehu,cireng, bala-bala, pisang, combro.. :D), tapi sejak awal tobucil berdiri, 2001, kantong kertas dari kertas bekas ini sudah dipakai untuk pengganti kantong kresek. Jadi teman-teman yang udah pernah berkunjung dan berbelanja di tobucil, pasti pernah bertemu dengan si kantong gehu ini. Caranya gampang banget.. Oya tutorial kali ini aku dibantu oleh Ipey dan Agus Rakasiwi sebagai model tanpa wajah..

Bahan yang dibutuhkan: kertas bekas ukuran bebas, lem kayu (lem putih).

1. Lipat kertas 1/4 dari ukuran keseluruh…

22 Hari Mendaur Ulang: Membuat Buku Catatan Dari Barang Bekas

Dalam rangka memperingati Hari Bumi, bulan April 2015 lalu, aku membuat hastag khusus di instagram #22recyclednotebooks #22harimendaurulang. Selama 22 hari, mulai 1 sampai 22 April 2015 aku mempublikasikan 1 notebook yang kubuat dengan memanfaatkan bahan-bahan bekas sebagai sampulnya maupun sebagai isinya. Sehingga di Hari Bumi ada 22 ide notebook dari barang bekas. 
1 April 2015,  Disket Bekas Hari pertama dibuka dengan mendaur ulang disket bekas jadi notebook. Lumayan, temen-temen tau kalo aku pengumpul 'sampah' kaya begini jadi mereka suka buang sampah disket dengan mengirimkannya padaku makanya stok disket lumayan banyak😊 hayooo siapa yang belum pernah ngalamin ngetik dan di save di disket?
2 April 2015, Kardus Bekas Bir Notebook ini buat dari kardus bekas tempat bir corona. Aku suka dengan perpaduan warna kuning biru. Di bagian tengah ada pegangan untuk menjinjing. Tanpa mengurangi banyak bagian, akhirnya kardus bekas ini berubah jadi notebook yang cukup kuat.
3 April 2015, …

"Petra d/h Hosana" Tempat Berburu Manik-manik Murah di Bandung

Buat kamu yang di Bandung, yang bingung mencari di mana tempat mencari manik-manik: Jepang, kayu, kristal, dan perlengkapan jahit menjahit, ada tempat bernama Petra dulu bernama Hosana di Jalan Asia Afrika, hanya beberapa toko saja dari perempatan Jalan Asia Afrika dan Otista. Di Bandingkan dengan "Dunia Baru" di Otista (tunggu pembahasan berikutnya), Hosana lebih murah. Selain itu, cukup enak milih manik-manik dari berbagai jenis, karena pengaturannya yang di bikin seperti swalayan.

Selain itu, perlengkapan untuk kerajinan asesoris juga lumayan lengkap dan murah. Termasuk juga aneka tali untuk bikin kalung. Untuk peralatan jahit seperti pita-pita, renda, kancing, aplikasi, ga terlalu lengkap sih, ga selengkap Dunia Baru.

Sangat direkomendasikan untuk mencari perlengkapan kerajinan asesoris.
Alamat Jalan Asia Afrika (Dekat perempatan Otista) Bandung.