Saturday, September 4, 2010

Hari #25: Dompet Tabung Dari CD Bekas

Menjawab tantangan Mba Diana Kea untuk mendaur ulang CD bekas, aku coba-coba membuat ini, setelah jadi baru deh kepikiran, kenapa di giniin aja atau di gituin aja.. hehehehe.. semoga tutorial ini bisa menjadi pemancing untuk memberi alternatif lain dalam mendaur ulang CD bekas.

Bahan yang dibutuhkan: resleting 17cm, CD bekas, kain perca, solder untuk melubangi CD, jarum dan benang.

1. Potong dua lembar kain sepanjang resleting lebar terserah bergantung keinginan. Potong juga dua kain, selebar resleting + 2 sambungan kain sisi kiri dan kanan. Potong kain untuk membuat tali pegangan.

2. Jahit potongan-potongan kain tadi seperti pada foto.

3. Nyalakan solder dan lubangi CD dengan jarak masing-masing lubang kira-kira 1 cm. Pegang solder tegak lurus dan hati-hati jangan sampai kepegang bagian besinya karena panas banget.

4. Setelah selesai kamu akan mendapatkan CD yang sudah dilubangi seperti ini.

5. Mulailah menjahitkan kain pada CD dengan menggunakan jarum dan benang. Ingat jarak jahitan dengan tepian kain harus sama lebarnya, kalau beda, nanti hasilnya tepian tabung akan mencong-mencong tidak lurus.

6. Setelah selesai menjahit satu sisi kain pada satu keping CD, mulaikan menjahit pada sisi yang lain dan keping CD satunya.

 7. Setelah kain terjahit pada 2 keping CD, jahit sisi tabung yang masih terbuka dengan menggunakan jarum dan benang.

8. Setelah selesai, maka selesailah sudah pembuatan dompet tabung dari CD bekas.

Ngomong-ngomong setelah selesai membuat ini, aku baru kepikiran, kenapa posisi resletingnya ga kubuat lebih pendek salah satunya (ga sama besar kiri kanan, seperti yang aku buat) biar kaya kaleng yang bisa dibuka gitu..mmm.. ntar nyoba lagi deh..

4 comments:

sica said...

wuiiihh, eduunn.... aya aya wae neng tarlen... :D

ada juga yang ngebuat tumpukan CD jadi lampu...

http://www.diylife.com/2007/12/27/your-very-own-cd-tower-lamp/

tapi duaduanya terlalu advanced buatku :p

vitarlenology said...

aku ada ide lagi bikin lampion, basicnya dari tutorial ini.. ntar kalo dah jadi aku posting ya..

zuperdzigh said...

lucu banget Mbak :)
sama sekali ga kepikiran CD bisa "dijahit"

Dienius said...

Kreatif visan neng,
Saya lagi nayri cara ngelubangin cd,
nemu teknik pake SOLDER
kenapa nggak kepikir ya ?

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...