Thursday, September 2, 2010

Hari #23: Membuat 'Benang Rajut' Dari Kantong Kresek

Hari ini aku mau memberikan tutorial sederhana bagaimana memanfaatkan kantong kresek menjadi benang/tali untuk merajut. Aku tuh benci banget sama kresek apalagi yang berwarna hitam apalagi kalau berminyak.. duhhh... menjijikan. Tapi kantong kresek hitam ini termasuk yang paling banyak ditemui, karena lebih murah dibandingkan dengan jenis kresek lainnya. Kresek hitam ini adalah hasil daur ulang yang paling akhir, artinya itu dia ga bisa didaur ulang lagi dan kualitas plastiknya juga cukup rendah di bandingkan yang lain. Menjadikan kresek hitam ini sebagai 'benang rajut' bisa memberi nilai dan fungsi baru, sekaligus bisa mengurangi keberadaannya (asal semua orang mulai membawa tas belanja sendiri dan menolak si kresek hitam ini.

Bahan yang dibutuhkan: Kresek hitam, gunting dan alat merajut (bisa bray pen atau crochet hook)

Rapikah kantong kresek sesuai dengan lekukannya ketika dia belum dipergunakan.

Lipat jadi dua memanjang, seperti pada foto.

Lalu lipat lagi menjadi dua bagian atau seperempat dari ukuran aslinya.

Gunting bagian dasar kresek, lalu gunting kira-kira 2 cm seperti tampak pada foto. Jika lipatannya dibuka, maka guntingan kresek tadi akan membentuk gelang-gelang plastik.

Setelah itu, ikat gelang plastik satu dengan yang lain dengan cara mempertemukan salah satu sisi dengan sisi yang lain.

Masukan sisi yang lain kedalam bagian tengah irisan pertemuan dua gelang tadi.. kalau penjelasannya kurang jelas, silahkan lihat foto.

Tarik, tapi jangan terlalu keras biar sambungannya lebih kuat dan kencang.

Panjang tali bisa ditambah sesuai dengan kebutuhan dan warnapun bisa dikombinasi sesuai dengan rajutan yang akan dibuat.

Setelah itu maka kamu akan mendapatkan alternatif benang rajutan yang bisa kamu rajut atau renda sesuai denga keinginanmu sekaligus juga kamu bisa mengurangi sampah kresek hitam yang ada disekelilingmu...:)

6 comments:

mbak dan said...

aku pernah nyoba, ngga 2 cm tapi 1 cm lebih.. oke juga kok, apalagi kalo untuk hakpen yang lebih kecil :p sukanya pake kantong yang bergambar atau bewarna.. semburnya jadi lucuuu :D

Andi Lia said...

Waa, keren2, kresek aja bisa jadi alternatif benang rajut!

vitarlenology said...

mba dan: kalo kresek yang lebih tebal sebenernya ada lagi cara pengolahan yang lain, ntar kalo keburu aku posting di tutorial beberapa hari ke depan..:)

mba andi lia: iya mba kalo dah liat jadinya, ga keliatan dari kresek asal bisa bikin model yang pas aja..

afini dwinastary said...

waw,, bagus!! aku terpana melihatnya hehehe
Likes!

Uty said...

Aku jg lg bikin mba tas dr kresek, tp aku ngga di gunting putus jd gelang2 aku gunting serong jd kreseknya panjang, sayang karna malas dah empat bulan tas nya ngga jadi2

vitarlenology said...

sama ty, aku juga ada tas yang aku rajut dari kresek sampe sekarang belum jadi-jadi.. hehehhehe

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...