Skip to main content

Ramadhan Tutorial Project

Beberapa waktu lalu, aku teringat pada kenangan masa kecil ketika bulan ramadhan tiba. Selama ramadhan, aku dan teman-teman bermain, biasanya akan sibuk sekali menciptakan banyak kegiatan untuk mengisi hari-hari di bulan ramadhan. Kata orang Sunda istilahnya 'ngabuburit' (mengisi waktu sambil menunggu buka puasa tiba). Kegiatan masa kecil dibulan ramadhan dulu, sungguh bermacam-macam, mulai dari bikin mainan sendiri seperti funiture dari dus-dus bekas untuk mainan rumah-rumahan, mainan wayang-wayangan (bikin wayang dari karton, layarnya dari kertas putih dan pasang lilin untuk menciptkan bayangan wayang di layar putih), bikin boneka-bonekaan dari kain-kain perca lengkap dengan baju-bajunya, apapun yang bisa dibikin bersama dan dimainkan bersama pula, pasti kami lakukan.

Kenangan masa kecil yang semangatnya masih terjaga sampai sekarang, membuatku ingin mengajak teman-teman berbagi semangat berkarya dan juga berbagi tutorial selama bulan ramadhan dalam 'ramadhan tutorial project'. Mari saling berbagi tutorial di bulan ramadhan, siapa tau bisa mengurangi tingkat konsumsi yang biasanya justru lebih tinggi saat ramadhan (karena persiapan hari raya) dibanding bulan-bulan sebelumnya. Siapa tau banyak ide segar untuk hari raya yang murah meriah dan mudah dilakukan. Mari berbagi ide-ide kreatif sesederhana apapun itu, karena berbagi selalu terasa menyenangkan.  Bagi teman-teman yang berminat bergabung dalam ramadhan tutorial project ini, silahkan pasang badgenya di blog masing-masing dan bisa saling memasang link blog teman-teman yang bergabung dalam project ini. Mari berbagi tutorial sebanyak mungkin selama bulan ramadhan ini. Project ini akan berlangsung sebulan penuh, dimulai pada hari pertama bulan ramadhan dan berakhir di hari terakhir bulan ramadhan.

salam hangat,
tarlen

copy badge ukuran 200px X 200px

Comments

happy said…
wow.. gak sabar nih, pengen cepet puasa, sayang komputerku lagi sakit jadi ga bisa nyimpen button-nya...
vitarlenology said…
ga papa yang penting tutorialnya.. ditunggu postingan ramadhan tutorialnya..
cecilliahidayat said…
wah nice idea mbak Tarlen *sambil mikir mau sharing tutorial apa yah* :D
vitarlenology said…
hihihihih.. aku aja lagi bikin list nih, tutorial yang mau dibikin selama sebulan apa aja..
Amanda Putri said…
wahh kayaknya seru niih. Boleh ikutan ya mbaa *sambil mikir mo bikin tutorial apa*
ningtyas said…
mau ikutan ya teh....mudah mudahan pas kuliahnya ga sibuk:) bisa ikutan bikin tutorial..hehehe
Dewi Citra Sari said…
ikut aja ah.. walau belom ada ide tutorial apa pun, aku co-pas buttonnya ya...
eMjealmedine said…
ikut2,,!!

mgkin akq bagi2 resep ramadhan aja kali ya?! hehe.. sesuai dn tema blog aq..
vitarlenology said…
halo mba, kutunggu ya postingan nya..:)

Popular posts from this blog

Hari #16: Cara Membuat Kantong 'Gehu' Kertas Dari Kertas Bekas

Tadi itu temenku telpon, "len, request dong.. bikinin tutorial cara bikin kantong gehunya tobucil.. temen nih pengen bikin, tapi lupa lagi caranya.." sebenarnya aku udah pernah bikin tutorial ini dalam bentuk ilustrasi yang dibikin sahabatku tanto, tapi ga ada salahnya aku bikin lagi khusus buat ramadhan tutorial project kali ini. Kantong gehu, begitulah aku dan teman-teman di tobucil menyebutnya. Karena kantong kertas macam ini biasanya dipakai buat bungkus gorengan (gehu,cireng, bala-bala, pisang, combro.. :D), tapi sejak awal tobucil berdiri, 2001, kantong kertas dari kertas bekas ini sudah dipakai untuk pengganti kantong kresek. Jadi teman-teman yang udah pernah berkunjung dan berbelanja di tobucil, pasti pernah bertemu dengan si kantong gehu ini. Caranya gampang banget.. Oya tutorial kali ini aku dibantu oleh Ipey dan Agus Rakasiwi sebagai model tanpa wajah..

Bahan yang dibutuhkan: kertas bekas ukuran bebas, lem kayu (lem putih).

1. Lipat kertas 1/4 dari ukuran keseluruh…

22 Hari Mendaur Ulang: Membuat Buku Catatan Dari Barang Bekas

Dalam rangka memperingati Hari Bumi, bulan April 2015 lalu, aku membuat hastag khusus di instagram #22recyclednotebooks #22harimendaurulang. Selama 22 hari, mulai 1 sampai 22 April 2015 aku mempublikasikan 1 notebook yang kubuat dengan memanfaatkan bahan-bahan bekas sebagai sampulnya maupun sebagai isinya. Sehingga di Hari Bumi ada 22 ide notebook dari barang bekas. 
1 April 2015,  Disket Bekas Hari pertama dibuka dengan mendaur ulang disket bekas jadi notebook. Lumayan, temen-temen tau kalo aku pengumpul 'sampah' kaya begini jadi mereka suka buang sampah disket dengan mengirimkannya padaku makanya stok disket lumayan banyak😊 hayooo siapa yang belum pernah ngalamin ngetik dan di save di disket?
2 April 2015, Kardus Bekas Bir Notebook ini buat dari kardus bekas tempat bir corona. Aku suka dengan perpaduan warna kuning biru. Di bagian tengah ada pegangan untuk menjinjing. Tanpa mengurangi banyak bagian, akhirnya kardus bekas ini berubah jadi notebook yang cukup kuat.
3 April 2015, …

"Petra d/h Hosana" Tempat Berburu Manik-manik Murah di Bandung

Buat kamu yang di Bandung, yang bingung mencari di mana tempat mencari manik-manik: Jepang, kayu, kristal, dan perlengkapan jahit menjahit, ada tempat bernama Petra dulu bernama Hosana di Jalan Asia Afrika, hanya beberapa toko saja dari perempatan Jalan Asia Afrika dan Otista. Di Bandingkan dengan "Dunia Baru" di Otista (tunggu pembahasan berikutnya), Hosana lebih murah. Selain itu, cukup enak milih manik-manik dari berbagai jenis, karena pengaturannya yang di bikin seperti swalayan.

Selain itu, perlengkapan untuk kerajinan asesoris juga lumayan lengkap dan murah. Termasuk juga aneka tali untuk bikin kalung. Untuk peralatan jahit seperti pita-pita, renda, kancing, aplikasi, ga terlalu lengkap sih, ga selengkap Dunia Baru.

Sangat direkomendasikan untuk mencari perlengkapan kerajinan asesoris.
Alamat Jalan Asia Afrika (Dekat perempatan Otista) Bandung.