Thursday, August 19, 2010

Hari #9: Membuat Dompet Kubus Serba Guna

Setelah kemarin membuat tag buat tas, hari ini aku mau mengajak teman-teman semua membuat dompet kubus serba guna. Menjelang mudik nanti, dompet-dompet seperti ini akan sangat terasa manfaatnya: untuk menyimpan peralatan mandi, kabel-kabel charger hp, laptop, obat-obatan dll. Aku pribadi paling ga suka benda-benda seperti itu tercecer di dalam tas. Semua ada tempatnya dan ketika dibutuhkan tidak sulit mencarinya.

Bahan yang dibutuhkan: Kain dua macam motif, resleting (panjangnya sesuai dengan kebutuhan), gunting, mesin jahit.


1. Potong dua macam kain tadi dengan ukuran yang sama besar. Lalu potong selembar lainnya dengan ukuran yang lebih kecil untuk talinya.

2. Jahitkan resleting diantara dua lembar kain yang sudah dipotong tadi. Lihat contoh. Ulangi untuk sisi kain dan bagian resleting yang satunya lagi. Setelah resletingnya terpasang, hasilnya akan seperti pada foto.
3. Jahit potongan kain yang lebih kecil tadi, untuk tali pegangannya.

4. Lipat tali pegangan menjadi dua bagian, lalu selipkan diantara badan dompet yang sudah terlipat dengan posisi resleting pada bagian tengah. Lihat foto biar jelas. Lalu jahit sisi-sisinya.

5. Untuk menutup bekas jahitan, gunting kain membentuk ban untuk pinggiran lalu jahitkan. Lihat foto. Ulangi pada sisi jahitan yang satunya lagi.


6. Setelah selesai, buatlah sudut pada ujung sambungan, lalu jahit vertikal sejajar dengan posisi resleting, untuk memberikan volume pada dompet. Lihat gambar. Ulangi pada tiga sisi yang lain, sehingga terbentuklah dompet kubus, seperti pada gambar.

7. Terakhir, untuk merapikan jahitan volumenya, gunting sisa kain, lalu tutup bekas jahitan dengan menjahitkan kain sebagai penutup pinggiran, seperti tampak pada gambar. Selesai sudah dompet kubus serba guna.


5 comments:

Amanda Putri said...

Keren mba!!
Btw.. itu kainnya kain apa ya??

vitarlenology said...

aku pake kain buat sprei..

riesta said...

yaaa,,,pake jait menjait...
aku gak bisa....hehehe

iMoeD GaLLeRy said...

baru liat blog nya.... bagus",, jd pengen coba ^-^

Diah K Eryando said...

ini lokasinya dimana? bisa minta tolong buatin ga?

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...