Search This Blog

Loading...

Monday, August 16, 2010

Hari #6: Cara Membuat Kotak Serba Guna Dari Kardus Bekas


Hari #6, mari kita membuat kotak serba guna. Biasanya menjelang hari raya begini, udah pada mulai sibuk beres-beres rumah. Kotak serbaguna seperti ini biasanya diperlukan untuk menyimpan barang-barang yang terpakai maupun yang tidak. Caranya sangat mudah, karena tidak perlu membuat kotak  dari kardus baru, cukup dengan memanfaatkan kardus bekas dan sedikit sentuhan saja.


Bahan yang diperlukan: Dus bekas kertas (yang ada tutupnya), plastik bercorak buat taplak meja (mengapa menggunakan plastik taplak, bukan kain atau kertas? tujuannya biar umur dus jadi lebih lama, karena tidak mudah rusak karena basah), tali tas, lem aibon, doule tape, kancing ukuran disesuaikan dengan lebar tali tas 4 buah), jarum dan benang, karton untuk lapisan dalam), jarum pentul.

 1. Potong plastik taplak dengan ukuran setinggi dus (lebihi beberapa cm dibagian atas dan bawahnya) dengan panjang sesuai dengan ukuran keliling dus.


2. Lumuri sisi dus dengan lem aibon, kemudian tempelkan plastik taplak membungkus keliling dus.

3. Setelah selesai dilapisi plastik taplak, dus akan tampak seperti pada foto.

4. Rapihkan bagian atas dengan menggunakan lem, dengan melipat plastik taplak yang tersisa ke dalam dus. Sementara bagian bawah, ditempelkan ke permukaan dus bagian bawah.

5. Potong plastik taplak seukuran bagian dasar dus, lalu tempelkan.


6. Lakukan langkah serupa untuk melapisi tutup dus dengan plastik taplak meja. Mulai dengan bagian sisi tutup dusnya terlebih dahulu, baru kemudian bagian atas tutup.

7. Setelah dus dan tutupnya tertutupi plastik taplak, hasilnya akan seperti pada foto.

8. Berikutnya adalah memasangkan tali pada dus, agar kotak yang dihasilkan nanti bisa dipindah-pindahkan dengan mudah. Tali tas, diukur dan dipasangkan seperti pada foto.

9. Pasangkan dulu tutupnya, untuk menandai sebelah mana kancing yang digunakan untuk menempelkan tali tas akan dipasang pada dus. Tandai dengan menggunakan jarum pentul.  Jika sudah pas, tempel tali tas pada beberapa bagian dus dengan menggunakan double tape.

10. Setelah itu, jahitkan kancing pada bagian yang tadi sudah ditandai dengan jarum pentul. Kancing ini dipasang dibawah tutup, agar tali yang terpasang tidak mengahalangi tutup dus.

11. Setelah kancing terpasang, untuk merapikan bagian dalamnya, tempelkan karton mengelilingi bagian dalam dus. Lakukan hal yang sama pada bagian tutup. Maka selesailah sudah kotak serba guna dari dus bekas.


Kotak sudah siap digunakan dan bisa ditenteng dengan mudah kemana-mana.

8 comments:

MEI SULING said...

mauuu dongggg!

cecilliahidayat said...

Mbak Tarleeennn luar biasa deh idenya gak abis-abis! :D
Mbak aku ijin ikutan proyek tutorialnya yah hehe :D baru sok-sokan ngepost tutorial juga hihi :p

Dinny Kus Andiany said...

Mba Tarlen keren bangettt, makasih banyak ya

Amanda Putri said...

Ya ampun mbaa.. aku sering bikin kotak gini. Kadang dari kotak sepatu juga. Tapi ga pernah kepikiran bikin tutorialnya.
Ckckckckc... hebat deh mba.

Himitsu Me said...

Mbak Tarlen, beli tali tas gitu di mana ya? Baru tau ada yg jual gulungan begitu.

fae chan said...

salam kenal mb tarlen..newbie nich mb..karya2 mb tarlen top banget deh..aq sukaaa..bgt..ijin share ke blog aq ya mb..tankyu so much..

Tarlen Handayani said...

salam kenal juga fae.. terima kasih sudah berkunjung.. silahkan kalau mau di share.. :)

edysantozo said...

Mbak Tarlen , ijin share ya di blog q

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...