Search This Blog

Loading...

Monday, August 23, 2010

Hari #13: Membuat Jepit Rambut Dari Sisa Pita dan Kancing

  
 Hari ini aku teringat pada apa yang aku lakukan waktu masih duduk di Sekolah Dasar di saat-saat puasa seperti sekarang ini. Membuat jepit rambut. Dulu aku hobi banget yang namanya bikin jepit rambut. Sampai-sampai aku punya kotak khusus isinya jepit rambut koleksiku. Mungkin karena dulu rambutku selalu panjang jadi senang sekali mengepang atau mengikatnya dengan aneka jepit rambut. Makanya hari ini aku mau berbagi tutorial sederhana ini tentang bagaimana membuat jepit rambut yang dulu sering aku buat.  


Bahan yang dibutuhkan: Pita-pita, jepit rambut, lem (bisa lem UHU atau lem bakar/glue gun), kancing-kancing bungkus atau bisa kancing apapun yang  berukuran besar atau sedang, gunting. 


1. Potong pita dengan ukuran yang berbeda-beda, biar nanti kalau disusun akan terlihat berundak seperti tangga.


 
2. Lem bagian ujung-ujungnya, lalu temukan dengan ujung lainnya, sehingga membentuk gelang.  

 
3. Lem bagian tengah dalam, lalu rekatkan kedua sisinya sehingga gelang tadi membentuk pita seperti pada foto. 

 
 
4. Susun mulai dari ukuran yang paling besar di bawah, sampai yang paling kecil di atas. Setelah itu rekatkan dengan menggunakan lem di bagian tengahnya (tidak perlu dilumuri lem disemua bagian). lalu tempelkan jepit rambut pada bagian yang paling bawah.

 
5. Untuk mengikatnya biar lebih kuat, gunting pita, lalu rekatkan di tengah-tengah sampai mengelilingi pita yang sudah menempel pada jepit. 


Pita juga bisa digantikan oleh kancing-kancing dengan cara menempelkan langsung kancing pada permukaan jepit rambut yang sudah diberi lem.  Atau juga bisa mengkombinasikan antara pita dan kancing. Bebas aja..:) 


  

1 comment:

cecilliahidayat said...

eh sama hobinyah! hahahah tapi kalo aku bikin jepitnya dari bungkus permen bekas...hihihi

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...