Skip to main content

Hari #1 : Cara Membuat Sampul Buku


Halo teman-teman, aku akan memulai Ramadhan Tutorial Project, dengan sebuah tutorial sederhana ini. Oya, sebelumnya selamat menjalankan ibadah puasa bagi yang menjalankan ya. Aku sebenernya udah sering banget bikin sampul macam ini, karena aku senang sekali menyelipkan sesuatu di saku dalamnya. Nah untuk sampul yang aku buat kali ini, khusus untuk buku kas yang biasanya selipannya lebih banyak karena ada berkas-berkas bon pengeluaran, faktur penitipan barang, dst. Biar semua itu ga berceceran, sampul kali ini aku beri banyak saku. Di cover depan, belakang juga dalamnya.

Pertama-tama, siapkan dulu buku yang akan disampuli dan juga kain-kain yang akan dipergunakan. Beberapa jenis dan kombinasi akan lebih baik.

Setelah itu, ukurlah keliling buku, kemudian tingginya. Bisa diberi lebih 0.5 cm dari ukuran aslinya untuk memberi sedikit ruang dan biar nanti pas bukunya dimasukan ke sampul tidak terlalu sulit. Setelah ketauan ukuran keliling, tambahkan minimal setengah panjang buku, di kiri dan kanan untuk bagian saku dalam.

 Potong kain corak lain seukuran keliling buku dan tinggi setengah tinggi buku, untuk saku bagian luar.

Jahit saku bagian luar terlebih dulu pada kain sampul.  Demikian pula tutup saku. 

Setelah saku luar dijahit di kain sampul, hasilnya akan tampak seperti pada foto di atas.

Sebelum menggabungkan lipatan saku sampul bagian dalam dengan sampul bagian luar, potong kain corak lain dengan ukuran selebar ruang antara saku sampul dalam bagian kiri dan kanan dengan dilebihi beberapa cm. Seperti tampak pada foto.
Sebelum lipatan disambungkan, balikkan kain, lalu lipat saku saku sampul bagian dalam kiri dan kanan ke dalam, setelah itu, bidang antaranya di tutup oleh kain yang tadi di potong untuk menutupi tengah-tengahnya. Garisi dengan menggunakan kapur jahit, sesuai dengan ukuran buku, biar nanti pas menjahitnya ga bengkok-bengkok. Kemudian jahit bagian atas dan bawahnya saja.
Setelah di jahit hasilnya akan seperti ini. 

Setelah di balik maka hasilnya terlihat seperti ini.

Maksukan sampul buku ke dalam sampul yang sudah selesai di jahit. 


Masukan berkas-berkas ke dalam saku-saku yang ada di sampul bagian luar.


Selain tidak tercecer, berkas akan tersimpan lebih rapi.

Selama mencoba ya..:) Selamat berbuka puasa juga..

Comments

terima kasih mbak tarlen tutorialnya...
ditunggu tutorialnya lagi lagi lagi dan lagi,huhu...

xo
vitarlenology said…
ikuti terus ya ramadhan tutorial projectku, ada tutorial setiap hari..
vitarlenology said…
This comment has been removed by the author.
tiap hari!!!!
Tarlen Hebat!!! Jadi semangat juga nih!
vitarlenology said…
ayo shali, kutunggu tutorialnya juga ya.. asyikkk seneng kalo pada ketularan semangat..:)
ch said…
wah tiap hariiii :D hebat mbak Tarlen! *duh pengen ikutan tp bikin tutorial apa yah binung bisanya cuma doodling* :(
Amanda Putri said…
Huaaa keren nih. Makasih ya mba Tarlen. Aku tunggu tutorial berikutnya :D
screencast said…
asik asik tiap hari ada tutor :D ehehehe :)

Ojan.
fitri sukma said…
cool.... terimakasi mbak tarlen.. hihii
great inspiration :), waduuhhh belun sempet ke tobucil lagi padahal ingin beli notes.. slamat puasa mbak :)
arumdyah said…
mb Tarlen..sy dateng komen lagi..dan dateng belajar lagi dari blog nya mba:D
mudah mudahan ramadhan bisa ikutan bikin tutorial juga..nanti kalo dah buat saya laporan, mb main ya ke blog saya..hehehe
Puwi said…
master of notebook in action... :)
mbak tarlen kl buat buku bisa rapiiiiiihhh bgtttt..
thx 4 totonya mbak..
Puwi said…
*maksudku tuto mbak...hihihi.. kepleset :p
Unknown said…
Waduh, keren pisan nih, buat aku mas pas pisan, ada saku pernak-pernik kertasnya...hatur nuhun, mbak Tarlen :)
vitarlenology said…
terima kasih teman-teman semua.. semoga ramadhan tutorial projectnya bisa full 30 hari dengan 30 tutorial ya.. :)
happy said…
lagi kepikiran pengen buat sampul qur'an ...eh pas banget ada tute-nya. makasih ya...
I. Widiastuti said…
ada bookplate yang kukenal hahahah. hari ini buka puasanya pakai tutorial apa ya?
berries said…
iiih.. ok banget sih mbakk !
mau lagii dan lagiii :))
aduhhh idenya brilian banget mbak...
makasi yaaa....banyak pahala krn udh sharing utk mbak tarlen..aminnn
Anonymous said…
mantab... keren ... nhn sharing ilmunya, pasti bermanfaat
Citra said…
Keren euy...
Mbak aku tambah link tutorialmu ke sidebar di blogku ya..
tutorialku belum jadi :(
vitarlenology said…
dengan senang hati mba dewi.. aku seneng kalo tutorial ini bisa berguna buat banyak orang.. :)
Greaattt kerren mbak tarlen .. makasih ya udah menginspirasi byk org2 utk kreatiff hehhehe

Popular posts from this blog

"Petra d/h Hosana" Tempat Berburu Manik-manik Murah di Bandung

Buat kamu yang di Bandung, yang bingung mencari di mana tempat mencari manik-manik: Jepang, kayu, kristal, dan perlengkapan jahit menjahit, ada tempat bernama Petra dulu bernama Hosana di Jalan Asia Afrika, hanya beberapa toko saja dari perempatan Jalan Asia Afrika dan Otista. Di Bandingkan dengan "Dunia Baru" di Otista (tunggu pembahasan berikutnya), Hosana lebih murah. Selain itu, cukup enak milih manik-manik dari berbagai jenis, karena pengaturannya yang di bikin seperti swalayan. Selain itu, perlengkapan untuk kerajinan asesoris juga lumayan lengkap dan murah. Termasuk juga aneka tali untuk bikin kalung. Untuk peralatan jahit seperti pita-pita, renda, kancing, aplikasi, ga terlalu lengkap sih, ga selengkap Dunia Baru. Sangat direkomendasikan untuk mencari perlengkapan kerajinan asesoris. Alamat Jalan Asia Afrika (Dekat perempatan Otista) Bandung.

Hari #16: Cara Membuat Kantong 'Gehu' Kertas Dari Kertas Bekas

Tadi itu temenku telpon, "len, request dong.. bikinin tutorial cara bikin kantong gehunya tobucil.. temen nih pengen bikin, tapi lupa lagi caranya.." sebenarnya aku udah pernah bikin tutorial ini dalam bentuk ilustrasi yang dibikin sahabatku tanto , tapi ga ada salahnya aku bikin lagi khusus buat ramadhan tutorial project kali ini. Kantong gehu, begitulah aku dan teman-teman di tobucil menyebutnya. Karena kantong kertas macam ini biasanya dipakai buat bungkus gorengan (gehu,cireng, bala-bala, pisang, combro.. :D), tapi sejak awal tobucil berdiri, 2001, kantong kertas dari kertas bekas ini sudah dipakai untuk pengganti kantong kresek. Jadi teman-teman yang udah pernah berkunjung dan berbelanja di tobucil, pasti pernah bertemu dengan si kantong gehu ini. Caranya gampang banget.. Oya tutorial kali ini aku dibantu oleh Ipey dan Agus Rakasiwi sebagai model tanpa wajah.. Bahan yang dibutuhkan: kertas bekas ukuran bebas, lem kayu (lem putih). 1. Lipat kertas 1/4 dari ukuran k

Hari #6: Cara Membuat Kotak Serba Guna Dari Kardus Bekas

Hari #6, mari kita membuat kotak serba guna. Biasanya menjelang hari raya begini, udah pada mulai sibuk beres-beres rumah. Kotak serbaguna seperti ini biasanya diperlukan untuk menyimpan barang-barang yang terpakai maupun yang tidak. Caranya sangat mudah, karena tidak perlu membuat kotak  dari kardus baru, cukup dengan memanfaatkan kardus bekas dan sedikit sentuhan saja. Bahan yang diperlukan: Dus bekas kertas (yang ada tutupnya), plastik bercorak buat taplak meja (mengapa menggunakan plastik taplak, bukan kain atau kertas? tujuannya biar umur dus jadi lebih lama, karena tidak mudah rusak karena basah), tali tas, lem aibon, doule tape, kancing ukuran disesuaikan dengan lebar tali tas 4 buah), jarum dan benang, karton untuk lapisan dalam), jarum pentul.  1. Potong plastik taplak dengan ukuran setinggi dus (lebihi beberapa cm dibagian atas dan bawahnya) dengan panjang sesuai dengan ukuran keliling dus. 2. Lumuri sisi dus dengan lem aibon, kemudian tempelkan plastik taplak membun