Skip to main content

Menjahit 'Dompet Resleting Bolak Balik'


Kangen menjahit, hari minggu kemarin aku membuat 'Dompet Resleting Bolak Balik ini. Bedanya dengan Dompet Resleting biasa, kain lapisan dalamnya dipasang sekalian. Bolak-balik menggunakan bahan yang beda. Gimana caranya bikinnya? Aku coba bikin tutorialnya.

Pertama-tama, siapkan masing-masing sepasang kain bagian luar dan dalam (bisa beda warna dan corak) resleting dan juga kain untuk membuat tali pegangan yang sama dengan kain bagian dalam. Ukuran disesuaikan dengan panjang resleting.


Jahit kain untuk pegangannya, lalu balikkan seperti pada foto.


Susun kain untuk dompet bagian luar (di paling atas), resteling di tengah (muka resleting menghadap ke atas), dan paling bawah adalah kain bagian dalam dompet.

Jahit ketiganya. Ujung-ujung resleting, di tarik ke dalam. Jika dibalik nanti hasilnya jahitannya seperti pada foto.

Jahit bagian satunya lagi dengan mengulang tahapan sebelumnya. Setelah seluruh kain bagian dalam dan luar terjahit dengan resletingnya, hasilnya akan seperti pada foto.

Setelah itu, jahit bagian samping dompet untuk menyatukannya. Batas jahitan, sesuai dengan ujung-ujung resleting.

Jangan lupa untuk memasukan pegangan dompet, di salah satu bagian samping dompet dengan memasukan tali tersebut di salah satu bagian samping kain bagian luar dompet. Untuk lebih jelasnya lihat foto.


Setelah selesai menjahit bagian samping dompet, kemudian jahit bagian bawah dompet, dengan menutup bawah kain dompet bagian depan. Jahit dari ujung ke ujung.

Untuk memberi volume pada dompet, temukan antara jahitan samping dengan jahitan bawah, sehingga membentuk segitiga seperti pada foto, kemudian jahit ujungnya.

Setelah dijahit ujung-ujungnya, maka hasilnya akan terlihat seperti ini.


Terakhir, jahit bawah kain dompet bagian dalam. Sisakan lubang di bagian tengahnya untuk membalikkan dompet.


Setelah di balik maka dompet akan seperti ini. Tutup lubang bawah kain bagian dalam. Bisa menggunakan mesin jahit atau jahit tangan.

setelah itu, masukan kain bagian dalam dompet dan selesailah sudah dompet resleting bolak-balik ini.

Semoga deskripsi instruksinya dan foto-foto tahapannya cukup jelas ya..
Selamat membuat :)

Comments

Puwi said…
whoaaaa lucu sekali mbak tarlen... thanks for sharing yaa :)
vitarlenology said…
terima kasih :) selamat mencoba ya..
cecilliahidayat said…
wah! jadi pengen belajar menjahit :D segera setelah deadline kelar mau coba ah :D

eh iya mbak Tarlen dah liat blog ini blm, kamu pasti seneng deh :
http://mairuru.blogspot.com/
risca said…
asyiiikk.. ada tutorialnya. boleh request tutorial gak? mau banget diajarin cara bikin box ala ikea itu loh...

terima kasih ya ^_^
vitarlenology said…
cecil: wahh thanks buat linknya ya.. udah aku cek.. seru tuh blognya..
ikaru: tunggu ya, aku bikin tutorialnya segera..
linasitorus said…
nuhun, mbaaa.... begitu guru menjahitku sudah membolehkan aku mengoprasikan mesin jahit, aku akan coba dompet dikau *_^
I. Widiastuti said…
cangggiiiiiihhh abeesss..!
angki said…
tampak mudah. hehehe.. coba-coba itu mesin jahit di rumah dibuka yaa dan ayoo coba-coba menjahit. *talking to myself*
keren, mbaaakkk!!! kapan2 coba ah.. hehehehe....:)
designer said…
cakeeeeep!
btw kalo pake reversible zipper bisa jadi bolak-balik/ reversible beneran tuh :)
Citra said…
mbak Tarlen..makasih tutorialnya
pasti langsung aku coba begitu nemu kain yg cocok

btw, ada award buat blog ini lho
linknya : http://childhood-obsessions.blogspot.com/2010/07/my-first-blog-award.html
vitarlenology said…
designer: iya bener, kemaren aku ga nyimpen stok resleting bolak-balik jadi pake resleting yang ada..thanks :)
mba dewi: waaaahhhh terima kasih buat awardnya aku tersanjung banget..:) aku pasang badgenya di blogku. thanks ya mba. aku posting juga 7 hal tentang aku heheheh..
Patsky said…
wahhhh idenya simple dan manis jadi pengen coba buat.. mbak belanja kain2nya dimana sih? yang motif2 oriental? Thanks ya Mbak buat sharing2 ilmunya..
Prananingrum said…
good job mbak. thats all i could say. cukup mudah untuk pemula seperti saya.. prana

Popular posts from this blog

"Petra d/h Hosana" Tempat Berburu Manik-manik Murah di Bandung

Buat kamu yang di Bandung, yang bingung mencari di mana tempat mencari manik-manik: Jepang, kayu, kristal, dan perlengkapan jahit menjahit, ada tempat bernama Petra dulu bernama Hosana di Jalan Asia Afrika, hanya beberapa toko saja dari perempatan Jalan Asia Afrika dan Otista. Di Bandingkan dengan "Dunia Baru" di Otista (tunggu pembahasan berikutnya), Hosana lebih murah. Selain itu, cukup enak milih manik-manik dari berbagai jenis, karena pengaturannya yang di bikin seperti swalayan. Selain itu, perlengkapan untuk kerajinan asesoris juga lumayan lengkap dan murah. Termasuk juga aneka tali untuk bikin kalung. Untuk peralatan jahit seperti pita-pita, renda, kancing, aplikasi, ga terlalu lengkap sih, ga selengkap Dunia Baru. Sangat direkomendasikan untuk mencari perlengkapan kerajinan asesoris. Alamat Jalan Asia Afrika (Dekat perempatan Otista) Bandung.

Hari #16: Cara Membuat Kantong 'Gehu' Kertas Dari Kertas Bekas

Tadi itu temenku telpon, "len, request dong.. bikinin tutorial cara bikin kantong gehunya tobucil.. temen nih pengen bikin, tapi lupa lagi caranya.." sebenarnya aku udah pernah bikin tutorial ini dalam bentuk ilustrasi yang dibikin sahabatku tanto , tapi ga ada salahnya aku bikin lagi khusus buat ramadhan tutorial project kali ini. Kantong gehu, begitulah aku dan teman-teman di tobucil menyebutnya. Karena kantong kertas macam ini biasanya dipakai buat bungkus gorengan (gehu,cireng, bala-bala, pisang, combro.. :D), tapi sejak awal tobucil berdiri, 2001, kantong kertas dari kertas bekas ini sudah dipakai untuk pengganti kantong kresek. Jadi teman-teman yang udah pernah berkunjung dan berbelanja di tobucil, pasti pernah bertemu dengan si kantong gehu ini. Caranya gampang banget.. Oya tutorial kali ini aku dibantu oleh Ipey dan Agus Rakasiwi sebagai model tanpa wajah.. Bahan yang dibutuhkan: kertas bekas ukuran bebas, lem kayu (lem putih). 1. Lipat kertas 1/4 dari ukuran k

Hari #6: Cara Membuat Kotak Serba Guna Dari Kardus Bekas

Hari #6, mari kita membuat kotak serba guna. Biasanya menjelang hari raya begini, udah pada mulai sibuk beres-beres rumah. Kotak serbaguna seperti ini biasanya diperlukan untuk menyimpan barang-barang yang terpakai maupun yang tidak. Caranya sangat mudah, karena tidak perlu membuat kotak  dari kardus baru, cukup dengan memanfaatkan kardus bekas dan sedikit sentuhan saja. Bahan yang diperlukan: Dus bekas kertas (yang ada tutupnya), plastik bercorak buat taplak meja (mengapa menggunakan plastik taplak, bukan kain atau kertas? tujuannya biar umur dus jadi lebih lama, karena tidak mudah rusak karena basah), tali tas, lem aibon, doule tape, kancing ukuran disesuaikan dengan lebar tali tas 4 buah), jarum dan benang, karton untuk lapisan dalam), jarum pentul.  1. Potong plastik taplak dengan ukuran setinggi dus (lebihi beberapa cm dibagian atas dan bawahnya) dengan panjang sesuai dengan ukuran keliling dus. 2. Lumuri sisi dus dengan lem aibon, kemudian tempelkan plastik taplak membun