Wednesday, June 30, 2010

Oleh-Oleh Dari Workshop Boneka Monster

Halo semuanya, pakabar? udah lama nih ga update blog. Aku akan mulai lagi dengan membagikan oleh-oleh dari workshop boneka monster di acara Kelir Festival yang lalu.


 Foto-foto Workshop Boneka  Monster di Park Slope, Brooklyn, ada di sini


Membuat boneka monster buatku adalah kegiatan yang menyenangkan. Pertama kali aku dikenalkan pada pembuatan boneka monster ini, tahun 2008 dalam program residency internationalku di NYC. Kathy Malone dari Brooklyn Indie Market mengundangku untuk terlibat dalam workshop ini yang merupakan bagian dari acara Eco Festival di Park Slope, Brooklyn, NYC. Waktu itu Kathy sudah menyiapkan template monsternya yang berupa kantung-kantung bakal boneka moster yang terbuat dari kain. Ia juga menyiapkan isiannya (bisa berupa dacron atau guntingan-guntingan kain bekas) dan pernak-pernik berupa kancing, pita-pita untuk menghias monsternya. Jadi anak-anak tinggal mengisi kantung-kantung itu dengan bahan isian dan menghias sesuka hati. Waktu itu aku sebagai sukarelawan membantu anak-anak ini menutup lubang kantung bekas isiannya. Bisa dijahit mesin, bisa juga dijahit tangan.


Workshop Boneka Monster di Crafty Days #2

Workshop Boneka Monster ini bener-bener berkesan buatku. Begitu pulang kembali ke Tobucil, aku langsung mengaplikasikannya sebagai salah satu program workshop di acara Crafty Days #2 Recycled Attack 6-7 Desember 2008). Bikin boneka monster ini buka hanya menarik untuk anak-anak aja, tapi orang dewasa juga ternyata banyak yang seneng. Kurasa boneka seperti halnya mainan, sampai kapanku akan selalu menarik. Dia seperti kebutuhan abadi setiap orang. Makanya kemarin pas ditawarin ngisi workshop di Kelir Festival, Boneka Monster jadi pilihan. Kemarin itu aku dibantu oleh Palupi Kinkin dan Errie The Third. Meski workshop ini diulang berkali-kalipun, tak akan pernah ada monster yang sama. Oya, bahan-bahan yang dipakai untuk membuat monster-monster ini ga harus baru loh, bisa memanfaatkan bahan-bahan bekas (baju-baju bekas misalnya). Mau coba bikin? Seru loh buat ngisi liburan bareng anak-anak di rumah..:)

Foto-foto Workshop Boneka Monster di Kelir Festival ada di sini

3 comments:

aphrodita wibowo said...

waaa.....jadi pengen ikut, aku juga bikin monster doll juga mbak dari kain bekas, please check:
http://theycallmecemprut.blogspot.com/2010/04/cemmon-troops-from-jungle.html

kalo yg ini Cem Cem Doll dari kain bekas juga:
http://theycallmecemprut.blogspot.com/2010/04/cem-cem-family-part-one.html

kemarin sempet ke Bandung, pengen banget mampir tapi waktunya abis,hikhik...

xoxo

martha puri natasande said...

mbak tarlen, ayo penuhi tobucil dgn monster :)
btw aku bingung pilihan benangnya krn aku ga tau namanya huhuhu..
hrs dtg lg nih ke tobucil hehehe..

cecilliahidayat said...

duuuuh nyesel banget gak ikutan :( *kayak umurnya mengijinkan aja yah hahahah*

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...