Tuesday, February 16, 2010

Notebook Baru di Tahun Baru Imlek


Aku bikin notebook baru untuk proyek imlek yang sudah aku sebutkan sebelumnya. Di sini aku coba pake running stitch untuk bindingnya (seperti tusuk jelujur tapi bolak-balik). Ternyata bisa mengikat tiap 'signature'nya lebih kuat dan kokoh. Dan aku suka efek garis-garis di punggung notebooknya, seperti buku-buku kuno.

 

 

 

Kain covernya aku lapis dengan kain keras, cukup selapis aja biar ga terlalu kaku, trus di dalemnya dilapis kain polos yang warnanya disesuaikan dengan warna kertas dalamnya (di note book ini kertas dalamnya warna abu-abu dan ada bercak-bercak putih. Aku ga tau kertas ini nama jenisnya apa tapi katanya kertas impor. Trus kertas untuk cover dalamnya aku pake kertas jeruk warna kuning (jadi teksturnya kusut gitu). 


 

  

  

Aku sengaja ga menjahit pinggiran cover, biar lebih simple dan kain covernya lebih terekspos. Kancing untuk kunci notebooknya juga aku pilih knot button, biar kesan orientalnya jadi lebih kuat. Menurutku karakter kain covernya udah kuat banget untuk merepresentasikan 'keorientalannya'. Oya notebook ini berukuran: 14X19.5 cm.

  

  

 


15 comments:

Phiphi said...

Cantik!..Aku juga suka yang cover batik:). Itu di binding sendiri ya?

vitarlenology said...

iya aku lagi kecanduan sama book binding :D lagi seneng nyobain macem2 teknik binding..

MiaMia said...

Hai Mbak, salam kenal. Aku lagi browsing2 cara coptic binding dan 'kebawa' kemari. Ya ampuun, bagus2 banget karyanya, mbak.. Huweee (nangis, pengen bisa). Mang di sini ada tempat belajar bookbinding ya, Mbak? Aku selama ini belajar sendiri, tapi berantakan banget hasilnya. Kalo ada tempat belajarnya aku pengen ikuuut..

vitarlenology said...

halo mia salam kenal juga...wahh emang kamu tinggal di mana? kalo di bandung nanti aku kasih tau caranya,. dan trik-triknya.. ayo ayo.. aku jadi semangat nih banyak temen yang seneng bookbinding juga ternyata..

ideku handmade said...

mbak.... aku juga mau diajarin....
notebookku masih harus banyak perbaikkan... kl aku ke bdg, ajarin yaaa :)

liat deh notebookku http://idekuhandmade.blogspot.com/2010/01/notebook.html

butuh bantuan nih :P

vitarlenology said...

pokoknya siapapun yang mau belajar bikin buku, dateng aja ke bandung ya, ke tobucil pasti nanti aku ajarin jangan kuatir.. :)

MiaMia said...

Aku di jakarta, mbak... Tapi aku mau kok nyamperin ke bandung.. hehe. Wah, aku terkagum-kagum ngeliat banyak crafter2 di sini. Karyanya bagus2 banget lagi. Jantungku sampe mau copot nih.. hehe. Selama ini aku sorangan wae, peralatan pun gak punya, jadi kalo bolongin kertas pake obeng yang ujungnya lancip.. hehe. Nanti kalo aku ke bandung aku hubungin mbak tarlen dulu, ya. Biar bisa berguru.. :D Thanks a lot, mbak.

dindie said...

aku suka yang ini :) suka sekali...tapi mungkin akan lebih bagus pakai leather atau kain bekas jok kursi...hmmm...warna hijau tua...hmmm

vitarlenology said...

mia: aku tunggu ya.. bisa email aku di vitarlenology@yahoo.com kalo mau ke bandung..
dindie: ada sedus aqua potongan2 kulit bahan sepatu ada yang dari kulit sapi dan kambing belum aku apa-apain.. masih nyari kertas buat dalemnya biar pas, sayang juga kalo kertasnya biasa-biasa aja...

astrid reza said...

tarlennnnnnnnnnnnn aku mau pesen warna merahhhhhhhhhhh, huhuhuhuh. lagi mulai nulis diary manual lagi nih *alasan untuk koleksi notebook*. kapan kau di yogya, aku juga mau belajar:)

vitarlenology said...

trid, ntar aku nyari kancingnya dulu ya.. kemaren tuh ga nemu yang warna merah makanya ga bikin yang merah..

astrid reza said...

okay, aku akan dengan setia menunggu. heheheheh

tita said...

aku kan sedang mesen yg warna merah darah itu.. tapi mau lagi, yg kuning dan ..(warna lain, belum tau apa). masih bisa kah? :D *mulai nyandu*

siouxfairy said...

keren, cantik dan rapi bgt...sangat oriental dan kesan tua-nya melekat bgt..coba pake kain ulos atau kain2 tradisional lain..pasti menarik :D
aku tunggu karya mbak tarlen selanjutnya :D

vitarlenology said...

siouxfairy: thanks ya.. :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...