Monday, February 8, 2010

Dompet Jarum Crochet


Beres-beres, nemu sepotong rajutan dari benang korduroy biru yang kubikin beberapa tahun lalu. Waktu itu aku lagi latihan bikin motif kotak-kotak dari tusuk bawah dan atas. Berhubung belum mahir makanya rajutannya sangat tidak rapi.. :D Tapi kalo mau dibuang juga sayang, akhirnya kepikiran bikin tempat jarum crochet aja. Model dompet dengan resleting, biar compact dan gampang kalo mau dibawa-bawa.
Kain pelapisnya aku pake warna merah polka dot dan kotak-kotak, biar kontras dan ga ngebosenin. 

 

Untuk memberi kesan rapi pada rajutannya, aku pasang list merah di sisi-sisinya dengan menggunakan jarum corchet. Sekalian juga memberi frame untuk rajutan ini.

  

Trus pasang resleting di sekeliling rajutan. Mulainya dari tengah dan nanti ketemu lagi di tengah-tengah. Sisa resleting yang ga terjahit  di simpen di tengah-tengah aja biar rapi. Pemasangan resleting ini dilakukan dengan jahitan tangan. 

  

Siapin kain pelapis dalamnya. Panjang dan besarnya menyesuaikan ukuran rajutan luar. 'Laci-laci' untuk menyimpan jarum, ukuran disesuaikan dengan jarum-jarum yang aku punya. 

  

Setelah kain pelapisnya siap, tempelkan di bagian rajutan. Pakai jarum pentul dulu untuk mengepaskannya. Setelah itu baru di jahit pakai tangan. Menjahit dengan menggunakan mesin, tidak dianjurkan, karena bisa merusak bagian rajutannya dan juga mesin jahitnya sendiri.

  

Selesai deh, tempat  jarum crochet ini kalau resletingnya di buka full, dia akan seperti ini bentuknya, tapi kalau di tutup, ukurannya akan jadi setengahnya. Gimana dengan jarum-jarum crochetmu, apa sudah tersimpan rapi di dompetnya.. ?


2 comments:

ideku handmade said...

thanks for sharing :)
idenya keren2 :)

sibebo said...

aduh mauu iniii..sebel banget kalo tiba-tiba ketinggalan gunting atau, jarum ati jarum pentul :-( tak berdaya rasanya..bisa pesen ga mmbak?(^_^)

nella

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...