Thursday, October 15, 2009

Masak Memasak Bersama Akum dan Gendis

Program liburan singkat bersama Akum dan Gendis. Pertama adalah membuat Bola-bola coklat. Menu ini sengaja aku pilih biar Gendis yang baru kelas 2 SD bisa dengan mudah membuatnya. Kedua adalah spaghetti corned. Dengan memanfaatkan bahan-bahan yang ada, aku dan akum berimprovisasi untuk membuat spaghetti yang kami santap untuk makan malam.

Bola-Bola Coklat

Bahan yang dibutuhkan:
1 pak Biskuit marie atau bisa biskuit apapun. Lebih enak yang mengandung susu.
1 bks (220 gr) susu kental manis rasa coklat
1 bks meses coklat warna warni

Caranya:
Hancurkan biskuit bisa dengan memarutnya atau menumbuknya. Tidak perlu terlalu halus.
Taruh di mangkuk. Kemudian siram dengan susu kental manis sampai bercampur dan biskuit bisa di bentuk bulat-bulat seperti bakso. Setelah itu, lumuri bola-bola biskuit ini dengan susu kental manis dan guling-gulingkan di atas meses coklat warna warni. Setelah itu simpan terlebih dahulu di lemari es kurang lebih 15 menit. Setelah itu bola-bola coklat siap di hidangkan. Mudahkan.

Spaghetti Corned

Bahan yang dibutuhkan:
1 pak spaghetti
1 kaleng corned beef
Pasta tomat atau saus spaghetti
bawang putih, bawang bombay (atau bisa salah satu)
garam
merica
minyak goreng / olive oil jika ada

Cara membuatnya:
Panaskan air sampai mendidih dalam panci sedang, kemudian masukan 2 sendok minyak ke dalam air mendidih. Kemudian masukan spaghetti ke dalamnya. Rebus hingga empuk, setelah itu angkat dan tiriskan.

Sausnya: Siapkan wajan, tumis bawang bombay dan bawang putih. Masukan saus spaghetti/ pasta tomat kira-kira 3 sendok makan. Setelah itu masukkan corned dan aduk-aduk bersama saus. Tambahkan merica dan garam secukupnya, aduk sampai matang.

Cara menyajikannya: bisa disajikan secara terpisah. Spaghetti lalu disiram dengan saus cornednya. Atau bisa juga di aduk jadi satu antara spaghetti dan saus cornednya.

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...