Sunday, May 17, 2009

On The Way to Heaven

Lucu juga akhirnya aku berkarya untuk pameran seni rupa untuk mengenang Andry Mochamad "Deer Andry", 22 Mei 2009 di Ruang Rupa, Jakarta. Andry lahir di Bandung 1977 dan meninggal tahun 2008 lalu karena sakit. Selama hidupnya Andry dikenal sebagai lewat karya-karya video, instalasi dan grafisnya, dan pernah dipamerkan di dalam maupun luar negeri. Pernah aktif bersama teman-temannya mengelola ruang alternatif bernama IF Venue. Andry yang alumni Seni Rupa UPI Bandung ini, sempat bekerja sebagai desainer grafis untuk majalah RIPPLE, sebuah label clothing dan pusat kebudayaan Perancis Bandung.

Pameran ini merupakan inisiatif Herra Pahlasari dari S-14 dan teman-teman Andry lainnya untuk mengenang wafatnya Andry. Mengingat Andry sangat menyukai figur rusa, maka semua seniman yang berpartisipasi dalam pameran ini membuat karya dengan merespon figur rusa. 164 seniman berpartisipasi dalam pameran Deer Andry yang juga di selenggarakan di Bandung dan Yogjakarta.

Karya ini aku kasih judul 'On The Way to Heaven' . Awalnya karya yang mau aku bikin ga begini konsepnya. Pake foto di print di kanvas. Tapi tiba-tiba waktu mengcrochet bunga-bunga seperti ini dari benang CB, tiba-tiba aku inget sama kain bermotif awan ini. Selain itu juga karena bu hera sudah menagih-nagih juga karyanya. Maka jadilah karya ini. Dikerjakan dalam waktu yang cukup cepat. Ukurannya 21x21 cm. Oya, aku sengaja bikin tali dan benang beruntai gitu.. biar ada kesan itu bunga pada terbang ke langit.. dan rusanya sengaja aku pilih yang lagi nengo ke belakang.. seolah-olah Andry sedang melihat kembali apa yang sedang dilakukan teman-temannya dalam perjalanannya menuju surga. Finishing karya ini adalah frame yang ukurannya pas banget dan tinggal satu yang aku dapetin di Jonas Photo. Rasanya cukup lega.. kesampean juga nih pameran, walaupun ini pameran rame-rame.. tapi cukup memberi semangat berkarya. Setelah ini aku siap-siap lagi bikin karya untuk "Junk Collector" di pameran ini aku mau bikin chandelier dari botol aqua bekas..

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...