Monday, May 25, 2009

Deep "Special Ten Issue" Made My Day :)

















Di tengah-tengah detik-detik terakhir penyelesaian draft final laporan, pak pos membawa kiriman yang tak kuduga-duga, sebuah amplop dari Seattle. Pengirimnya Ten Club, organisasi fans clubnya Pearl Jam. Isinya sebuah majalah Deep yang sengaja dibikin untuk fansnya Pearl Jam di seluruh dunia. Duhh.. memandangi kembali grafis-grafisnya Pearl Jam di awal tahun 1990, mengingatkanku pada masa SMA, dimana aku jatuh cinta pada Pearl Jam pertama kalinya.

Pearl Jam bukan hanya menginspirasiku dengan musik dan lirik lagunya, tapi juga banyak mempengaruhiku dalam proses berkarya. Totalitas dan otentisitas mereka dalam berkarya, keberanian untuk menjadi diri sendiri, bener-bener mempengaruhiku sampai sekarang.

Itu sebabnya, saat berkesempatan menginjakan kaki di Seattle, aku merasakannya sebagai perjalanan spiritual. Bukan karena aku memuja mereka secara personal seperti dewa, tapi semangat, konsistensi dan intensitas mereka dalam berkarya bener-bener memberikan inspirasi sampai saat ini.

Menghirup udara Seattle secara langsung, bagiku seperti merasakan energi kreativitas itu secara langsung. Merasakan seperti apa rasanya tempat yang melahirkan orang-orang yang memberiku inspirasi mendalam itu.


Pearl Jamlah yang membawaku pada pemahaman semangat Do It Yourself /semangat kemandirian dalam berkarya. Semangat bahwa sebuah karya seni bisa begitu "teraih", sesuatu yang aku juga bisa melakukannya. Sesuatu yang menyemangatiku dan mendorongku untuk juga mencipta. Ku kira mereka bukan sekedar musisi, tapi mereka juga seniman yang melahirkan karya dari kedalaman dan perenungan.

Aku ga memaksakan diri untuk terus menerus menggemari mereka, karena caraku menggemari mereka pun berubah seiring dengan perkembangan kedewasaanku. Aku merasa tumbuh bersama mereka. Entahlah, mungkin ini hubungan paling platonis yang pernah aku jalani.

Terima kasih Ten Club, aku ga nyangka masih dapet kiriman dari mereka. Mengingat masa berlaku keanggotaan fan clubku udah abis loh bulan november kemaren. Terima kasih Tuhan yang telah mengirimkan para personil Pearl Jam untuk menjadi inspirasi banyak orang.. :)

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...