Sunday, April 26, 2009

On Going Project: Merajut Kantong Kresek

Akhirnya aku merajut kantong kresek bekas juga (hehehe.. sambil menyelesaikan laporan riset tentunya).Terus terang aja aku tuh paling benci liat kantong kresek jadi sampah. Apalagi liat kresek-kresek itu hanyut di saluran air dan malah menyumbat.Belum lagi kebiasaan mengantongi segala macam dengan kantong kresek, meskipun yang dibeli bukan sesuatu yang sebenarnya perlu di wadahi dengan kresek. Tapi ya begitulah, kantong kresek dianggap sebagai pilihan kemasan yang murah meriah.

Sejak pertama menemukan situs plasticbag.com, aku tuh pengen banget mendaur ulang kresek-kresek bekas itu jadi sesuatu yang berguna, sayangnya waktu itu aku belum bisa crochet, karena waktu itu aku cobain pake knitting hasilnya kurang sreg karena agak sulit di bentuk. Pengerjaannya lumayan memakan waktu, kita mesti menyiapkan kreseknya dulu, memotong-motongnya untuk di jadikan tali, baru di rajut.

Oya, kresek yang aku pakai di sini adalah kresek tipis terutama kresek hitam yang merupakan hasil daur ulang terakhir. Kresek hitam ini kalau udah ga dipake lagi, bener-bener jadi sampah dan ga bisa di apa-apain lagi. Jadi dengan merajutnya, kresek ini jadi punya umur panjang dan bisa mengurangi jumlahnya yang menjadi sampah. Untuk kantong kresek putih, aku pake yang tipis juga, seperti kresek berkas Circle K, gramedia, lumayan mudah untuk di rajut. Kresek yang lebih tebal dan kaku, akan aku olah dengan teknik yang berbeda bukan di rajut tapi dengan menggunakan setrika dan mesin jahit caranya ada disini.

Rencananya rajutan yang sedang aku kerjakan ini akan jadi tas tangan. Setelah ini selesai baru aku akan bikin produk yang kecil-kecil. Senangnya bisa merajut sekaligus mendaur ulang kantong kresek ..

Kreasi lain dari kantong kresek bisa dilihat disini.

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...